Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Bagi Pemula

Apakah Anda memiliki akun social media Facebook? Jika ya jangan hanya menggunakannya untuk berkomunikasi, update status, atau posting foto dan video tanpa arti saja karena Anda dapat menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Facebook merupakan akun media social yang paling banyak dipakai oleh pengguna internet di seluruh dunia sehingga sayang sekali bila tak dioptimalkan pemanfaatannya. Berikut ini adalah tips atau cara mendapatkan uang dari facebook.

cara mendapatkan uang dari facebook

Bagaimana cara mendapatkan uang dari Facebook?

Syarat untuk menjadikan Facebook sebagai sumber penghasilan adalah tekad yang kuat dan kemauan untuk belajar. Inilah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mendapatkan penghasilan dari akun Facebook.

1. Online Shop

Ini adalah cara paling simple untuk mendapatkan uang dari internet, termasuk Facebook, yaitu berjualan atau dengan membuka online shop. Cara membuatnya sangat mudah, Anda juga bisa menggunakan baik akun pribadi atau pun akun fanpage untuk mempromosikan dagangan Anda. Tetapi yang paling direkomendasikan adalah dengan akun fanpage agar mudah mengiklankannya dengan Facebook Ads.

Jika belum mempunyai produk untuk dijual Anda juga bisa menggunakan system dropship. Caranya adalah dengan menjadi mitra produsen atau distributor produk dan menjualkan barang mereka. Saat ada follower Anda yang tertarik dan berniat melakukan pemesanan, order tersebut tinggal Anda teruskan kepada distributor terkait dan mereka nantinya yang akan mengurus mulai dari packing sampai pemesanan.

Menariknya lagi produk tersebut dikirimkan atas nama online shop Anda sehingga seakan-akan Andalah pemilik produk dimaksud. Bila memang tersedia modal untuk stok barang Anda juga bisa menjualnya melalui Facebook dan dapat mematok keuntungan sebagaimana yang Anda inginkan.

2. Facebook group

Selain memanfaatkan Fanpage atau akun pribadi, Anda juga dapat “menggelar lapak” dagangan di akun Facebook Group dengan kategori kesamaan domisili atau target pasar yang sesuai. Misalnya jika Anda berjualan produk fashion item, bergabunglah di Facebook group dengan tema yang relevan dengan itu atau bisa juga dengan group yang umum, misalnya “jual beli”. Untuk grup yang kedua ini tentu saja karena sifatnya lebih umum jadi target pasar Anda lebih beragam.

3. Jasa titip

Cara mendulang penghasilan secara online berupa membuka jasa titip cocok bagi Anda yang hobby atau sering bepergian, misalnya keluar kota, propinsi, hingga mancanegara. Caranya, jika berencana untuk traveling ke sebuah kota bukalah publikasi pre order atau open order barang-barang khusus yang hanya tersedia di kota tujuan traveling Anda. Ini misalnya oleh-oleh di toko tersebut yang khas dan tak bisa ditemui di tempat lain.

Kemudian catatlah pesanan teman-teman Anda tersebut dan pastikan untuk mendapatkan semua pesanan di tempat tujuan. Jika memang ada barang yang tak tersedia, hubungi customer Anda dan tawarkan produk lain yang sejenis sebagai gantinya. Bisnis jasa ini memang membutuhkan modal yang tak sedikit, tetapi untuk mengatasinya bila Anda tak memiliki dana yang mencukupi adalah dengan meminta customer membayar DP terlebih dahulu.

4. Membuat banyak akun fanpage

Para pebisnis online menyebut teknik ini sebagai ternak akun fanpage. Caranya cukup mudah, Anda bisa membangun akun fanpage dengan beragam tema dan sedikit demi sedikit kumpulkan pengikut sebanyak mungkin. Tentu saja ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar tetapi percayalah bahwa jerih payah Anda akan terbayar. Akun fanpage tersebut suatu saat nanti akan bisa dijual kepada orang-orang yang memerlukan dengan harga mahal.

5. Monetisasi akun fanpage dengan niche spesifik

Caranya adalah Anda membuat akun fanpage dengan tujuan monetisasi dan tidak akan dijual. Tujuannya adalah dikelola untuk menghasilkan uang dari periklanan yang disebut Facebook Ad Break. System demikian ini kira-kira sama dengan monetisasi blog untuk mengikuti program Google Ads. Pilihlah topic yang Anda sukai atau kuasai dan update secara teratur untuk mengumpulkan follower. Selain diikutikan program Ad Break, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dengan menerima endorse dari suatu brand.

Beberapa referensi yang bisa menjadi Anda gunakan misalnya Dingo Indonesia, Happy Cats, Viral Thread dan sebagainya. Tak sedikit akun fanpage yang bergerak tanpa website atau yang sering disebut homeless media. Akun-akun tersebut memberi sarana bagi pengguna internet yang malas mengakses website untuk membaca suatu informasi.

Ada beberapa syarat tertentu agar akun Fanpage Anda bisa didaftarkan pada program periklanan tersebut. Pertama, jumlah pengikutnya paling sedikit adalah 10 ribu orang. Kedua, paling tidak dalam dua bulan terakhir mempunyai konten video dengan durasi minimal 3 menit serta ditayangkan sebanyak paling sedikit 30 ribu kali selama 1 menit. Ketiga, dinyatakan layak dan sesuai standar monetisasi.Keempat, negara terkait mendukung keberadaan program periklanan Facebook Ad Breaks.

Di tanah air sendiri adalah negara yang memperbolehkan fasilitas periklanan Facebook tersebut sejak tahun 2018. Inilah sebabnya layanan dimaksud merupakan alternative lain di luar Youtube sebagai sumber penghasilan dengan mengunggah konten berupa video. Untuk bergabung pastikan fanpage Anda telah diikuti oleh paling sedikit 10 ribu orang. Selain itu jangan sampai mengunggah video dengan durasi kurang dari 3 menit yang tentu menyulitkan menyelipkan jeda iklan. Jadi mulai sekarang asahlah kreativitas Anda.

6. Menjadi influencer

Profesi influencer selama ini seolah sudah melekat dengan media social Instagram, padahal sebenarnya Facebook pun media social yang cukup ampuh untuk membuat Anda popular. Yang hraus dilakukan di sini adalah membuat konten dengan materi-materi yang menarik, kreatif, dan bermanfaat. Jangan lupa untuk mengupdate konten-konten tersebut secara teratur agar follower Anda selalu menantikan hal-hal yang menarik dari akun fanpage tersebut.

Beberapa influencer yang sudah mempunyai jutaan follower misalnya, Xandria Ooi dengan motivasinya, Dewa Eka Prayoga atau Rico Huang dengan edukasi bisnis online-nya, dan sebagainya.

Tips agar konten Facebook cepat popular

Inilah tips yang dapat Anda coba agar konten-konten yang diunggah pada akun Facebook popular dalam waktu cepat.

  1. Unggahlah video yang dinilai berpeluang besar untuk viral sehingga follower dan viewer akun semakin bertambah.
  2. Untuk meningkatkan potensi viral video tersebut sebaiknya juga diunggah pada Fanspage berbagai grup Facebook yang relevan dengan tujuan semakin banyak dilihat.
  3. Bangun citra positif pada akun Facebook Anda dengan menghindari upload video bermuatan negative, misalnya asusila, kekerasan, atau sejenisnya.
  4. Beberapa akun fanpage me-reupload video dari Youtube dan Anda juga bisa melakukan hal ini bila belum mempunyai ide untuk konten. Tetapi berhati-hatilah dengan hak cipta dan jangan sampai melakukan pelanggaran. Akibatnya bisa membahayakan akun Anda.
  5. Video yang mengandung music atau film-film yang popular sebaiknya juga dihindari karena mengandung pelanggaran hak cipta. Facebook semakin ketat memberlakukan peraturan berkenaan dengan Facebook Ads untuk menjaga kualitas materi yang diupload pada platform tersebut.

Itulah ulasan singkat tentang cara mendapatkan uang dari facebook. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar