4 Trik Cara Mendinginkan Laptop yang Benar

4 Trik Cara Mendinginkan Laptop yang Benar

Pernah nggak kamu memakai laptop sampai kepanasan, dan bingung cara untuk mendinginkannya? Saat dipakai dalam jangka waktu lama, hardware laptop memang rentan panas. Kurangnya aliran udara ke dalam laptop menyebabkan hardware laptop menjadi panas. Makanya, untuk mengatasi suhu laptop yang berlebih kamu perlu melakukan trik cara mendinginkan laptop seperti berikut:

Baca Juga : 5+ Cara Menghilangkan Adware Android Terbaru 100% Work

1. Biarkan Laptop Istirahat Sejenak

Cara mendinginkan laptop paling gampang yang bisa kamu lakukan adalah dengan membiarkan laptop kamu beristirahat sejenak. Setelah kamu memakai laptop seharian, coba deh matikan laptopmu. Caranya?

Tutup semua tab aplikasi yang kamu pakai. Lalu klik menu windows yang ada di pojok kiri bagian bawah. Klik simbol “Power”, lalu pilih opsi “Sleep” atau “Shut Down”.

Setelah itu, istirshatkan laptopmu selama beberapa menit sampai body dan mesin laptop benar-benar dingin. Kalau laptop sudah dingin, kamu bisa memakainya lagi.

2. Kurangi Beban Prosesor Laptop

Pernah nggak kamu membuka aplikasi dengan kapasitas memori yang besar, lalu setelahnya laptop kamu panas gara-gara membuka aplikasi tersebut? Jika pernah, maka kamu perlu melakukan cara mendinginkan laptop dengan trik yang satu ini.

Yap! Caranya adalah dengan mengurangi beban prosesor laptop kamu. Supaya laptop kamu dingin, kamu perlu menutup beberapa aplikasi kamu buka. Apalagi kalau aplikasi tersebut butuh banyak pemrosesan yang bisa bikin hardware dan software laptop bekerja lebih keras.

Selain itu, coba putuskan semua sambungan perangkat USB yang terhubung ke laptop kamu. Ini adalah salah satu cara lain untuk mengurangi beban kerja prosesor laptop. Kamu juga bisa mengurangi resolusi layar menjadi lebih rendah untuk mengurangi beban kerja prosesor.

3. Cek Pengaturan Daya Laptop

Saat laptop kamu panas, coba cek pengatiran daya laptop kamu deh. Cara ini merupakan salah satu cara mendinginkan laptop yang benar. Setelah dicek, periksa juga konfigurasi pengaturan daya yang ada di laptop kamu.

Atur settingan daya menkadi kecepatan prosesor minimum supaya laptop nggak panas lagi. Bagaimana tutorialnya?

Klik opsi “Power” di menu start. Klik lagi opsi “Power and Sleep”, lalu pilih “Pengaturan Daya Tambahan” yang ada di menu opsi tersebut. Lanjutkan dengan memilih “Balanced (recomended)” dan pilih “Ubah Pengaturan Paket”.

Kemudian, klik pengaturan “On Battery” dan “Plugged In” yang sudah disesuaikan dengan laptop kamu. Baru setelah itu kamu klik “Change Advance Power Settings”. Sesuaikan settingannya dengan spesifikasi laptop yang kamu pakai. Klik “Apply and OK” lalu “Save Changes”.

4. Bersihkan Ventilasi Udara Laptop

Tahu nggak, ternyata ventilasi udara laptop yang kotor dan tertutup debu bisa menyebabkan laptop kamu gampang panas. Lalu, bagaimana cara mendinginkan laptop saat panas? Coba deh pakai cara yang satu ini!

Untuk mengatasi suhu panas di laptop kamu, kamu harus membersihkan debu dan kotoran yang menyumbat aliran udara di ventilasi laptop. Sebelum itu, cari dulu posisi ventilasi laptop kamu. Kadang posisinya ada di bawah, di samping, atau di belakang laptop.

Kalau posisi ventilasi laptop sudah ketemu, cara selanjutnya adlah mengecek kondisi ventilasinya. Apakah ventilasinya kotor atau nggak, kamu tetap harus membersihkannya.

Baca Juga : Cara Membuat Bot Telegram yang Paling Mudah dan Simpel

Saat mau membersihkan ventilasi udara laptop, matikan dulu dayanya dengan cara menekan tombol “Shut Down”. Setelah itu, bersihkan ventilasi pakai kuas atau sapu kecil. Bisa juga pakai alat penyedot debu untuk membersihkan kotoran yang menempel di ventilasi laptop.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program 4 Trik Cara Mendinginkan Laptop yang Benar