Cara Mendapatkan Uang dari Blog: Yuk Monetisasi Blog!

Menulis di blog adalah salah satu cara menyalurkan bakat anda. Ada orang yang sengaja membuat blog untuk mencurahkan pemikiran dan ide-idenya tentang suatu hal. Dan ada juga yang memperlakukannya sebagai diary. Ada juga yang menggunakannya hanya sekedar sarana untuk menyalurkan hobby. Namun, pernahkah anda memikirkan untuk mendapatkan uang dari blog-blog yang anda kelola? Ternyata, ada banyak cara mendapatkan uang dari blog.

Jika anda sudah memiliki sebuah blog yang cukup lama, postingan anda sudah banyak di dalamnya, dan komentar-komentar pengunjung juga baik, maka anda sudah memegang modal utama cara mendapatkan uang dari blog. Dengan sedikit langkah tambahan, maka blog bisa menjadi sumber penghasilan tambahan bagi anda.

Dalam perkembangannya, muncul berbagai jenis blog, berdasarkan peruntukannya. Misalnya adalah blog review, blog traveling, blog resep, blog review makanan, blog tutorial, dan bahkan blog yang menceritakan pengalaman-pengalaman unik pemiliknya. Lalu, bagaimana cara monetisasi blog anda sehingga menjadi lebih produktif dan mendatangkan uang?

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Cara Mendapatkan Uang dari Blog: Syarat Monetisasi Blog

Seperti dibahas di atas, tidak semua blog otomatis memenuhi syarat untuk menghasilkan uang. Jangan pula berharap bahwa blog yang anda buat kemarin langsung bisa mendatangkan penghasilan. Blog anda harus memenuhi sejumlah persyaratan agar bisa digunakan untuk monetisasi. Berikut adalah di antaranya:

Blog di Platform Populer

Platform yang anda gunakan untuk membuat blog ikut mempengaruhi kualitas blog yang dikelola. Ada sejumlah platform yang tersedia untuk membuat blog. Di antaranya adalah WordPress, Blogger, Ghost, dan sebagainya. Saat ini, platform yang paling banyak digunakan para blogger di seluruh dunia adalah WordPress, karena platform ini menawarkan sejumlah keunggulan, antara lain:

  • Fitur user-friendly, sehingga mudah digunakan oleh pengguna baru sekalipun;
  • Kaya akan fitur, plug-in, maupun tema yang mudah dikustomisasi sesuai keinginan pengguna;
  • Menawarkan domain dan hosting murah, namun tidak murahan;
  • Banyak plugin untuk optimasi blog, sehingga blog anda bisa memasuki halaman depan pencarian di Google dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Optimasi Blog

Cara berikutnya untuk meningkatkan popularitas blog adalah dengan optimasi atau yang dikenal dengan Search Engine Optimization (SEO). Tujuan dari SEO adalah untuk memudahkan mesin pencari menemukan blog anda ketika pengunjung menggunakan kata kunci tertentu di browser. Optimasi blog dengan SEO bisa anda lakukan sendiri. Namun, jika ingin cepat dan hasilnya lebih baik, anda bisa mempertimbangkan menggunakan jasa SEO. Tentunya, anda juga harus menyiapkan anggaran untuk itu.

Promosi di Media Sosial

Media sosial masih menjadi salah satu tool paling mudah dan efektif untuk mempromosikan blog anda. Anda cukup membagikan link blog atau konten andalan di media sosial, seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, atau media sosial lainnya. Semakin banyak pengikut anda di media sosial, semakin besar peluang kalau blog anda dikunjungi.

Buat Konten Yang Menarik dan Informatif

Semakin populer blog anda, semakin besar peluangnya untuk dimanfaatkan sebagai cara mendapatkan uang dari blog. Membuat blog yang populer tidak cukup dengan tampilan blog yang menarik saja, namun harus didukung dengan konten yang menarik dan menyajikan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung.

Bayangkan jika pengunjung melihat halaman blog anda dan menemukan kalau informasi di dalamnya sudah usang, tidak relevan, atau bahkan ‘contekan’ dari sumber lain. Pengunjung pasti akan langsung keluar dan tidak akan pernah kembali, bukan? Sebaliknya, informasi yang terupdate, orisinil, dan menarik akan membuat pengunjung betah dan ingin melihat lebih banyak tulisan yang anda sajikan dan selalu menunggu update berita dari blog anda.

Pengunjung yang betah di sebuah blog akan melakukan ‘action’ seperti mendaftar (subscribe) di blog anda (jika tersedia formulir berlangganan), mengikuti Fan Page anda, membagikan link artikel yang paling disukai, atau sekedar berlama-lama di blog anda. Google atau mesin pencari lainnya menggunakan algoritma khusus untuk menemukan tanda-tanda seperti ini.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog: Cara Monetisasi Blog

Lalu, langkah apa yang dapat anda tempuh untuk monetisasi blog setelah anda membangun sebuah blog yang profesional dan populer? Cara berikutnya adalah menentukan cara mendapatkan uang dari blog atau disebut dengan cara monetisasi. Berikut adalah beberapa pilihan cara mendapatkan uang dari blog anda:

1. Google AdSense

Mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di blog adalah cara paling populer untuk monetisasi blog. Google menyediakan layanan iklan produk bagi marketplace atau pemilik produk dan jasa yang ingin produknya dilihat banyak orang di seluruh dunia. Kemudian, Google bekerja sama dengan pemilik website atau blog untuk menayangkan iklan-iklan tersebut. Tentunya, Google menggunakan kriteria khusus untuk website atau blog di mana iklan akan ditampilkan.

Salah satu kriteria utama yang digunakan Google adalah popularitas blog. Semakin populer blog anda, semakin banyak pengguna yang akan melihat iklan yang ditampilkan, dan semakin besar peluang untuk transaksi. Sementara itu, anda sebagai pemilik blog mendapatkan fee berdasarkan jumlah klik iklan. Sekali lagi, tidak semua blog memenuhi syarat untuk Google AdSense. Misalnya:

  • Anda harus mendaftarkan diri ke Google AdSense;
  • Google akan melakukan review untuk melihat kelayakan blog anda. Jika memenuhi syarat, pihak Google akan memberitahukan melalui email.
  • Kemudian, anda mengatur tampilan blog untuk menyediakan ruang di mana iklan akan dipasang.
  • Setelah iklan terpasang, anda menerima fee atas setiap klik iklan oleh pengunjung blog.

2. Afiliasi

Cara mendapatkan uang dari blog berikutnya adalah dengan afiliasi atau affiliate marketing. Program afiliasi juga ditawarkan oleh merchant atau penyedia produk/jasa. Sistemnya adalah komisi untuk setiap produk/jasa yang terjual atau pengunjung yang mendaftar melalui link afiliasi yang anda sematkan di halaman web. Cara kerjanya adalah sebagai berikut:

  • Anda mendaftarkan diri untuk program afiliasi;
  • Jika diterima, maka anda akan diminta menyematkan link produk atau jasa yang ditawarkan oleh Merchant atau advertiser. Link tersebut mengarah ke website atau toko online Merchant secara langsung.
  • Anda mengarahkan pengunjung blog untuk melihat website merchant atau membeli produk yang ada didalamnya. Bisa jadi, caranya adalah membuat review atau deskripsi tentang produk dan manfaatnya.
  • Anda mendapatkan komisi setiap kali pengunjung membuka link dan membeli produk/jasa yang disediakan merchant.

3. Endorsement

Cara mendapatkan uang dari blog bisa juga melalui endorsement. Ada beberapa strategi endorsement yang bisa anda gunakan. Namun, anda harus terlebih dahulu menjalin kerjasama dengan merchant atau penyedia jasa. Setelah membuat kesepakatan, maka anda bisa mulai mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan

  • Membuat review atau deskripsi produk;
  • Unboxing produk;
  • Menulis artikel tentang produk yang dipromosikan dan manfaatnya;
  • Giveaway, dan sebagainya.

Apakah masih ada cara mendapatkan uang dari blog lainnya? Tentunya masih banyak. Sepanjang anda bisa membangun blog yang profesional dan berkualitas, peluang untuk monetisasi blog terbuka lebar di hadapan anda. Jadi, apakah anda masih ragu untuk blogging?

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar