Cara Membuat Toko Online di Blogspot Untuk Usaha Baru Kamu

Saat ini bisnis online semakin populer karena bisa dibangun bahkan dengan modal yang paling kecil sekalipun. Namun ada juga tempat yang gratis untuk memulai bisnis toko online ini apabila Anda masih mencoba untuk meningkatkan penjualannya. Anda bisa mencari cara membuat toko online di Blogspot sebagai permulaan. Jika bisnis yang Anda miliki telah berkembang, maka Anda bisa beralih ke platform atau website yang berbayar sehingga menjadi lebih bonafit lagi.

cara membuat toko online di blogspot

Cara Membuat Toko Online di Blogspot

Mereka yang memiliki modal terbatas atau kecil seperti pemilik UMKM namun ingin berbisnis biasanya akan mulai membangun toko onlinenya dengan website yang gratis lebih dulu. Meskipun banyak sekali anggapan bahwa bisnis yang dibangun di website gratis itu tidak terpercaya dan ada indikasi penipuan, namun dengan sedikit promosi dan dukungan, jelas Anda bisa tetap mendapatkan pelanggan. Anda hanya perlu tahu cara membuat toko online di Blogspot sehingga bisa membangun toko online dan bergerak dengan cepat.

Namun sebelum benar-benar membangun toko online dengan menggunakan Blogspot, Anda harus mengetahui apa sesungguhnya Blogspot ini. Blog itu disusun dari dua kata yaitu Web yang artinya merupakan jaringan sementara kata log merupakan catatan. Blog dapat diartikan sebagai kumpulan catatan yang dipamerkan atau dipublikasikan dengan cara online. Sementara itu Blogspot memiliki definisi layanan dengan basis web 2.0 yang diluncurkan oleh Google dan disediakan tanp bayar atau gratis untuk semua pengguna internet.

Blogspot sendiri punya fungsi untuk menjadi media dokumentasi dan publikasi online layaknya publikasi tips, informasi, cerita, berita, dokumentasi audio visual dan sebagainya. Saat ini pun sudah banyak sekali template bisnis online yang disediakan gratis bahkan bisa dipasang atau diinstal langsung pada Blogspot. Ini menjadikan lebih banyak orang punya kesempatan untuk membangun toko online mereka sendiri dengan mudah secara gratis tanpa bayar sebagai permulaan yang baik.

Step by Step Cara Membuat Toko Online di Blogspot

Setelah mengetahui pengertian dari Blogspot, maka langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengetahui langkah demi langkah cara membuat toko online di Blogspot dengan lancar tanpa ada masalah dan inilah beberapa caranya yaitu:

1. Masuk ke blogspot

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka browser guna mengakses blogger yang dimiliki oleh Google ini dan kunjungi alamat blogger.com dan masukkan akun email milik Anda yaitu akun gmail dan password.
  • Pilihlah menu Blog Baru yang ada di bagian atas sebelah kiri dan kemudian masukkan judul dari toko online yang Anda ingin buat beserta dengan alamat dari toko online itu. Setelah melakuknnya, maka ini artinya toko online yang Anda punya sudah berhasil Anda buat dengan menggunakan Blogspot.

2. Memiliha template toko online

  • Untuk menginstal template, Anda harus memilih menu Template (tema) yang posisinya ada di bagian kiri untuk dapat segera memulai proses pemasangan templatenya.
  • Pilihlah menu Pulihkan atau Cadangkan yang letaknya di bagian atas sebelah kanan
  • Setelah menu Restore dan Upload di dalamnya muncul, maka Anda bisa menekan uploud dan kemudian memilih template yang hendak Anda instal dan tersimpan di dalam disk drive PC milik Anda.
  • Kemudian tekan Open untuk dapat memulai proses mengunggah template dari toko online Anda. Setelah proses mengungah itu berakhir, maka tampilan dari toko online itu akan berubah sesuai dengan template yang Anda pilih.

3. Membuat halaman baru

  • Ketika membuat halaman baru untuk toko online, maka Anda harus mengorganisir lagi kategori template yang masih belum rapi supaya lebih terstruktur dan halamannya akan berisi seluruh informasi produk yang penting untuk konsumen, misalkan Anda ingin membuka bisnis toko online sepatu maka Anda harus membuat kategori untuk sepatu anak, sepatu wanita atau pria.
  • Guna mengatur semua kategorinya, maka Anda pun harus memilih menu yang berjudul Template dan kemudian tekan lagi Edit HTML sehingga Anda akan diarahkan masuk ke halaman yang isinya merupakan kode html template dari toko online tersebut.
  • Kemudin Anda bisa klik di sembarang tempat pada kode html ini dan selanjutnya tekan lagi tombol shortcut yaitu CTRL+F tepat di dalam keyboard guna mencari kode kategori itu
  • Gantilah kata fitur yang ada di dalamnya dengan sepatu pria atau wanita sesuai dengan kategori toko online Anda dan kemudian ubah pula sub menu dalam sitemap 1 dan 2 sekaligus tag styling dengan adanya sub kategori yang telah Anda siapkan.

4. Mengatur navigasi

  • Untuk dapat mengatur bagian navigasi toko online di dalam halaman website, maka Anda bisa memilih menu Template dan kemudian klik shortcut yaitu CTRL+F pada keyboard Anda dan kemudian ketik Disclaimers.
  • Ubah kembali kata itu menjadi panduan untuk membeli atau cara membeli dan kemudian ubah lagi judul dan selanjutnya tekan Save Template. Anda harus tahu bahwa navigasi untuk kategori toko online masih belum bekerja sepenuhnya karena url atau link masih belum disalin dalam kode html.
  • Ketika membuat halaman, maka ada beberapa fungsi berbeda seperti About yang mengindikasikan halaman itu dibuat dengan isi beragam jenis informasi penting mengenai toko online itu.
  • Ada pula halaman Contact yang isinya adalah informasi untuk menghubungi toko online Anda sehingga memudahkan konsumen untuk berkomunikasi.
  • Terdapat pula halaman Sitemaps yang isinya adalah halaman peta yang memiliki fungsi untuk dapat memudahkaan mesin pencari menemukan yang dibutuhkan.
  • Bila ingin membuat toko online di halaman yang baru, maka cobalah untuk memilih Laman Baru dan isi judulnya termasuk tambahkan informasi penting mengenai produknya dan profil mengenai toko online Anda.
  • Bila ingin menambahkan gambar, maka tekan menu Insert Image dan pilih gambar atau foto yang telah Anda simpan di komputer dan tekan Open. Gambar pun akan segera terunggah.

5. Membuat url untuk produk

  • Untuk dapat menyalin semua url di halaman website, maka Anda bisa mengarahkan kursor pada judul halamannya dan kemudian klik kanan pada menu Lihat dan selanjutnya tekan Copy alamat atau link address.
  • Ubah semua tanda pagar yang terdapat pada kode html dan selanjutnya tekan lagi Save Template.
  • Ketika akan memposting produk dari toko online yang Anda miliki, cobalah untuk memilih menu yang disebut Pos yang letaknya di Dashboard dan kemudian tekan Buat Entri Baru dan pilih tanda berbentuk kotak dengan simbol pensil.
  • Isi bagian judul blog menggunakan nama produk maupun kode produk dan selanjutnya sisipkan foto maupun gambar produknya dengan jalan menekan Insert Image dan pilihlah file dan tekan Open.
  • Setelah mengunggah foto, maka tekan foto dengan memilih menu Add Selected supaya terunggah pada kolom postingan.
  • Bila semua informasi dari postingan itu telah tersusun dengan rapi dan kategori semua produknya telah ditentukan, maka Anda bisa menekan Publikasi.

Dengan mengikuti beberapa cara membuat toko online di Blogspot ini dengan mudah, maka Anda pun bisa memiliki usaha online yang selama ini Anda impikan dan bebas untuk mengeditnya dengan mudah di dalam Blogspot, bahkan untuk pemula yang tidak terlalu mahir dalam komputer karena semua fiturnya cepat dipahami.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar