Cara Membuat Toko Online Menggunakan WordPress

Kehadiran internet memang memudahkan berbagai macam aspek kehidupan, termasuk dalam berjualan. Kalau dulu membuka toko hanya bisa offline dengan promosi terbatas, saat ini membuka toko juga bisa melalui offline dan online. Jangkauan pasar juga bisa lebih luas, terlebih lagi pilihan jasa ekspedisi juga sudah banyak. Kalau mau tahu mengenai cara membuat toko online, baca ulasan ini sampai selesai.

cara membuat toko online

Marketplace vs Toko Online

Dalam berbisnis secara online, Anda sebenarnya bisa memilih berjualan melalui marketplace atau membuka toko online sendiri. Keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kalau Anda mau membuka keuntungan sebanyak mungkin, bisa mencoba keduanya. Berikut kelebihan dan kekurangan marketplace dengan toko online sebagai bahan pertimbangan Anda.

Kelebihan Menggunakan Marketplace

Ketika Anda berjualan di marketplace, Anda akan memperoleh beberapa keuntungan sebagai berikut.

  • Relatif lebih mudah untuk dimulai
  • Modal yang diperlukan relatif kecil
  • Sistem jual-beli sudah dibuat dengan baik
  • Pasar sudah terbentuk
  • Strategi marketing, seperti promo dan program lain sudah ada dari marketplace

Kekurangan Menggunakan Marketplace

Ada kelebihan, tentu juga ada kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan dari menggunakan marketplace untuk berjualan.

  • Persaingan dengan kompetitor begitu ketat
  • Margin keuntungan terbatas karena mau tidak mau Anda harus perang harga
  • Tidak bisa re-targeting ke pelanggan yang sama sebab datanya dimiliki marketplace
  • Kurang optimal untuk branding
  • Pasar terbatas meski sudah terbentuk

Selain marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak, alternatif lain untuk berjualan secara online adalah dengan membuka toko online sendiri. Sebelum beranjak ke pembahasan cara membuat toko online, mari ketahui dulu kelebihan dan kekurangan berjualan di toko online.

Kelebihan Berjualan di Toko Online

Beberapa kelebihan yang akan Anda peroleh ketika membangun toko online adalah sebagai berikut.

  • Kendali penuh ada pada Anda sebagai pemilik toko
  • Margin keuntungan lebih besar karena tidak perlu perang harga
  • Lebih mudah untuk re-targeting sebab data konsumen ada pada Anda
  • Lebih leluasa untuk branding bisnis yang tengah dijalankan
  • Pasar yang dituju bisa lebih luas, bahkan pasar global

Kekurangan Berjualan di Toko Online

Bukan hanya kelebihan di atas, beberapa kekurangan berjualan di toko online ini juga perlu Anda pertimbangkan.

  • Investasi yang dibutuhkan cukup besar untuk membangun website hingga branding
  • Anda harus mandiri dalam pengelolaan toko, termasuk iklim jual-belinya
  • Dibutuhkan kreativitas untuk melakukan promosi
  • Pasar belum terbentuk dengan baik, sebaik pada marketplace

Cara Membuat Toko Online Sendiri

Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan marketplace vs toko online sebagai pertimbangan Anda untuk berjualan. Terkait dengan cara membuat toko online, selengkapnya pada uraian di bawah ini..

1. Memesan Hosting dan Domain

Untuk membuat toko online, Anda harus memesan hosting dan domain terlebih dahulu. Layanan pemesanan hosting dan domain saat ini sudah banyak tersedia. Mulai dari yang murah hingga mahal juga ada. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

2. Menginstal Program yang Diperlukan

Jika urusan hosting dan domain sudah beres, selanjutnya menginstal program-program yang Anda perlukan. Beberapa program yang sebaiknya Anda pasang adalah WordPress, plugin Woocommerce, serta tema.

Untuk menginstal WordPress, masuk dulu ke ke cPanel hosting Anda. Setelah berhasil, klik menu WordPress, kemudian Install Now. Pilih nama domain di kolom Choose Domain yang terletak di bagian Software Setup. Tuliskan nama dan deskripsi toko online Anda, serta username dan kata sandi WordPress. Setelah itu klik Install.

Sekarang Anda perlu menginstal plugin WooCommerce. Klik menu Plugins, kemudian Add New, dan ketikkan WooCommerce di kolom pencarian. Klik Activate untuk mengaktifkan plugin tersebut.

Kalau Anda mau tampilan situs Anda lebih menarik, Anda bisa mengganti temanya. Akses dulu halaman admin WordPress Anda, kemudian klik Appearance, lalu klik Themes, dan klik Add New. Ketikkan nama template yang ingin Anda pilih di kolom pencarian, dan aktifkan dengan klik pilihan Activate.

3. Mengatur Website

Supaya tampilan toko online Anda semakin tampak kredibel, langkah berikutnya dalam cara membuat toko online adalah mengatur website. Anda bisa memilih menu Settings, kemudian pilih submenu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk mengatur WooCommerce, klik tombol Run the Setup Wizard. Isikan semua detail terkait toko Anda, lalu klik Let’s Go!. Tentukan juga jenis dan metode pembayaran kemudian klik Continue.

Setelah pengaturan website dan WooCommerce sudah selesai, Anda bisa mulai menambahkan produk. Klik menu Products, kemudian Add New, lalu tuliskan judul dan deskripsi produk tersebut. Supaya memudahkan pelanggan dalam pencarian, klik +Add New Category, kemudian tambahkan nama kategori produk. Di bagian bawah editor, Anda bisa menambahkan harga produk.

Anda juga bisa menambahkan kode barang di kolom SKU pada menu Inventory. Klik Enable stock management at product level supaya jumlah stok produk bisa ditampilkan. Untuk jumlah stok bisa diisi di Stock Quantity.

Tambahkan ukuran dan berat produk di kolom Shipping Anda. Kalau mau menambah deskripsi singkat, bisa di kolom Product short description. Deskripsi tersebut akan tampil di halaman yang berisi beberapa daftar produk toko. Tidak kalah penting untuk menambahkan gambar dari produk Anda dengan cara klik Add product gallery images. Kalau sudah, klik Publish.

Kalau ingin tampilan toko lebih menarik, Anda juga bisa mengatur halaman utama. Klik menu Pages kemudian Add New dan isi judul halamannya. Pilih Homepage di submenu Page Attributes lalu klik Publish. Untuk pengaturan lainnya, bisa Anda sesuaikan dengan keinginan ya.

4. Mengembangkan Toko Online

Toko online Anda sekarang sudah menampilkan berbagai produk yang dijual. Tidak cukup sampai di situ, berikan juga penambahan fitur-fitur penting pada toko online Anda. Misalnya saja menambahkan halaman kontak supaya pelanggan lebih mudah untuk menghubungi Anda.

Untuk memudahkan mesin pencari melakukan indeks pada produk toko, lakukan verifikasi website ke Google Webmaster dan Bing Webmaster. Pastikan juga keamanan dan kecepatan toko terjamin dengan melakukan optimasi keduanya.

Tips Penting Membuat Toko Online

Dari uraian di atas, Anda telah mengetahui cara membuat toko online. Supaya toko bisa bekrja optimal, coba terapkan beberapa tips penting dalam membuat toko online berikut.

  • Kalau Anda memakai jasa penyedia pembuatan website, gunakan penyedia jasa yang kredibilitasnya sudah terjamin.
  • Sebelum meluncurkan toko online ke masyarakat luas, Anda bisa melakukan uji coba untuk melihat ada yang kurang atau tidak.
  • Menambahkan kontak dan media sosial resmi ke toko Anda agar pelanggan tidak sulit menghubungi Anda.
  • Tujuan utama adanya toko online memang untuk memudahkan transaksi. Akan tetapi agar pengunjung tidak kesulitan saat membuka situs, buatlah situs tersebut user friendly.
  • Manfaatkan media sosial sebagai tempat promosi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Kalau Anda masih pemula dalam berjualan, Anda bisa memanfaatkan dulu marketplace dan media sosial sebelum membuat toko online. Setelah bisnis Anda sudah bisar, Anda bisa menerapkan cara membuat toko online yang ada di ulasan ini.

Tinggalkan sebuah Komentar