Cara Mengatasi Masalah Kecepatan Dan Koneksi WiFi

Secara teori, yang kamu butuhkan hanyalah router baru untuk koneksi wireless. Namun dalam praktiknya, penerimaan wireless seringkali akan terganggu dengan masalah interferensi. Gangguan dapat menyebabkan pengiriman lambat dan latensi lebih tinggi dari koneksi kabel. Sering kali koneksi juga terputus dan terhubung kembali, dan kadang-kadang ketidakmampuan total untuk mengakses koneksi WiFi. Masalah-masalah ini bisa rumit untuk dipecahkan.

Jaringan WiFi rumah atau kantor mendistribusikan bandwidth Internet menggunakan sinyal radio. Ini adalah teknologi yang sama yang digunakan radio FM, smartphone, dan televisi. Ini rentan terhadap jenis masalah yang sama seperti gangguan, blok penetrasi dan batasan jangkauan.

Untuk itu gunakan salah satu saran yang ada di bawah ini.

Koneksi WiFi

Memperbaiki Kecepatan Dan Koneksi WiFi

  • Survei Medan

Jika memiliki masalah wireless, pertama-tama pastikan koneksi bawaan dari penyedia layanan atau ISP tidak bersalah. Jika ada masalah dari ISP, cukup hubungi teknisi tersebut. Biasanya teknisi dapat menjadwalkan panggilan layanan untuk memperbaiki masalah.

Jika layanan wireless hanya berasal dari perangkat seluler, lewati diagnosis ISP dan fokus pada pemecahan masalah untuk menyelesaikan masalah router. Dalam hal ini, tujuan kamu adalah melindungi perangkat dari faktor penetrasi dan interferensi.

  • Identifikasi Kompetisi

Jika menemukan bahwa hasil wireless terlalu lambat, atau bervariasi secara drastis dengan setiap tes yang di jalankan, sekarang saatnya untuk memperluas survei. Mulailah mencari perangkat terdekat di rumah atau kantor yang dapat menyebabkan gangguan sinyal.

Router sering bersaing dengan perangkat yang biasa digunakan seperti cordless phones, speaker Bluetooth, microwave dan monitor bayi. Matikan semua perangkat tersebut untuk sementara dan periksa koneksi WiFi. Nyalakan setiap perangkat satu per satu untuk menemukan masalah. Memindahkan router wireless di tempat lain dapat meminimalkan atau menghilangkan gangguan.

  • Beli Gear Baru

Ada dua opsi lain untuk menyembuhkan koneksi WiFi yang buruk secara konsisten. Baik memperbarui firmware router yang lebih lama atau membeli router baru. Firmware lama sering menjadi penyebabnya. Menjaga firmware tetap terbaru dapat meminimalkan atau langsung menghilangkan masalah konektivitas yang sedang berlangsung.

Untuk meningkatkan firmware pada perangkat yang lebih lama, kamu harus mengakses antarmuka administratif router melalui browser Web. Router yang lebih baru memungkinkan kamu memperbarui dengan menekan tombol pada perangkat.

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar