Cara Memeriksa Kecepatan internet Dan Memperbaikinya

Pandemi virus corona telah memaksa orang di seluruh dunia untuk tinggal di dalam rumah dan itu telah meningkatkan ketergantungan pada internet, terutama broadband rumah dan Wi-Fi. Sekarang semua orang duduk di rumah dan menggunakan koneksi untuk bekerja, streaming film, bermain game, dan lainnya. Kamu mungkin melihat kecepatan internet menurun secara signifikan dibandingkan dengan beberapa minggu terakhir karena tekanan pada jaringan.

Jadi apa yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki kecepatan? Tidak mungkin juga menghentikan mereka menggunakan koneksi. Mengingat ini adalah satu-satunya sarana hiburan saat ini. Oleh karena itu kami menjelaskan langkah apa yang dapat kamu ambil jika masalah muncul.

Cara Memeriksa Kecepatan internet Dan Memperbaikinya

Bagaimana cara mengecek kecepatan internet

Untuk memeriksa status kecepatan internet koneksi broadband, kamu dapat mengunduh aplikasi SpeedTest di ponsel Android atau iPhone. Bisa juga langsung mengunjungi situs web Speedtest di desktop.

Buka aplikasi setelah diinstal dan klik pada opsi “Go” yang ditunjukkan di tengah layar ponsel. Aplikasi ini akan membutuhkan beberapa detik untuk menguji dan menunjukkan hasil kecepatan internet koneksi broadband kamu.

Kami menguji kecepatan koneksi broadband yang kami gunakan beberapa kali, dan sebagian besar kecepatan unduh dan unggah setara. Namun, dibandingkan minggu lalu tingkat kecepatan telah menurun secara signifikan.

Jika Kamu menggunakan koneksi seluler, kamu dapat mengikuti prosedur yang sama untuk menguji kecepatan data. Namun, kami akan merekomendasikan menggunakan koneksi broadband yang stabil jika bekerja dari rumah. Data seluler dapat selesai dalam hitungan satu atau dua hari sehingga kamu tidak memiliki koneksi internet sama sekali.

Bagaimana cara memperbaiki kecepatan internet yang lambat?

Cara termudah dan paling umum adalah me-reboot router. Ini sering membantu memperbaiki beberapa masalah operasional. Jika kecepatan tidak pulih meskipun me-reboot router, kamu harus mengurangi streaming film, bermain game, dan sumber hiburan lainnya dan memprioritaskan pekerjaan. Ini akan meningkatkan kecepatan internet, tetapi jelas meningkatkan tingkat kebosanan yang sudah tinggi.

Cara lain untuk meningkatkan kecepatan internet adalah dengan menjadwalkan waktu untuk bekerja, streaming film atau bermain game. Misalnya, slot pagi hingga malam hanya untuk bekerja, jam 18:00 bisa untuk bermain game, dan jam 21:00 bisa untuk streaming film. Dengan menggunakan koneksi untuk satu keperluan dalam satu waktu bisa sedikit memperlambat masalah kecepatan.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar