Cara Mengembalikan File Terhapus Di Android

Saat ini smartphone seolah sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat modern. Semua hal dapat kita simpan dengan mudah pada smartphone Android kita, termasuk foto, video, lagu, dan berbagai data berbentuk dokumen lainnya. Nah, kehilangan salah satu data tersebut tentu sangat mengecewakan apalagi bila termasuk data penting. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena ada cara mengembalikan file terhapus di android agar seperti sedia kala.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android

Aplikasi untuk mengembalikan data yang hilang di smartphone Android

Tanpa root, Anda bisa mengembalikan file yang hilang permanen pada Android. Berikut ini adalah aplikasi yang disarankan.

1. Recuva File Recovery

Cara mengembalikan file terhapus di android yang pertama adalah dengan menggunakan Recuva File Recovery. Anda harus menyambungkan perangkat smartphone dengan laptop atau PC menggunakan USB. Kemudian Anda tinggal pilih jenis data yang ingin dikembalikan pada ponsel. Bila tidak ingat namanya, pilih saja bagian “All Files” agar semua jenis file bisa dikembalikan.

Langkah selanjutnya adalah memilih lokasi terakhir data tersebut sebelum terhapus atau hilang dan klik OK untuk melanjutkan proses pencarian. Tunggu hingga proses scanning untuk mencari file yang diingkan selesai dan data tersebut akan kembali ke tempatnya semula.

2. Wondershare Mobile Trans

Setelah melakukan instalasi aplikasi tersebut, sama seperti pada cara nomor satu Anda harus menyambungkan perangkat Android pada PC atau laptop dengan USB kabel. Pada smartphone Anda aktifkan mode USB debugging. Setelah smartphone terhubung dengan aplikasi, langkah selanjutnya adalah memilih tipe data yang ingin dikembalikan.

Aplikasi kemudian akan melakukan scanning secara otomatis untuk memperlihatkan kembali data-data yang sudah hilang. Pilih file yang ingin Anda kembalikan dengan klik “Recovery”.

3. MobiKin Doctor

Untuk menggunakannya Anda harus menginstal aplikasi ini pada PC. Setelah mengkoneksikan perangkat dengan smartphone Android, aktifkan mode “USB debugging”. Sama seperti prosedur sebelumnya, pilihlah file yang ingin Anda munculkan kembali, misalnya Photos. Dengan begitu foto-foto yang pernah dihapus atau tak sengaja terhapus akan kembali ke tempatnya semula. Klik “Recover” untuk menyelesaikan proses.

4. Recycle Bin – Dumpster

Aplikasi ini dapat diunduh gratis pada Goople Play Store. Fungsinya adalah semacam recycle bin pada PC dengan versi smartphone Android. Artinya setiap saat Anda menghapus data yang penting secara tak sengaja, Anda dapat langsung mengembalikannya karena masih tersimpan pada Recycle bin.

5. Es File Explorer

Manfaat utama aplikasi ini adalah untuk mengorganisir file, tetapi juga mempunyai fungsi seperti recycle bin. Artinya file jenis apa pun akan dapat dimunculkan dengan mudah dengan aplikasi ini.

6. DigDeep Image Recovery

Aplikasi yang satu ini khusus untuk memulihkan foto yang terhapus. Menggunakannya pun sangat mudah, yaitu cukup dengan memindai folder setelah sebelumnya melakukan instalasi. Berikutnya system akan memperlihatkan foto-foto yang hilang untuk dimunculkan kembali.

7. Undeleter Recover Files & Data

Tak terlalu berbeda dari aplikasi pemulih file yang lain, aplikasi ini mengembalikan data yang terhapus dengan melakukan scanning. Pencarian data yang hilang akan dilakukan baik pada memori bawaan smartphone serta SD card atau perangkat penambah ruang lainnya. Tak hanya foto, aplikasi ini dapat memunculkan berbagai jenis data yang hilang.

8. 4EXT Recovery

Inilah aplikasi pemulih data yang sangat disarankan. Sayangnya untuk menggunakannya Anda harus membayar. Tetapi kualitas aplikasi ini dalam merestorasi file yang hilang sangat baik.

Mencegah kehilangan data smartphone dengan backup data

Slogan mencegah lebih baik daripada mengobati tidak hanya berlaku pada bidang kesehatan saja, tetapi juga computer dan teknologi. Karena itu daripada harus menggunakan beragam aplikasi untuk mengembalikan lagi data yang hilang, cegah hal ini dengan melakukan backup data secara berkala. Selain itu Anda juga tidak akan direpotkan dengan mempelajari cara mengembalikan file terhapus di android.

Backup data artinya adalah mengcopy atau menyalin data dari perangkat smartphone Anda kepada perangkat lain, baik secara online atau pun offline. Tujuannya adalah untuk menduplikat data sehingga lebih aman. Saat salah satu data hilang atau rusak, Anda masih mempunyai cadangannya dan tetap dapat diakses dengan baik.

Dalam melakukan backup data Anda memang dapat memindahkannya ke laptop, PC atau harddisk eksternal. Tetapi resikonya jika seluruh perangkat tersebut rusak, atau lenyap misalnya karena dicuri, seluruh data digital yang tersimpan di dalamnya juga akan turut hilang. Inilah sebabnya Anda direkomendasikan untuk melakukan penyimpanan secara online karena resiko hilang sangat minim, bahkan dapat dikatakan hampir nol.

Cara melakukan backup data

Melakukan backup data secara offline tentunya mudah sekali dan pasti sudah sangat akrab dengan keseharian Anda. Caranya adalah mengcopy file utama, misalnya dari smartphone ke dalam perangkat penyimpanan lain sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya. Kemudian untuk backup data secara online umumnya menggunakan aplikasi penyimpanan data yaitu Dropbox atau Google Drive.

Dengan penyimpanan online Anda tak perlu khawatir lagi data Anda hilang walaupun perangkat yang digunakan rusak. Kapan dan dimana saja, dengan perangkat apa pun Anda akan selalu dapat mengakses data tersebut dengan password serta kode verifikasi tertentu. Selain dengan aplikasi Google Drive atau Dropbox, Anda juga dapat mengandalkan provider cloud computing.

Jika Anda memang memilih provider cloud computing sebagai lokasi penyimpanan data, pastikan provider terkait benar-benar professional dan terpercaya, serta menyediakan layanan customer care salama 24 jam penuh. Dengan begitu Anda akan cepat mendapatkan respon bila tiba-tiba terjadi masalah teknis.

Demi keamanan data, media pilihan Anda sebaiknya mempunyai dua langkah verifikasi, yaitu dengan kata kunci, serta kode khusus yang dikirimkan pada ponsel. Dengan begitu data Anda akan benar-benar terjamin keamanannya.

Kelebihan dan kekurangan penyimpanan data dengan cloud computing

Baik melalui aplikasi online atau pun cloud computing ada kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui. Berikut kelebihannya:

  • Keamanan lebih terjamin karena data Anda tersimpan pada system online backup server.
  • Gampang diakses kapan dan dimana pun menggunakan perangkat dengan sambungan internet.
  • Tidak ada bentuk fisik sehingga lebih menghemat ruangan.
  • Hal ini dapat dikatakan sebagai investasi jangka panjang karena media penyimpanan biasa tentunya bisa rusak dan mempunyai jangka waktu penggunaan tertentu, serta membutuhkan perawatan.
  • Karena telah terintegrasi dengan system yang baik, Anda akan lebih mudah mencari data-data yang dibutuhkan.
Kekurangan metode penyimpanan online:
  • Wajib terkoneksi dengan jaringan internet yang memadai dan stabil.
  • jika server penyimpanan atau aplikasi mengalami error dan layanan customer care kurang sigap dalam memberikan respon Anda tak akan dapat mengakses file yang diperlukan. Bila berkaitan dengan pekerjaan tentu saja hal ini akan sangat mengganggu.
  • Pastikan media penyimpanan terenkripsi atau pilihlah cloud server provider yang terpercaya untuk melindungi data dari serangan hacker atau virus.
  • Aplikasi provider atau situs sekali waktu bisa saja mengalami down, misalnya saat dilakukan perbaikan. Bila ini terjadi saat Anda sedang bekerja tentu akan sangat tidak nyaman.

Itulah cara mengembalikan file terhapus di android. Semoga bermanfaat!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar