Cara Mengedit Website di cPanel: Mengelola File dan Style di Hosting

Cara Mengedit Website di cPanel: Mengelola File dan Style di Hosting

Bagi anda yang terbiasa membangun dan mengelola website, istilah hosting, control panel, dan domain tentunya bukan sesuatu yang asing. Namun, bagi anda yang baru atau berencana terjun di dunia web building, tentunya harus mulai mempelajarinya secara mendalam. Nah, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana mengelola file anda di website melalui cpanel. Sebelum membahas cara mengedit website di cpanel, ada baiknya dibahas sekilas tentang apa itu cpanel dan kegunaannya.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Sebenarnya, ada beberapa pilihan kontrol panel. Selain cpanel yang paling populer di kalangan web builder, ada juga sPanel, Vdeck, Plesk, DirectAdmin, dan sebagainya. cPanel lebih populer karena tampilannya yang lebih sederhana, mudah dikelola, terdapat update secara teratur, dan lebih unggul dalam hal keamanan, karena selalu diupgrade secara terus-menerus. Tidak heran jika sebagian besar perusahaan web hosting memilih cPanel.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan dengan cPanel?

Cpanel adalah control panel atau kontrol panel. Di sini, anda bisa mengelola seluruh unsur yang ada dalam akun hosting. Bayangkan apa yang anda lakukan dengan control panel di laptop atau komputer anda di rumah. Di sini, anda bisa mengelola aplikasi yang akan digunakan, perangkat yang akan disambungkan, dan sebagainya. Demikian juga dengan cpanel di website. Anda bisa mengelola isi website melalui cpanel.

Apa Itu CPanel?

cPanel adalah salah satu alat pengaturan atau control panel untuk web hosting dengan basis linux yang menyuguhkan GUI (graphical user interface) serta tools otomatis, semua fitur yang tersedia pada cPanel akan sangat membantu dan memudahkan dalam proses mengontrol server hosting untuk keperluan website.

Sebenarnya, cPanel tidak hanya berguna untuk mengedit atau mengelola isi website. Anda bisa menggunakannya untuk mengelola semua fasilitas yang disediakan oleh web hosting, seperti:

  • Mengelola (menambah atau mengganti) email account untuk web anda;
  • Melakukan backup file yang ada di website
  • Mengelola file (mengupload atau menghapus) ke website
  • Memasang Content Management System (CMS), seperti, Prestashop, WordPress, dan Joomla
  • Memeriksa pemakaian bandwitdth dan disk space
  • Menginstal aplikasi
  • Mengelola statistik website
  • Mengatur aspek keamanan (security) pada website anda, dan sebagainya.

Nah, sebelum memulai mengedit dan mengelola file di website anda melalui cPanel, pastikan anda sudah log in ke cPanel. Anda bisa meminta username dan password untuk login ke penyedia web hosting. Setelah berhasil log in, tampilan cpanel di web hosting anda terlihat lebih kurang seperti ini:

cara mengedit website di cpanel

Sebenarnya, cPanel dapat digunakan untuk mengelola website anda. Namun, artikel kali ini hanya akan membahas beberapa aspek saja, seperti menggunakan File Manager, mengubah “Style” atau tampilan website anda.

Cara Mengedit Website di cPanel: File Manager

Untuk mengelola file, baik mengupload, mengurangi, atau membackup file, pada website anda, maka anda bisa meng-klik folder “Files” paling atas. Seperti terlihat pada gambar berikut:

Di folder “Files” terdapat beberapa toolbar yang bisa anda kelola di cPanel. Salah satu toolbar yang paling kerap digunakan adalah “File Manager.” Ini adalah fitur utama yang akan anda gunakan untuk mengelola keseluruhan file di website. Dengan File Manager, anda tidak membutuhkan aplikasi lain untuk mengelola file.

Biasanya, setiap kali sebuah website diakses, maka data yang disajikan ke publik disimpan di folder public_html. Jika ingin mengedit file yang disajikan ke publik, maka proses editing dilakukan di folder ini. Caranya, klik “Public_html” maka akan muncul serangkaian sub-folder dan file di layar sebelah kanan.

Dari sini, anda bisa memilih aksi selanjutnya, misalnya pada contoh di bawah ini, anda ingin upload file ke website. Maka, tahapannya adalah:

  • Klik “Public_html”
  • Klick “Upload”

uploud

Tampilan selanjutnya akan terlihat seperti di bawah ini:

  • “Websitecontoh” pada gambar di bawah ini adalah nama website anda. Bagian ini tidak dapat diubah, hanya menunjukkan nama website yang sedang anda kelola.
  • “Overwite existing files” dapat dicentang (√) jika anda meng-upload file yang namanya sudah ada sebelumnya. Dengan instruksi ini, maka file yang sudah ada akan diganti dengan file yang akan anda upload.
  • Selanjutnya, klick “Select File”. Maka, anda akan diarahkan ke file explorer di laptop atau komputer anda. Temukan lokasi file yang akan di upload, dan klik “Select”.
  • “Maximum file size allowed for upload:2 GB” menunjukkan informasi kapasitas maksimum file yang bisa anda upload ke website. Jika melebihi kapasitas yang diperbolehkan, maka file tidak akan bisa diupload.
  • Tunggu hingga proses upload selesai.

cara mengedit website di cpanel

Anda bisa menggunakan cara yang sama untuk mengupload file, baik dalam bentuk Images (.JPEG, .PNG) maupun dokumen seperti .pdf ke website. Anda juga bisa membuat folder khusus untuk menyimpan file-file tersebut. Misalnya, buat folder “Images” khusus untuk menyimpan gambar-gambar. Ini semua bisa anda kelola sendiri di “File Manager”,

Cara Mengedit Website di cPanel: Mengubah Style

Ternyata, cPanel juga bisa digunakan untuk mengubah Style atau tampilan website anda. Di halaman utama cPanel, anda bisa scroll ke bawah, dan temukan dashboard “Preferences” seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Kemudian klik “Change Style”, maka anda akan diarahkan kepada beberapa pilihan “Style” yang sudah tersedia.

Sebagai informasi, di sini anda hanya bisa memilih dari opsi yang sudah ada. Pilihan Style yang tersedia mungkin bervariasi, tergantung aplikasi yang digunakan untuk membangun website anda.

cara mengedit website di cpanel

Beberapa informasi berikut dapat membantu anda dalam mengubah Style sebagai salah satu cara mengedit website di cpanel:

  • “Current” adalah style yang saat ini sedang digunakan website anda. Style yang digunakan saat ini adalah “Basic”
  • Jika ingin mengubah, maka anda bisa memilih style yang lain, seperti “Dark”, “Light” atau ada juga style “Retro” jika anda scroll ke bawah.
  • Click “Apply”. Tunggu sesaat, maka style website anda akan berubah sesuai tema yang anda pilih.

cpanel

Masih di dashboard “Preferences” masih ada beberapa aksi lain yang bisa anda lakukan. Misalnya adalah:

  • “Password & Security” bisa anda gunakan untuk mengganti password login ke website;
  • “Change Language” untuk mengubah bahasa yang ditampilkan di website;
  • “Contact Information” dapat diisi dengan contact atau alamat email yang dapat dihubungi pengunjung jika ingin menanyakan sesuatu tentang website anda;
  • “User Manager” untuk menambah user atau pengguna di website.

Ada begitu banyak fitur yang tersedia di cPanel. Masih banyak fitur lain yang dapat dipelajari, seperti membuat database di toolbar “Database”, mengatur domain dan subdomain di “Domains”, mengelola email website anda di “Email”, serta aksi lain seperti menambahkan Software ke dalam website.

Apa Itu Niagahoster?

Niagahoster adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang penyedia server hosting dan domain yang mulai beroperasi pada tahun 2014, hingga saat ini niagahoster masih konsisten memberikan layanan terbaik yakni hosting murah 2021.

Secara umum, cPanel memberikan anda kontrol terhadap apa yang akan disajikan ke publik. Tentunya, butuh waktu dan kesabaran untuk memahami cara kerja masing-masingnya dan bagaimana hasilnya ketika disajikan ke publik. Ada beberapa aksi yang mengharuskan anda memahami bahasa komputer, seperti php. Seiring waktu dan latihan secara terus-menerus, anda tentu bisa memahami dan mengaplikasikan cara mengedit website di cpanel dengan baik, sehingga anda bisa mengatur sendiri tampilan website anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Mengedit Website di cPanel: Mengelola File dan Style di Hosting