Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Apakah Anda sering dipusingkan saat harus melakukan transfer data dari smartphone ke komputer jinjing alias laptop? Jika iya, maka Anda wajib mengetahui cara mengaktifkan Bluetooth di laptop yang mempermudah proses komunikasi antar perangkat tanpa bantuan media lain seperti kabel data. Tapi, apakah hanya itu saja fungsi Bluetooth di laptop?

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Manfaat Bluetooth di Laptop

Jadi, Bluetooth rupanya bukan hanya bermanfaat untuk transfer fail non kabel, tetapi juga memilki sederet fungsi lainnya :

1. Serba Praktis dan Efisien

Apa yang terpikir di benak Anda saat membutuhkan printer, keyboard, mouse dan audio eksternal? Menghubungkannya dengan laptop menggunakan kabel agar dapat digunakan, ‘kan? Tapi dengan aktifnya fitur Bluetooth di perangkat Anda, semua peralatan elektronik tersebut dapat digunakan tanpa kabel. Praktis, ringkas, dan efisien.

2. Sebagai Penerima dan Pemancar Internet

Laptop memang bisa terhubung dengan internet melalui jaringan WiFi yang tersedia. Namun, fitur Bluetooth juga dapat menjadi alternatif untuk laptop menerima dan memancarkan sambungan internet. Sebab, saat ini sudah umum pilihan Bluetooth tethering atau berbagai internet menggunakan fitur ini yang lebih privat dibandingkan metode lainnya.

3. Bermain Game Multiplayer

Kegunaan lain dari Bluetooth adalah sebagai media konektivitas untuk bermain gim multiplayer. Anda tentu juga tidak asing dengan permainan daring yang melibatkan banyak pemain, ‘kan? Bluetooth rupanya dapat menjadi alternatif sambungan internet ketika Anda ingin bermain gim bersama teman tapi tidak ingin boros kuota.

4. Berkirim Pesan

Terakhir, Anda perlu mengetahui cara mengaktifkan Bluetooth di laptop agar dapat bertukar pesan melalui aplikasi chatting yang menggunakannya sebagai media. Saat ini, memang sudah banyak aplikasi-aplikasi obrolan berbasis Bluetooth sebagai alternatif berkomunikasi selain media mainstream seperti telepon, SMS, WhatsApp dan sejeninya. Keren, ‘kan?

Memeriksa Ketersediaan dan Cara Instal Bluetooth di Laptop

Sebelum mengaktifkan, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah laptop yang dimiliki sudah terinstal Bluetooth atau belum dari pabrikan. Laptop keluaran terbaru umumnya memang dibekali dengan fitur yang satu ini, namun tidak demikian dengan komputer jinjing lawas. Namun, untuk memastikan, Anda bisa memeriksanya dengan cara :

  • Akses menu Device Manager pada laptop Anda. Bisa juga menggunakan shortcut Windows + X lalu klik menu tersebut.
  • Cek daftar perangkat keras yang terinstal. Jika Bluetooth sudah disertakan pada laptop, pasti muncul pada daftar. Selain di situ, Anda juga bisa menemukannya di menu Network Adapters.
    Namun, jika pada keduanya tidak ada, berarti laptop Anda tidak dibekali Bluetooth bawaan. Jika demikian, maka Anda harus menggunakan aplikasi tambahan dan mengoneksikannya dengan laptop. Jika di laptop sudah terinstal, maka Anda tinggal mengaktifkannya saja untuk dapat menggunakannya.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7, 8, dan 10

Jika Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows, tidak ada perbedaan metode aktivasi untuk versi Windows 7 dan 8. Aktivasi Bluetooth untuk versi perangkat ini :

  1. Nyalapakan laptop Anda, kemudian pilih menu ‘Setting’.
  2. Selanjutnya, klik tab ‘Devices’ di mana akan ditampilkan daftar perangkat Anda. Pilih ‘Bluetooth and other devices’.
  3. Cari tombol on – off berbentuk geser, ke arah kanan berarti nyalakan sedangkan kiri artinya matikan.

Sementara, cara mengaktifkan Bluetooth di laptop Windows 10 agak sedikit berbeda :

  1. Akses ‘Action Center’ yang berada di pojok kanan bawah tampilan layar laptop Anda.
  2. Klik sekali tab ‘Bluetooth’ maka fitur tersebut langsung aktif.
  3. Jika tidak berhasil, maka gerakkan kursor pada tab tersebut, kemudian klik kanan, pergi ke ‘Pengaturan’ dan geser ke kanan tombol on – off fiturnya.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop MacOS

Informasi tentang menginstalasi hingga mengaktifkan Bluetooth di laptop Windows sudah sangat sering dibahas. Namun, tidak demikian dengan laptop besutan raksasa IT Amerika, Apple. Seri laptopnya sendiri memiliki kode produk MacBook dengan sistem operasi MacOS. Seperti apa cara menyalakan Bluetooth di produk-produk laptop besutan Apple?

  1. Perhatikan sudut layar kiri atas perangkat MacBook Anda. Pilih menu ‘System Preferences’.
  2. Laptop akan menampilkan banyak menu, salah satunya ‘Bluetooth’. Klik dua kali agar Anda masuk ke sistem pengaturan fitur tersebut.
  3. Cara mengaktifkan Bluetooth di laptop MacBook sangat mudah, tinggal klik tombol ‘Turn Bluetooth on’ saja.
  4. MacBook Anda sudah siap difungsikan dalam kondisi Bluetooth aktif.

Namun, sebagaimana versi ponselnya, iPhone yang eksklusif, fitur Bluetooth di MacBook juga menawarkan konektivitas terbatas yang bersifat privat. Jadi, tidak sembarang perangkat bisa terhubung dengan seri laptop besutan Apple ini. Hal tersebut sudah menjadi ciri khas yang diklaim perusahaan sebagai salah satu langkah antisipasi sabotase perangkat.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dengan USB Dongle

Apa yang harus Anda lakukan bila laptop yang dimiliki tidak disematkan Bluetooth dari pabrik? Cara satu-satunya adalah dengan menggunakan perangkat tambahan. Salah satu yang paling umum dan praktis digunakan adalah USB Dogle. Sesuai namanya, piranti ini memiliki bentuk menyerupai USB alias flashdisk yang kecil dan ringan.

Seperti apa cara menggunakannya agar laptop Anda memiliki konektivitas Bluetooth? Berikut tahapannya :

  1. Pasangkan USB Dongle ke salah satu USB Port laptop Anda.
  2. Biarkan perangkat melakukan scanning. USB Dongle ini menggunakan sistem plug & play, jadi ketika dipasangkan bisa langsung digunakan. Driver USB akan langsung terinstalasi otomatis.
  3. Bila ingin mengoneksikannya dengan perangkat lain, tinggal klik kanan ikon USB Dongle, kemudian ‘Add a device’ ⇒ pilih piranti yang hendak dikoneksikan.

Cara Lain Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dan Aturan Penggunaan

Ketiga cara mengaktifkan Bluetooth di laptop sebagaimana yang dijabarkan di atas sudah cukup lengkap dan jelas, kan? Sebenarnya, ada satu cara lagi yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan shortcut tombol keyboard. Masalahnya adalah setiap pabrikan laptop memiliki spesifikasi berbeda, termasuk untuk shortcut atau jalan pintasnya.

Pakem utama jika ingin mengaktifkan Bluetooth di laptop adalah dengan menekan tombol Fn bersamaan dengan tombol yang memiliki ikon fitur tersebut. Biasanya disisipkan di barisan F1 – F12. Anda hanya perlu mencarinya dengan teliti, lalu menekannya secara bersamaan saat sudah menemukannya. Misalnya Fn + F5. Mudah sekali, ‘kan?
Sebagai catatan tambahan terkait Bluetooth, pastikan untuk selalu menonaktifkannya jika sudah tidak digunakan lagi. Mengapa harus begitu?

  • Bluetooth dalam kondisi aktif akan menyedot daya laptop dengan boros sehingga baterai cepat habis.
  • Koneksi Bluetooth yang menyala bisa membuat perangkat Anda diretas dan dikendalikan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Tentu hal ini dapat sangat merugikan, terlebih jika di laptop tersimpan banyak data penting.

Bluetooth yang sudah hadir sejak lebih dari satu dekade silam terus berinovasi untuk dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Tidak hanya untuk transfer data tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Jadi, tidak berlebihan jika menyebut cara mengaktifkan Bluetooth di laptop wajib diketahui semua orang.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop