Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Website

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Website

Salah satu komponen penting dalam menentukan ranking situs pada mesin pencari adalah backlink. Tak heran banyak blogger pemula, termasuk pengembang website, atau mereka yang beru mempelajari SEO bertanya-tanya tentang backlink tersebut, sekaligus cara untuk mendapatkannya. Dapat dikatakan memahami secara detail perspektif Google terkait backlink ini memang gampang-gampang susah.

Alasannya karena Google seringkali merilis algoritma terbaru yang mengharuskan orang untuk menerapkannya secara fleksibel. Salah satunya disebut Algoritma Penguin yang dirancang untuk membuat peringkat website merosot pada mesin pencari jika banyak memuat backlink yang tak relevan dengan tema. Simak ulasan berikut ini.

BACKLINK BERKUALITAS

Mengenal apa itu backlink

Yang dimaksud backlink adalah suatu link atau tautan yang mengarahkan pengguna internet untuk menuju suatu website tertentu. Manfaat backlink adalah sebagai rujukan untuk membuat orang yang mengakses suatu informasi mendapatkan data lebih detail dan jelas. Selain itu backlink dari segi SEO juga berperan penting untuk mengoptimasi website sehingga lebih popular pada mesin pencari, terutama Google.

Dari segi manfaat, backlink dibedakan menjadi dua jenis, yakni dofollow dan nofollow. Jika dari tampilannya Anda mungkin tak dapat membedakan mana yang dimaksud backlink dofollow dan mana yang nofollow. Tetapi tipe backlink dofollow lebih diminati karena berpotensi membuat sebuah situs semakin popular pada mesin pencari. Sementara nofollow tak memberikan terlalu banyak dampak pada situs Anda.

Saat ini kebutuhan backlink untuk website semakin meningkat mengingat sudah semakin banyak blogger atau pengembang website yang sadar bahwa SEO adalah komponen penting untuk menarik pengunjung dan meningkatkan traffik.

Strategi mendapatkan backlink

Mengetahui strategi mendapatkan backlink berkualitas dapat dikatakan aktivitas paling disarankan karena efektif untuk optimasi situs Anda. Selain itu backlink juga cukup ampuh untuk meningkatkan traffic kunjungan pada pencarian organic. Meski demikian Anda diharapkan waspada dalam membangun tautan atau backlink yang bermutu.

Mesin pencari raksasa Google dan perangkat pencari lainnya menilai backlink pada suatu situs untuk menentukan apakah situs dimaksud terpercaya atau tidak. Setiap backlink yang dimuat pada situs Anda bagi mesin pencari dianggap sebagai rekomendasi. Inilah sebabnya semakin banyak backlink yang disarankan oleh suatu situs, kredibilitasnya akan semakin meningkat dan kian popular di hasil pencarian.

Saat algoritma Google belum seketat sekarang tak sedikit pengembang internet serta pegiat SEO yang berusaha memanipulasi algoritma tersebut dengan memuat link dengan cara-cara yang kurang etis. Inilah sebabnya tak lama kemudian diluncurkan berbagai pembaruan yang secara otomatis mampu mendeteksi backlink-backlink mencurigakan.

Karena itu pastikan Anda bersedia menginvestasikan waktu untuk memperoleh backlink yang valid untuk meningkatkan ranking situs serta kepercayaan terhadap website Anda. Sebagai referensi Anda inilah beberapa tips untuk memperoleh backlink bermutu untuk optimasi situs Anda.

Strategi mendapatkan backlink berkualitas

Sebagaimana trik SEO yang lain membangun sendiri banyak tautan yang bermutu akan lebih baik dibandingkan membayar banyak pemilik website agar bersedia memuat tautan yang mengarah kepada situs Anda. Berikut ini adalah strateginya.

1. Bersedia menulis konten bagi blog lain

Untuk memperoleh backlink yang bermutu Anda dapat menyumbangkan konten secara cuma-cuma kepada blog orang lain dengan imbal balik berupa tautan yang mengarah pada website Anda. Sudah banyak blogger atau pengembang website yang melakukan hal ini sebagai strategi yang sama-sama menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Pemilik blog akan mendapatkan materi konten gratis yang relevan dengan tema blog atau situs, sementara Anda memperoleh tempat untuk memuat backlink yang merekomendasikan website Anda.

2. Public Relasi

Yang dimaksud di sini adalah press release, yang sangat direkomendasikan dilakukan oleh pemilik website bisnis. Ini sebenarnya merupakan metode yang sudah cukup lama pada bidang pemasaran digital, tetapi masih cukup efektif apalagi untuk kebutuhan membangun backlink serta mendapatkan follower.

Untuk membuat peringkat suatu situs meningkat, cara paling baik adalah dengan menjadikan situs tersebut sebagai sumber pada konten online, termasuk berita. Jurnalis serta blogger setiap saat selalu mencari informasi baru untuk disebarkan di dunia maya. Jadi kapan saja ada pencapaian baru bagi bisnis Anda, lakukanlah publikasi.

3. Backlink rusak

Situs berkualitas dengan reputasi yang baik sekali pun bisa saja mengalami kerusakan backlink. Pada awalnya memang setiap backlink yang dimuat pada website akan terhubung kepada laman online lainnya. Tetapi karena situs terkait mungkin kerap mengedit atau memindahkan konten tersebut, bisa saja suatu backlink akhirnya tak berfungsi lagi atau mengarahkan pengguna internet pada laman yang sudah tak tersedia.

Jika hal ini terjadi, atau mungkin Anda pun kerap mengalaminya, Anda akan menemukan tampilan laman 404 error page. Selain kurang nyaman bagi pengguna internet, kondisi ini mempersulit mesin pencari untuk memeriksa atau mengindeks situs dengan benar. Meski demikian Anda dapat menggunakan backlink yang mengarah pada laman yang rusak ini.

Alasannya karena backlink yang rusak tersebut akan dapat diidentifikasi untuk mengetahui konten yang pada awalnya dijadikan rujukan. Ini juga memberi kesempatan kepada situs terkait untuk mengganti unggahan yang rusak tersebut dengan backlink yang benar dan mengarah pada konten yang diinginkan. Konten dimaksud tentu saja berada di situs Anda.

4. Skyscraper content

Yang dimaksud skyscraping adalah proses untuk menemukan konten yang bagus pada situs Anda untuk lebih mempopulerkannya. Yang pertama kali melakukan hal ini adalah Brian Dean dari Backlinko dan hingga saat ini masih dianggap sebagai strategi terbaik untuk mendapatkan ide materi konten berkualitas yang dapat dijadikan backlink ke situs Anda. Caranya adalah dengan menggunakan site Explorer dari Ahrefs. Anda cukup menginput domain yang ditargetkan dan memilih Site Explorer-Halaman-Best by Links.

5. Menggabungkan sumber

Backlink yang Anda tautkan pada situs merupakan konten blog atau laman informasi lain. Untuk membangun tautan Anda harus menggunakan konten yang 100% original dan kredibel. Tetapi untuk itu sebenarnya Anda tak perlu membuat konten dengan materi 100% asli, walaupun bukan berarti Anda juga diperbolehkan melakukan copy paste dan mengunggahnya pada website Anda.

Cara paling disarankan adalah mencari data seakurat mungkin serta membuat riset yang berkaitan dengan bisnis yang Anda promosikan pada situs Anda. Dengan begitu Anda bisa membagikan informasi yang bermanfaat untuk para follower Anda.

6. Backlink competitor

Bisa jadi jika ada tautan yang mengarahkan pemirsa pada situs pesaing Anda, website Anda pun juga akan turut direkomendasikan. Hal ini dapat disikapi dengan mengetahui sekitar 10 situs paling top untuk setiap keywords yang Anda kehendaki. Berikutnya adalah melakukan pencarian pada search engine dan buatlah daftar domain teratas.

7. Memanfaatkan infografis

Visual yang menarik adalah kunci dalam menggunakan infografis. Saat membuatnya untuk situs Anda seseorang yang menautkan infografis tersebut pada website mereka otomatis akan menautkan backlink yang mengarah ke situs Anda. Setelah membuat infografis tersebut Anda dapat menjangkau situs lain yang relevan dengan bisnis yang Anda promosikan pada website Anda ini serta meminta untuk membagikannya. Dengan begitu Anda telah menemukan satu cara untuk memperoleh backlink yang berkualitas.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Website