Cara Mengetik Menggunakan Suara Dengan Sangat Mudah

Cara Mengetik Menggunakan Suara Dengan Sangat Mudah

Dulu kalau ingin menulis tugas atau membuat cerita pendek harus menulis dengan tangan dan ini jelas membuat capek. Tetapi sekarang karena teknologi sudah maju menulis cerita ataupun tugas sudah bisa menggunakan perangkat canggih seperti komputer. Mengetik dengan komputer memang lebih mudah tetapi kalau yang diketik ada banyak, tangan tetap akan capek.

Kalau tidak ingin capek lagi saat mengetik maka pelajari saja cara mengetik dengan suara, saat ini teknik mengetik memanfaatkan suara memang sudah ada dan banyak yang menggunakan teknik ini. Agar bisa menggunakan teknik tersebut maka bacalah dulu ulasan singkat berikut ini.

Tutorial Mengetik Pakai Suara

Masyarakat yang profesi pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen ataupun dengan artikel pasti akan sering sekali mengetik dan saat mengerjakan pekerjaan tersebut kadang merasa capek karena banyak yang harus diketik. Sekarang tidak lagi bisa merasakan capek karena mengetik bisa pakai suara.

Kalau dulu jelas tidak bisa melakukan hal tersebut karena teknologi belum secanggih sekarang, jadi masyarakat yang hidup di zaman ini harus bersyukur karena teknologi sudah sangat canggih. Mengetik memakai suara bisa menggunakan tiga perangkat canggih yaitu laptop, komputer dan juga android. Agar tidak susah lagi mengetik maka pelajari tata caranya berikut ini.

Mengetik Menggunakan Laptop dan Komputer

Hampir semua masyarakat sekarang sudah memiliki laptop ataupun komputer, dan kedua perangkat ini bisa dimanfaatkan untuk mengetik sebuah dokumen. Kalau dulu mengetik di komputer masih menggunakan tangan tetapi sekarang sudah pakai suara, dan untuk bisa melakukan itu maka bacalah tata caranya berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan komputer atau laptop.
  • Setelah itu bukalah Google Chrome dan kunjungi situs https://docs.google.com/.
  • Jika sudah berhasil masuk ke situs tersebut langsung saja login menggunakan akun Google yang dimiliki pengguna komputer.
  • Setelah sukses login, langkah berikutnya adalah membuat dokumen baru atau bisa juga membuka dokumen yang sudah dibuat di komputer.
  • Kemudian jika dokumen berhasil dimunculkan lalu pilih menu tools.
  • Setelah menu tersebut dipilih langsung saja pilih VoiceTyping atau bisa juga dengan memencet tombol shortcutctrl + shift + S.
  • Jika sudah klik tombol bahasa yang letaknya ada di atas icon mikrofon dan langsung pilih bahasa yang pengguna inginkan.
  • Setelah itu klik juga area dokumen dan icon mikrofon juga harus diklik.
  • Nantinya akan muncul pop up perizinan use your microphone dan klik allow.
  • Pengguna tinggal mulai mengetik saja setelah microphone berubah warna menjadi merah.

Saat mempraktekkan cara mengetik dengan suara ini harus bisa melafalkan kata-kata dengan sangat jelas agar nantinya tidak ada kesalahan yang terjadi saat pengetikan di dokumen. Untuk yang bisa diketik dengan suara ini bukan hanya huruf-huruf saja tetapi juga bisa mengetik simbol seperti titik dan juga koma.

Untuk mengetik simbol tersebut tinggal sebutkan nama simbol saja pasti simbol tersebut akan langsung ada di dokumen. Tetapi kalau ingin memberikan perintah seperti enter atau spasi harus dilakukan secara manual. Kemudian jika sudah selesai mengetik klik lagi icon mikrofon agar fitur ini menjadi non aktif.

Mengetik Menggunakan Android

Selain menggunakan komputer ternyata mengetik melalui suara juga bisa dilakukan di android dan untuk caranya sangatlah berbeda dengan cara mengetik di komputer. Meskipun berbeda caranya tetapi tidak terlalu sulit dan agar bisa menggunakan android untuk mengetik pelajari caranya di bawah ini.

  • Agar bisa mengetik memanfaatkan suara di Android maka pengguna harus memakai Google Keyboard terlebih dahulu.
  • Setelah menggunakan keyboard tersebut langsung saja Buka aplikasi Google Docs atau bisa juga aplikasi lainnya yang biasa digunakan untuk mengetik dokumen.
  • Setelah aplikasi terbuka jangan lupa untuk membuat akun di aplikasi tersebut kalau memang belum mempunyai akun.
  • Kalau ternyata sudah memiliki akun tinggal login di aplikasi yang akan digunakan agar nantinya bisa masuk ke halaman utama aplikasi.
  • Setelah masuk aplikasi, pengguna android tinggal membuat dokumen baru atau bisa juga membuka dokumen yang tersimpan di android.
  • Jika sudah muncul halaman dokumen baru langsung tap area untuk menginput teks.
  • Setelah itu buka icon keyboard dan pilih pengetikan melalui Google Voice.
  • Agar nantinya suara bisa berubah jadi teks maka tekan icon mikrofon agar berubah warna menjadi biru.
  • Jika sudah berubah warna berarti aplikasi tersebut sudah siap digunakan untuk mengetik.

Cara mengetik dengan suara di android memang mudah tetapi ada beberapa kendala yang akan dirasakan saat mengetik di Android. Kendala yang umumnya dirasakan adalah kata yang diucapkan tidak sama seperti kata yang ada di dokumen. Biasanya hal tersebut dikarenakan pelafalan kata yang salah atau karena koneksi internet yang tidak stabil.

Aplikasi Yang Dapat Merubah Suara Jadi Teks

Sekarang teknologi memang sangat berkembang dan perkembangan teknologi tersebut memunculkan aplikasi-aplikasi canggih yang dapat membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Contohnya saja aktivitas seperti mengetik, sekarang mengetik sudah lebih mudah karena ada aplikasi yang mampu merubah suara menjadi sebuah teks.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut maka masyarakat tidak perlu lagi repot-repot mengetik menggunakan tangan tetapi cukup berbicara saja maka apa yang dibicarakan akan langsung berubah bentuknya menjadi teks. Jadi untuk masyarakat yang tidak ingin direpotkan dengan kegiatan mengetik harus menggunakan aplikasi-aplikasi berikut ini dan juga wajib mempelajari cara mengetik dengan suara.

VoiceSearch

Aplikasi yang pertama bernama VoiceSearch, dengan menggunakan aplikasi voicesearch maka pengguna smartphone tidak perlu lagi susah-susah mengetik kalau ingin menggunakan Google untuk mencari sesuatu. Pengguna smartphone tinggal ucapkan saja apa yang sedang dicari, aplikasi ini akan merubah suara pengguna jadi sebuah teks.

Aplikasi ini tidak perlu diunduh karena merupakan aplikasi bawaan Android yang sudah tersedia di layanan Google. Bahasa yang bisa di gunakan aplikasi ini bukan hanya bahasa Indonesia saja tetapi semua bahasa yang ada di dunia juga bisa digunakan. Dengan adanya aplikasi ini jelas mempermudah pengguna saat melakukan pencarian online

Live Transcribe

Aplikasi yang kedua ini bisa disebut sebagai aplikasi pengubah suara terbaik yang pernah ada. Sebab aplikasi ini sudah menggunakan kecerdasan buatan yang bisa secara otomatis mengubah suara jadi tulisan secara langsung. Ada beberapa bahasa yang dapat dipakai dan juga transkrip tulisan dari aplikasi ini sangatlah rapi meskipun sering juga terjadi typo.

Speechnotes

Aplikasi yang terakhir ini fungsinya sama seperti aplikasi bentuknya hanya saja aplikasi ini lebih canggih. Aplikasi lainnya hanya bisa berupa suara saja jadi teks, tetapi aplikasi ini tidak hanya bisa melakukan itu saja karena pengguna juga bisa mengedit tulisan saat sedang mengucapkan kata yang akan dirubah jadi teks. Karena kecanggihan aplikasi ini membuat masyarakat ingin mempelajari aplikasi ini dan juga ingin tahu cara mengetik dengan suara.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Mengetik Menggunakan Suara Dengan Sangat Mudah