Cara Memperbesar Drive C Windows 10 Tanpa Format

Cara Memperbesar Drive C Windows 10 Tanpa Format

Apakah kapasitas drive C kamu kecil? Ingin tahu bagaimana cara memperbesar ruang drive C Windows 10? Nah, ada banyak cara di mana ruang penyimpanan drive C dapat diperluas.

Drive C merupakan tempat sistem operasi PC dan file sistem terkait. Menjadi hard drive utama sistem, digunakan untuk menyimpan OS, file sistem, aplikasi, dan file terkait. Oleh karena itu, berkali-kali drive C kehabisan ruang dan menjadi sangat penting untuk mempelajari cara memperluas ruang penyimpanan drive C.

Dalam tutorial ini, kita akan melihat beberapa metode tanpa memformat atau menginstal ulang OS.

Windows 10

Metode Memperbesar Drive C Windows 10

  • Disk Management

Ukuran partisi dapat ditingkatkan dengan bantuan Disk Management Windows. Ini memberikan ruang tambahan dengan memanfaatkan ruang disk yang tidak terisi tanpa menyebabkan hilangnya data. Ini terutama menambah ruang yang tidak terisi ke partisi yang berdekatan. Oleh karena itu, jika tidak ada ruang disk yang tidak terisi di sebelah partisi, maka metode ini tidak akan bekerja.

Perlu dicatat, bahwa metode ini hanya berlaku untuk partisi NTFS. Metode ini tidak mendukung partisi FAT32 dan partisi exFAT. Juga, sangat penting bahwa ruang yang tidak terisi tersedia di sisi kanan partisi selain tersedia di partisi yang berdampingan.

  1. Buka Disk Management
  2. Kemudian, klik kanan pada drive C di konsol Manajemen Disk untuk memilih opsi ‘Extend Volume’.
  3. Terakhir, ketika Extend Volume Wizard muncul, klik saja tombol ‘Next’.
  4. Kamu dapat mengatur ruang disk yang perlu ditambahkan ke drive C dan terus mengklik ‘Berikutnya’. Hal ini untuk membiarkan Wizard melanjutkan langkah selanjutnya secara otomatis.
  5. Pada akhirnya, kamu dapat mengklik ‘Selesai’ untuk mengakhiri proses.
  • Command Prompt

Alat utilitas Windows bawaan adalah bagian Disk yang mampu mengelola disk dan partisi dengan bantuan Command Prompt. Command Prompt bekerja dengan cara yang sama seperti Manajemen Disk. Namun, ini adalah metode yang sedikit rumit dan memerlukan keahlian teknis, jika tidak, kesalahan kecil dapat merusak seluruh hard drive.

  • Buka Command Prompt dan jalankan sebagai Admin.
  • Masukkan perintah berikut: diskpart, list volume, select volume x, extend size = number
  • Dengan demikian, itu akan memperluas drive C.

Kesimpulannya, dapat dikatakan bahwa partisi sistem dapat diubah ukurannya secara efektif sesuai metode yang dijelaskan di atas. Selain itu, kamu juga dapat mencoba mengosongkan recycle bin untuk mengurangi beban pada drive C di Windows 10. Cara lain adalah menggabungkan drive lain dengan drive C untuk menciptakan lebih banyak ruang.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Memperbesar Drive C Windows 10 Tanpa Format