Cara Mendapatkan Shared Hosting Murah

Saat ini sudah banyak sekali jasa untuk menyewakan server guna keperluan email maupun website. Pihak yang masih awam maupun pengguna umum akan menyewa suatu jasa hosting pada penyedia hostingnya dan mereka memperoleh account hosting. Terkadang banyak orang merasa web hosting bisa sangat mahal sehingga mereka mencari shared hosting murah sehingga bisa lebih menghemat dana untuk kebutuhan website yang lainnya tapi ada hal yang harus Anda perhatikan lebih dulu.

Cara Mendapatkan Shared Hosting Murah

Memilih Shared Hosting Murah?

Ketika Anda menyewa jasa hosting, maka Anda akan memperoleh account hosting yang isinya beragam mulai dari akses FTP atau sheel, email account, ruang disk maupun yang lainnya. Disini Anda bisa mengunggah beragam file website yang nantinya bisa dilihat oleh para users maupun pengunjung di website Anda. Lantas kemudian muncul pula istilah yang dikenal dengan shared hosting dan ini merupakan sebuah layanan hosting dimana akun hosting akan diletakkan bersama dengan beberapa akun hosting lain pada satu server yang sama.

Mereka juga akan menggunakan pelayanan di dalamnya bersama-sama. Hal yang menguntungkan dari shared hosting ini adalah sudah pasti harganya murah sehingga tak sedikit orang yang lebih memilih menghemat biaya pembuatan website dengan menggunakan shared hosting harga murah meskipun Anda harus mencoba untuk menemukan yang terbaik mengingat tingkat privasi pada sebagian shared hosting tidak begitu baik sehingga cukup rawan bahaya bagi para penggunanya.

Mungkin banyak sekali orang yang bertanya bila seluruh komputer nantinya telah terkoneksi satu dengan yang lain, mengapa Anda tidak dapat meletakkan file di dalam website pada komputer milik diri sendiri dan kemudian memperbolehkan orang lain untuk melihatnya. Sebenarnya hal ini bisa dilakukan tapi karena banyak kendala, maka cara ini kurang optimal dari berbagai segi baik itu ekonomi, stabilitas maupun performa. Pertama, bandwidth kantoran maupun perumahan ukurannya kecil.

Cara Mendapatkan Shared Hosting Murah?

Bila ukurannya besar, biasanya itu berlaku untuk downstreamnya saja sementara bagian upstreamnya kecil. Selain itu, kendala lainnya adalah koneksinya kurang stabil dan tidak ada alamat IP yang tetap. Dalam melakukan hosting, koneksi itu harus besar dan stabil dan servernya juga harus selalu menyala 24 jam dan membutuhkan listrik, sirkulasi udara, pendingin dan sebagainya. Kemudian, maintenance harus selalu dilakukan terus menerus. Karena itulah, jauh lebih efisien untuk menempatkan server pada data center.

Pihak yang lebih ahli akan melakukan maintenance dengan baik seperti layaknya pengelola webhosting. Dengan Anda berlangganan pada akun hosting melalui penyedia hosting terbaik, Anda sudah akan memperoleh sejumlah ruang disk termasuk nama domain yang nantinya bisa Anda isi dengan file sehingga nantinya Anda bisa berinteraksi langsung dengan para pengunjungnya. Sementara jika Anda ingin menemukan shared hosting murah, maka lakukan dengan tepat dan inilah beberapa caranya:

  • Memeriksa lebih dulu fitur mereka

Shared hosting yang baik pastinya akan selalu dikemas dengan beragam fitur utama sebagai bagian di dalam paket penawarannya. Namun masih ada pula hal yang perlu Anda waspadai dan kontrol antara lain:

1. Bandwidth dan penyimpanan atau storage

Kebanyakan hosting yang memiliki kualitas tinggi saat ini hadir dengan menggunakan penyimpanan unlimited atau tidak terbatas. Tapi sebagian dari mereka masih punya limit sekitar 5GB dan bisa pula lebih atau kurang dan pastikan juga dengan bandwidthnya.

2. Nama domain gratisnya

Web hosting terbaik tentu akan memberikan penawaran nama domain yang gratis ketika registrasi dan setidaknya untuk tahun yang pertama.

3. Panel kontrol yang digunakan

Cobalah untuk memeriksa apakah mereka menggunakan panel kontrol seperti Vdeck, cPanel maupun alternatif apapun yang disediakan dan tugas Anda adalah memilih shared hosting yang dinilai nyaman.

  • Jangan lupa memeriksa kecepatan dari servernya

Ketika pembaca masuk ke dalam situs Anda, maka inilah waktu bagi server untuk dapat bangun dan kemudian mengirimkan file. Google memberikan saran bahwa kecepatan servernya sekitar 200 ms atau setidaknya kurang. Hal ini sangat penting sebab setiap permintaan nantinya akan membutuhkan kecepatan. Diperlukan respon server yang sangat cepat sehingga mampu memberikan pengalaman pada pengguna yang begitu maksimal atau baik. Anda pun dapat menguji langsung kecepatan dari server dengan menggunakan alat yang disebut dengan speed checker.

  • Berapa uptime yang mereka punya

Hal yang paling frustasi adalah situs web yang tiba-tiba mengalami downtime. Jadi, jumlah dari uptime yang ditawarkan oleh pihak penyedia hosting menjadi hal yang paling krusial untuk Anda. Jika uptimenya semakin baik, maka semakin berkualitas shared hosting tersebut. Uptime yang nominalnya kurang dari sekitar 99% jangan dipilih. Anda harus memilih yang uptimenya 99.99% dan jadikan target Anda. Anda pun juga bisa melacak uptime dari web hosting menggunakan tool gratis di internet.

  • Mengetahui dukungan atau support teknis yang bisa diberikan

Dukungan teknis merupakan hal yang paling utama. Perusahaan yang terkenal dan baik pastilah mempunyai tim yang sangat ahli dalam merespon dan memberikan solusi atas beragam pertanyaan dengan efektif dan cepat. Shared hosting yang tidak baik pasti akan mengabaikan hal yang seperti ini. Namun jika Anda mendapatkan sesuatu yang tidak beres, tentunya Anda ingin segera memperoleh layanan yang terbaik langsung dari pihak penyedia web hostingnya. Anda juga bisa memilih kontak yang diinginkan. Bahkan sesungguhnya terdapat cara untuk dapat menguji layanan teknis ini antara lain:

  1. Cobalah untuk meminta demo untuk panel kontrolnya
  2. Cobalah menanyakan mengenai kebijakan dari pengembalian dana maupun harga untuk perpanjangannya
  3. Jangan lupa untuk menanyakan berapa batas dari penyimpanannya
  4. Tanyakan pula mengenai ketersediaan dari skrip situsnya

Hanya yang terbaik akan langsung memberikan jawaban dengan cepat tanpa membuat Anda menunggu di dalamnya.

  • Cek harga untuk pembaharuan

Biaya awal yang Anda lihat biasanya merupakan angka pengantar saja sementara harga pembaharuannya biasanya akan lebih banyak sedikit. Tapi cobalah untuk memeriksa dan memastikan lagi biaya itu sehingga tidak terlalu tinggi karena yang Anda inginkan adalah shared hosting yang biayanya murah dan terjangkau untuk lebih hemat. Akan lebih baik jangan hanya menetapkan diri dengan menggunakan kontrak jangka panjangnya. Mungkin saja Anda ingin mengubah maupun memperluas lagi keadaan hosting jangka waktu tertentu.

Cobalah cek dan tanyakan selalu apakah ada biaya lain selain yang Anda ketahui itu karena jika tiba-tiba Anda ditagih biaya yang lebih tinggi dari perjanjiannya tapi Anda tidak tahu apa itu, maka Anda akan merugi di dalamnya.

Mencari shared hosting murah itu adalah hal yang baik guna menekan pengeluaran tapi murah bukan berarti murahan sehingga Anda harus benar-benar jeli dan tidak hanya terjebak pada harga pengantar yang rendah namun tagihan tinggi pada akhirnya. Anda boleh mengeluarkan dan memilih hosting yang murah tapi fiturnya harus lengkap dan terbaik sehingga Anda bisa lebih puas.

Perusahaan layanan web hosting

Bagi Anda yang memang sedang mencari atau ingin menggunakan shared hosting untuk kebutuhan pengelolaan website atau yang lainnya, berikut ialah beberapa perusahaan layanan web hosting Indonesia yang sudah berpengalaman sejak puluhan tahun.

  1. Jagoanhosting, perusahaan yang satu ini sudah sangat populer dikalangan pengembang website. Memiliki kantor pusat di Kota Malang Jawa Timur.
  2. IdCloudhost, didirikan pada tahun 2015 Idcloudhost merupakan pendatang baru di dunia web hosting. Meskipun demikian Idcloudhost sudah dipercaya oleh banyak perusahaan besar dan memiliki reputasi yang sangat baik.
  3. Niagahoster, ini juga merupakan perusahaan web hosting yang sudah cukup lama dan berpengalaman. Merupakan salah satu bagian dari hostinger group, yakni sebuah perusahaan web hosting internasional.
  4. Domainesia, memiliki kantor utama di Yogyakarta kini Domainesia juga sudah memiliki ribuan pelanggan. Jika Anda tertarik dengan layanan dari Domainesia silahkan bisa mempelajari atau membaca review tentang Domainesia terlebih dahulu.
  5. Qwords, ada banyak paket atau pilihan hosting dengan speak dan harga yang berbeda-beda yang ditawarkan oleh Qwords. Sehingga memungkinkan bagi kamu untuk memilih shared hosting yang paling pas dengan kebutuhan dan keuangan.

Itulah ulasan tentang shared hosting murah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar