Cara Membuat Web Phising Dengan Mudah

Cara Membuat Web Phising Dengan Mudah

Sekarang ini begitu marak yang namanya penipuan online yang terjadi di berbagai macam e-commerce layaknya Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan sebagainya dengan menggunakan sistem web phising. Dapat dikarenakan bahwa teknik ini sangat berbahaya karena bisa mengambil alih akun Anda. Terkadang banyak orang juga ingin tahu cara membuat web phising karena bagi mereka lebih mudah untuk melakukan antisipasi dan bisa melindungi akun yang dimiliki.

Apa Itu Website?

Website adalah kumpulan halaman yang berhubungan satu dengan lainnya (istilahnya link antar halaman), website bisa dibuka melalui peladen (web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dsb).

Pada tahun 2021 ini keberadaan website sangat wajib bagi perusahaan, instansi, dan lembaga. Bahkan untuk pengembangan bisnis Anda, saat ini sangat dianjurkan untuk memiliki website agar bisa dijangkau oleh orang dari mana saja. Website adalah media promosi secara gratis yang jangkauannya tidak hanya Indonesia saja, melainkan juga luar negeri.

cara membuat web phising

Disclaimer

Artikel ini BUKAN mengajarkan Anda untuk membuat web phising, BUKAN memberi cara belajar phising atau tindakan kejahatan siber lainnya.

Artikel ini hanya memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa tindakan kejahatan bernama phising itu ada dan kami berikan Cara Mencegah agar tidak ada yang menjadi korban.

Apakah Cara Membuat Web Phising Itu Mudah?

Namun sesungguhnya yang menjadi incaran dari pihak yang melakukan phising ini bukan hanya situs e-commerce saja melainkan juga banyak sekali game yang bahkan dijadikan sasaran bagi pihak yang melakukan phising seperti PUBG, Free Fire, Mobile Legend dan sebagainya. Kemudian hasil yang diperoleh dari proses phising ini selanjutnya akan dijual kembali pada hacker. Hacker bisa mengambil data login dari akun pemilik. Namun apa sesungguhnya yang dimaksud web phising ini.

Saat ini, perkembangan teknologi makin pesat sehingga kasus cybercrime seperti kebocoran identitas pribadi banyak orang semakin sering Anda jumpai. Apa itu Web Phising? ini bisa dikatakan merupakan metode yang paling sering digunakan. Sebelum Anda tahu cara membuat web phising, pahami lebih dulu cara kerjanya sehingga Anda bisa melakukan pengamanan super ketat ditambah pula bisa mengantisipasi para hacker yang mencoba untuk melakukan tindakan yang merugikan.

Bagi mereka yang masih awam dengan istilah teknologi seperti ini tidak akan paham apa yang dimaksud dengan apa itu phising. Jika Anda mencarinya di mesin pencari dan membuka Wikipedia, maka Anda akan melihat bahwa pengertian dari phising adalah situs web yang telah dirancang secara khusus untuk melakukan beragam penipuan dengan mencuri informasi yang sensitif milik siapapun mulai dari kata sandi, nomor kartu kredit maupun data credentials yang lainnya. Web phising ini bisa sama dengan website yang asli.

Cara Kerja Web Phising

Para pelaku memiliki cara membuat web phising adalah bisa dengan menyerupai situs aslinya baik itu dari nama domain, segi tampilannya dan lainnya dengan tujuan untuk mengurangi tingkat kecurigaan dari calon korbannya. Tujuan yang paling utama mengapa ada pihak tidak bertanggung jawab yang membuat web phising ini adalah untuk dapat mengambil alih akun media sosial milik orang lain. Namun di luar negeri, seolah hacker jauh lebih canggih karena bisa melibatkan data credentials seperti layaknya akun bank pribadi maupun kartu kredit.

Cara kerjanya sebenarnya sangat sederhana dimana para pelaku seringkali mentargetkan website yang terkenal, populer maupun bonafit di kalangan para users contohnya adalah Facebook, Instagram, Twitter, Gmail dan sebagainya termasuk juga dengan situs pembayaran layaknya Gopay, Paypal, LinkAja dan sebagainya yang saat ini sedang terkenal, naik daun dan banyak digunakan oleh masyarakat. Setelah mereka mendapatkan target, maka para pembuat web ini akan membuat web palsu.

Mereka akan membuat web phising dengan menggunakan nama domain dan tampilan yang benar-benar mirip seperti aslinya yang mereka targetkan. Dengan menggunakan bekal kemiripan tersebut, maka web phising ini kemudian akan bekerja untuk menjaring para users maupun pengunjung yang datang melakukan login dimana login ini membutuhkan informasi yang sesungguhnya atau asli. Selanutnya, data yang sudah mereka masukkan itu tersimpan di dalam database yang digunakan untuk login menuju situs asli oleh para hacker yang menyebarkan web phising ini.

Cara Membuat Web Phising

Akun media sosial yang sangat sering terkena resiko phising ini memiliki ciri khusus dimana mereka sering melakukan postingan yang isinya adalah hal aneh, memunculkan link yang isinya tidak jelas, membuat status yang tidak biasa maupun melakukan penipuan yang terencana sebagai modusnya.

Sebenarnya cara membuat web phising itu tidak terlalu sulit, karena ternyata banyak komunitas hacker terbesar di Indonesia memberikan script webphising ini secara gratis.

Namun karena kebanyakan script itu menggunakan bahasa pemrograman php, artinya si pelaku harus membeli hosting 2021 yang mana digunakan untuk menyimpan file dan data hasil phisingnya.

Contoh Web Phising

Bagi kamu yang ingin melihat contoh web phising untuk informasi, bisa langsung lihat script phising 2021 pada tampilan sebagai berikut.

Download Script Web phising 2021
Download Script Web phising 2021
Pada gambar diatas terlihat tampilan login seperti milik google, padahal bukan. Jadi, Anda harus lebih waspada terhadap formulir login yang terlihat meyakinkan ya. Harus di cek terlebih dahulu pada domain yang digunakan, apakah situs asli atau bukan.

Untuk memiliki web pising, si pelaku kejahatan siber ini harus mengeluarkan sedikit modal (uang) yakni dengan membeli Domain dan Hosting. Alasannya karena script seperti ini harus dipasang pada sebuah server hosting, kemudian domain agar dapat mengakses kedalam hosting tersebut.

  1. Beli hosting di Niagahoster, agar hemat silahkan klik Promo Hosting Gratis Domain Oktober 2021. Jika membeli lewat promo tersebut, maka tidak perlu beli domain karena sudah mendapatkan Domain Gratis.
    Apa Itu Niagahoster?

    Niagahoster adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang penyedia server hosting dan domain yang mulai beroperasi pada tahun 2014, hingga saat ini niagahoster masih konsisten memberikan layanan terbaik yakni hosting murah 2021.

  2. Pastiin dulu kamu sudah menyelesaikan pembayaran di niagahoster, lalu akan mendapatkan email berupa data cPanel.
  3. Login ke cPanel yang sudah dibeli itu.
  4. Maka server hosting siap digunakan.
Apa Itu CPanel?

cPanel adalah salah satu alat pengaturan atau control panel untuk web hosting dengan basis linux yang menyuguhkan GUI (graphical user interface) serta tools otomatis, semua fitur yang tersedia pada cPanel akan sangat membantu dan memudahkan dalam proses mengontrol server hosting untuk keperluan website.

Ciri-Ciri Web Phising

Sebenarnya ada pula beberapa ciri dari web phising yang dapat Anda cari tahu. Pertama, Anda bisa melihat dari bagian ekstensi sekaligus nama domainnya. Anda harus tahu bahwa domain ini sesungguhnya merupakan alamat yang unik dan biasanya hanya terdapat satu di seluruh dunia untuk satu perusahaan atau individu sehingga dengan kata lain, tidak akan pernah ditemukan nama domain yang sama bahkan di seluruh dunia. Jika ada nama domain yang sama ditemukan atau mirip, maka bisa jadi salah satunya yakni website phising.

Anda juga bisa memperhatikan ekstensi domain yang mereka gunakan dan biasanya situs populer itu menggunakan ekstensi berupa Top Level Domain atau TLD .com maupun .id apabila situs itu terdapat di Indonesia atau dalam negeri. Kemudian, Anda juga dapat memperhatikan bagian copywritingnya yang terdapat di dalam halaman untuk login. Web phising ini seringkali menggunakan kata-kata yang berlebihan dan juga terdengar memaksa. Di dalam beberapa kasus, bahkan Anda juga dapat menjumpai kata-kata yang bisa memacu adrenalin.

Selalu waspada terhadap apapun yang mewajibkan Anda untuk login, maksudnya Anda diminta memberikan informasi pribadi seperti email, password, ID, atau lainnya. Pastiin jika alamat domain website yang digunakan untuk login itu bukan domain yang aneh-aneh.

Hal ini akan mendorong Anda lebih keras lagi untuk dapat mengisi informasi yang mereka butuhkan. Inilah cara membuat web phising yang sebaiknya tidak perlu untuk ditiru namun Anda harus tahu untuk menemukan langkah antisipasi pencegahannya.

Perhatian !!

Harus waspada terhadap tindak kejahatan web phising, karena pada Oktober 2021 ini tidak sedikit yang menjadi korban. Karenanya, Anda harus selalu berhati-hati dan selalu waspada.

Baca Juga

29 Comments

    1. Membuat web phising sendiri sebetulnya tidak terlalu rumit, tutorial cara membuatnya juga sudah ada. Tapi seperti membuat website pada umumnya, kamu juga harus menyiapkan Hosting terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Membuat Web Phising Dengan Mudah