Cara Membuat Website Dengan HTML Tanpa Coding dan Programming

Bisnis online menjadi pilihan banyak orang untuk bisa memberikan penghasilan sekaligus juga digunakan sebagai usaha jangka panjang untuk masa depan khususnya ketika Anda sudah pensiun nantinya. Membangun website merupakan tempat yang tepat dalam memulai bisnis online Anda, dan sekarang cara membuat website dengan HTML dapat ditemukan dengan mudah bahkan sesungguhnya tidak perlu lagi menyewa jasa untuk membuat website.

cara membuat website dengan html

Cara Membuat Website

Website atau situs merupakan halaman web yang berhubungan dan biasanya ada di dalam server serupa dengan isi berbagai kumpulan informasi yang semuanya disediakan untuk organisasi, kelompok dan perorangan. Suatu website seringkali ditempatkan pada server web yang bisa diakses dengan jaringan layaknya internet maupun LAN atau jaringan wilayah lokal melalui alamat internet dan ini sering dikenal dengan URL atau Uniform Resource Locator. Gabungan seluruh situs yang bisa diakses luas oleh publik dalam internet ini dikenal dengan WWW atau World Wide Web.

Umumnya, halaman beranda yang ada di dalam situs ini bisa diakses dengan bebas namun memang ada sebagian situs yang memberikan kewajiban untuk seluruh pengunjung guna melakukan registrasi lebih dulu menjadi anggota maupun juga meminta dana pembayaran sehingga bisa menjadi member. Cara membuat website dengan HTML ini sebenarnya tidak mudah dan cukup banyak pemilik bisnis yang lebih baik menyewa jasa pembuatan website ini untuk membantu mereka mempersiapkan web.

Halaman web ini sesungguhnya adalah berkas yang semuanya ditulis sebagai berkas teks yang biasa atau plain text yang semuanya dikombinasikan dengan baik menggunakan instruksi dengan basis HTML maupun XHTML bahkan tidak jarang pula diselipkan bahasa skrip yang lainnya. Kemudian berkas itu diterjemahkan langsung oleh browser guna ditampilkan layaknya halaman yang ada di dalam monitor. Halaman web ini bisa diakses lewat jaringan protokol komunikasi yaang dikenal dengan HTTP.

Cara Membuat Website Dengan HTML Versi 5

Untuk membuat website, bisa juga diakses dengan menggunakan HTTPS yang memiliki fungsi untuk tambahan keamanan maupun memberikan privasi yang jauh lebih baik. Jika Anda berencana untuk membuat sendiri situs sebagai tempat Anda melakukan bisnis online, maka cobalah untuk mengikuti beberapa cara membuat website dengan HTML versi 5 berikut ini antara lain:

  • Buat Rencana Desain Halaman Web

Sebelum web dibangun, harus dimulai dengan sketsa dari halaman web tempat bisnis yang Anda inginkan. Untuk membuatnya, maka Anda dapat menggunakan dulu alat manual berupa kertas dan setelahnya, Anda bisa mencoba menggunakan Photoshop. Membuat sketsa untuk halaman web ini bisa memberikan Anda gambaran tentang layout halaman web ini dan terlebih Anda bisa mencoba mencari tahu cara untuk mengatur tata letaknya. Sketsa juga akan membantu Anda lebih mudah lagi untuk mempersiapkan CSS dan HTML yang diperlukan.

  • Tentukan Konsep Website

Ada teknologi khusus yang ditawarkan oleh HTML5, di mana terdapat beberapa fitur yang akan memungkinkan Anda untuk dapat membagi beberapa bagian di dalam halaman. Nama elemen itu sesuai dengan adanya konten yang terdapat di bagian dalamnya. Contohnya Anda ingin membuat web tentang resep masakan. Di sini, Anda harus mengelompokkan beragam materi mengenai masakan di elemen “Section” yang di dalamnya ada sebuah atribut class yang terdapat nilai “Courses” yaitu untuk dapat membedakan dari elemen Section sebelumnya. Nantinya seluruh materi mengenai resep masakan ini ada di dalam elemen yang disebut dengan “Article” dan gunakan fitur “figure” serta “figcaption” untuk menambahkan gambar. Masing-masing judulnya tentu akan memiliki sub-judul dan itu dikelompokkan lagi dalam suatu elemen yang disebut dengan “Hgroup”. CSS akan menata dan mengelola halamannya.

  • Membuat skrip HTML

Di dalam bagian skrip, nantinya Anda bisa meletakkan skrip CSS yang digunakan untuk dapat mengatur bagian layout dari halaman website. Sementara skrip mengenai judul ini punya fungsi untuk dapat memberikan judul halaman untuk website itu. Masih ada pula skrip yang disebut dengan Wrapper dan fungsinya adalah untuk dapat membungkus semua elemen di halaman web dan disini Anda bisa mengatur setiap elemen yang ada dengan menggunakan CSS. Disini tugas utama Anda adalah memberikan judul halaman untuk web dan setelah itu menyediakan pula tempat bagi skrip CSS.

  • Membuat Header dan Nav

Header itu berfungsi sebagai tempat dari navigasi utama dan nama websitenya. Disini Anda menggunakan fitur nav untuk dapat membuat navigasi. Faktor ini dapat Anda gunakan dengan berbagai kebutuhan ketika membuat navigasi baik itu navigasi yang letaknya dalam footer maupun di bawah header. Tentukan judul dari halaman dan berikan pula daftar link untuk navigasi sebagai sebuah alat untuk memudahkan pengguna mengakses semua halaman web itu.

  • But artikel atau content website

Konten merupakan muatan yang ada di dalam setiap bagian halaman web yang semuanya bisa berdiri sendiri. Yang jelas, isinya adalah artikel atau tulisan blog. Bisa pula dalam bentuk posting forum maupun komentar. Bila halaman itu memiliki beberapa artikel yang berbeda, maka masing-masing dimasukkan ke dalam elemen “Article”. Anda bisa mencoba untuk meletakkan skrip di bawah bagian skrip header lebih tepatnya yang sebelumnya sudah dibuat.

Sementara itu elemen “Section” difungsikan untuk dapat mengelompokkan semua elemen dari konten yang Anda miliki dan masing-masing bagian tentunya memiliki judul berbeda-beda. Elemen “Figure” berguna untuk dapat memasukkan gambar sementara “Figcaption” ini kegunaannya adalah untuk dapat memberikan keterangan dari gambar itu. Tujuan dari elemen “Hgroup” adalah untuk dapat mengelompokkan satu hingga lebih elemen sehingga semuanya tetap memiliki judul tunggal.

  • Buatlah elemen Aside

Elemen ini akan menjadi tempat bagi konten yang saling berkaitan dengan semua halaman. Contohnya adalah elemen ini dapat berisikan link yang tersambung ke dalam halaman web yang lain, kotak pencarian, postingan terbaru maupun widget yang lain.

  • Buatlah elemen footer

Semua website memiliki footer dan gunanyaa adalah untuk memberikan Anda beragam informasi tambahan tentang website seperti halnya informasi mengenai hak cipta, link menuju halaman Privacy Policy dan yang lain. Sampai dengan tahapan ini, Anda sudah membuat berkas HTML namun masih belum ada skrip CSS beserta gambarnya. Setelah skrip CSS dibuat, maka website Anda sudah siap.

Sesungguhnya cara membuat website dengan HTML ini tidak begitu rumit sama sekali selama Anda mencoba mengikuti langkah-langkahnya dengan tepat. Website ini hanya ada satu halaman saja namun cukup rumit dan rawan terjadi kesalahan apabila Anda tidak berhati-hati dalam membuatnya. Anda juga bisa menambahkan halaman yaang lainnya dengan jalan melakukan duplikat dari halaman web yang telah Anda buat dan kemudian isinya bisa Anda ganti lagi dengan informasi lainnya. Anda harus pastikan untuk membuat website yang terbaik dan memudahkan semua pelanggan atau target Anda dalam mengakses situs tersebut dengan lancar untuk menemukan yang mereka butuhkan.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar