Cara Mendapatkan Email Hosting Gratis

Cara Mendapatkan Email Hosting Gratis

Email hosting gratis semakin banyak digunakan seiring dengan penggunaan internet yang meluas. Email menjadi salah satu layanan internet yang menyediakan pengiriman pesan secara elektronik. Umumnya, email juga bermanfaat untuk pendaftaran akun yang terhubung dalam jaringan internet. Mulai dari akun media sosial hingga akun profesional yang bisa saling terkoneksi dengan lainnya.

Pada banyak kesempatan, Anda mungkin banyak bertanya bagaimana sebuah email bisa digunakan. Pertanyaan tersebut tidak terlepas dari peran penyedia email atau email hosting. Email hosting mampu memberikan Anda akses layanan yang memungkinkan sebuah email berfungsi dengan baik. Bahkan Anda dapat memperoleh email hosting tersebut secara gratis tanpa biaya apa pun.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Nah, seperti apa email hosting gratis sebenarnya? Apa saja yang terkait dengan email hosting tersebut? Bagaimana cara kerja hingga proses mendapatkannya? Simak ulasan selengkapnya sebagai berikut.

Email Hosting Gratis

Definisi Email Hosting Gratis

Email hosting merupakan penyedia layanan agar email bisa berfungsi atau bekerja dengan baik. Email hosting bertugas menyimpan seluruh data yang tersedia pada email. Email hosting juga memberikan fasilitas atau pelayanan untuk mengirim dan menerima email. Semua layanan tersebut disediakan dengan menggunakan suatu server khusus untuk hanya difungsikan sebagai email saja.

Dengan kata lain email hosting adalah server layanan yang khusus menyediakan fungsi email. Email hosting sering dihubungkan dengan web hosting. Namun, kedua hal ini sangat berbeda. Lantaran email hosting berfungsi sebagai penyedia layanan email dan bukan untuk mempublikasikan website. Sementara web hosting bukan sebagai penyedia layanan email tapi mempublikasikan website.

Email hosting gratis berarti Anda menggunakan server layanan email secara gratis. Apakah email hosting yang gratis ini tersedia? Tentu saja. Bahkan Anda bisa sangat mudah memperolehnya.

Manfaat Email Hosting Gratis

Email hosting memiliki fungsi dan peran penting, khususnya bagi Anda pelaku usaha kecil dan menengah. Umumnya, para pelaku usaha kecil dan menengah mengandalkan kehadiran email untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan kolega. Penggunaan email hosting mampumemberikan efek kepercayaan yang lebih tinggi terhadap perusahaan dan kinerjanya. Termasuk juga kepada pemilik perusahaan.

Email hosting gratis mempunyai beberapa manfaat yang bisa menjadi alasan Anda untuk menggunakannya.

1. Memberikan reputasi branding perusahaan

Email hosting mampu memberikan reputasi branding perusahaan Anda semakin keren. Pasalnya, penamaan domain pada email bisa menggunakan nama merek atau brand perusahaan Anda. Jadi, pemakaian email mampu menjadi senjata meningkatkan brand awareness kepada para pelanggan dan kolega.

2. Menambah kredibilitas perusahaan

Pemakaian nama domain perusahaan pada email hosting akan secara otomatis menambah kredibilitas perusahaan. Hal tersebut menimbulkan persepsi baik di tengah pelanggan dan kolega bahwa perusahaan Anda nyata keberadaannya. Selain itu, pelanggan dan kolega juga lebih mudah mengingat alamat email perusahaan. Sehingga proses komunikasi menjadi semakin lancar.

3. Keamanan data dan trafik layanan email

Email hosting gratis memberikan keamanan data dan trafik layanan email. Semua komponen dibungkus dalam server khusus yang mampu memfasilitasi fungsi penggunaan email. Mulai dari email antar karyawan hingga email antara perusahaan dengan kolega. Anda tidak perlu khawatir karena server khusus ini juga menjamin trafik layanan email tetap cepat dan stabil.

4. Tersedia banyak fitur bantuan

Email hosting menyediakan banyak fitur tambahan untuk membantu kinerja perusahaan Anda. Mulai dari fitur spam hingga fitur filter. Semua fitur tersebut bisa diandalkan untuk melindungi inbox email perusahaan dari serangan email yang tidak penting. Bahkan mampu meringankan kerja perusahaan Anda dari mengatasi beragam pesan virus email spam yang memenuhi inbox.

Jenis Email Hosting Gratis

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, email hosting gratis sangat mudah untuk didapatkan. Meski demikian Anda tetap perlu cermat dalam memilih server atau penyedia email hosting. Hal ini untuk menjaga keamanan serta mencegah hal buruk terjadi pada data perusahaan Anda. Terlebih saat mengingat bahwa email menjadi bagian penting dari suatu perusahaan.

Anda mungkin sudah familiar dengan beberapa penyedia email publik seperti Yahoo Mail dan Gmail. Namun ternyata masih ada lebih banyak lagi server email hosting gratisyang dapat Anda peroleh secara mudah. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Zoho

Zoho sering dimanfaatkan kehadirannya oleh para pebisnis dan freelancer. Email hosting ini memberikan tampilan yang bersih dan minimalis. Akibatnya, Anda atau para pemula sekali pun bisadengan mudah menggunakan Zoho. Anda bisa mendapatkan fitur menarik, seperti ruang penyimpanan, tampilan pesan seperti chat media sosial, dan nama domain yang dapat dipesan khusus.

2. Mail.com

Email hosting bebas biayaberikutnya yakni Mail.com. Layanan email ini memiliki pilihan domain beragam. Bahkan tersedia lebih dari 200 pilihan domain untuk memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu, Mail.com juga memiliki kalender yang bisa terhubung langsung dengan email. Jadi, Anda bisa memberi tanda pada kalender sebagai pengingat rapat atau pertemuan lainnya.

3. Yandex Mail

Yandex memiliki layanan email hosting gratis. Meskipun berasal dari Rusia tapi Yandex sudah dilengkapi dengan terjemahan yang lengkap. Anda tetap bisa menggunakannya dengan mudah. Hebatnya, Yandex memberikan penawaran ruang penyimpanan yang tidak terbatas. Anda juga bisa melampirkan banyak file pada email. Selain itu, ada fitur paling menarik yakni penerjemah terintegrasi.

4. iCoud Mail

Layanan iCloud sering kali dikaitkan dengan para pengguna Apple. Padahal, iCloud termasuk email hosting yang telah diasosiasikan dengan Apple ID. Beberapa layanan iCloud yang paling menarik, yaitu verifikasi dua langkah atau dua faktor otentikasi. Selain itu, fitur spam dan filter juga mampu dilanjutkan dengan fitur auto responder yang lebih detail.

Cara Mendapatkan Email Hosting Gratis

Email hosting gratis bisa didapatkan dengan melakukan aktiviasi email. Layanan email ini membutuhkan nama Anda atau perusahaan sebagai nama domain. Namun, sebelum mendapatkan email hosting, Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah login ke cPanel hosting. Hal tersebut karena cPanel hosting menjadi pusat pengaturan segala aktivitas pada email termasuk data pentingnya.

Apa Itu CPanel?

cPanel adalah salah satu alat pengaturan atau control panel untuk web hosting dengan basis linux yang menyuguhkan GUI (graphical user interface) serta tools otomatis, semua fitur yang tersedia pada cPanel akan sangat membantu dan memudahkan dalam proses mengontrol server hosting untuk keperluan website.

Berikut ini cara mendapatkan email hosting gratis.

  1. Melakukan login ke akun cPanel hosting yang telah dimiliki
  2. Memilih menu Email lalu Email Accounts yang ada di bawah tampilan
  3. Menunggu tampilan email accounts terbuka lalu memilih menu Create yang berwarna biru
  4. Tampilan menu create email accounts akan terbuka sesuai dengan domain yang Anda miliki
  5. Mengisi setiap kolom pengisian. Seperti username, security, password, storage space, automatically create folder for plus addressing dan send a welcome email
  6. Setelah semua kolom terisi maka klik pilihan Create
  7. Menunggu proses pembuatan selesai dalam beberapa waktu
  8. Melihat kembali menu Email Account untuk melakukan pemeriksaan email bisnis dengan email hosting sudah aktif
  9. Anda bisa masuk ke email yang sudah teraktivasi dengan memilih menu Check Email
  10. Memilih salah satu dari dua jenis webmail, yaitu Roundcube Webmail dan Horde Webmail lalu klik Open di bawah logo pilihannya
  11. Tampilan email bisnis segera muncul lalu Anda bisa langsung melakukan pekerjaan layanan email.

Email hosting gratis telah menjadi solusi bagi pebisnis, khususnya untuk meningkatkan kredibiltas dan branding awereness perusahaan. Email hosting juga mempunyai banyak fitur menarik yang bisa mempermudah kerja layanan email. Anda tetap bisa mendapatkan banayak manfaat dengan menggunakan email hosting. Apalagi ada banyak jenis email hosting yang dapat diakses secara gratis.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Mendapatkan Email Hosting Gratis flagcounter