Cara Membuat Tanda Tangan Digital yang Sulit Dipalsukan

Cara Membuat Tanda Tangan Digital yang Sulit Dipalsukan

Sudah bukan zamanya lagi urusan pekerjaan harus terhambat atau menjadi lebih sulit dan ribet disebabkan oleh tanda tangan. Sebab di era yang serba digitalisasi seperti ini segala urusan bisa menjadi sangat mudah dengan tanda tangan online. Sebagai contoh jika seseorang yang dibutuhkan tanda tangannya sedang berada diluar kota, maka alternatif terbaik ialah dengan membuat tanda tangan digital.

Beberapa perusahaan, lembaga pendidikan, pemerintahan, dan lain sebagainya juga sudah mulai menggunakan cara ini untuk mempermudah segala urusan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, dimana tatap muka atau bertemu dengan banyak orang menjadi sesuatu yang sangat dihindari.

Untuk bisa membuat tanda tangan digital sebetulnya tidak terlalu sulit, prosesnya juga bisa sangat cepat. Bahkan ada beberapa pilihan atau cara yang bisa Anda lakukan yakni secara offline maupun online, baik yang berbayar atau yang gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Jenis Tanda Tangan Digital

Sebelum membahas tentang cara membuat tanda tangan digital yang bisa dilakukan secara offline maupun online, perlu digarisbawahi bahwa ada beberapa jenis tanda tangan digital yang berbeda-beda. Setidaknya ada tiga jenis yang paling sering dijumpai, dari ketiganya cara membuat dan tingkat keabsahannya pun berbeda. Ager lebih jelas berikut ialah jenis tanda tangan digital dan berbagaimacam perbedaannya.

  • Simple, ini meruapakan jenis tanda tangan yang paling mudah dibuat. Bentuknya sama persih dengan tanda tangan basah atau yang menggunakan tinta. Tanda tangan jenis ini juga sangat mudah diduplikasi dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Basic, tanda tangan ini dibuat sudah menggunakan metode asymmetric cryptography sehingga terlihat sangat berbeda sekali dengan jenis tanda tangan simple. Asymmetric cryptography ialah sebuah teknologi kunci digital yang hanya bisa diketahui oleh pemiliknya saja, dalam hal ini ialah yang memiliki tanda tangan. Namun sayangnya prose pembuatan tanda tangan basic belum melalui verifikasi identitas dan 2-factor authentication.
  • Advanced & Qualified, ini yang paling sering digunakan di berbagai kementerian, sifatnya juga sangat resmi dan legal. Untuk membuat tanda tangan ini biasanya harus bekerjasama dengan platform lain dan tidak gratis, atau Anda juga bisa coba untuk menghubungi kominfo.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Kita akan memulainya dengan step by step, mengulas tentang cara membuat tanda tangan digital yang paling mudah terlebih dahulu yakni jenis simple.

Menggunakan mesin scan

Cara seperti ini sangat tidak direkomendasikan untuk menandatangani dokumen-dokumen penting, sebab tingkat keabsahannya masih bisa diragukan. Namun seperti yang kita ketahui, bahwa scan tanda tangan ialah cara yang paling mudah. Untuk lebih jelasnya berikut ialah langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Buat tanda tangan di atas kertas kosong.
  • Kemudian scan tanda tangan tersebut menggunakan mesin scanner.
  • Simpan file scan tanda tangan dengan format JPG.
  • Edit dan hilangkan background tanda tangan tersebut, kemudian save dalam bentuk PNG.
  • Copy paste file tanda tangan dengan format PNG tersebut di setiap dokumen yang ingin Anda tanda tangani.

Menggunakan PDF

Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan proses scan dan mengedit file tanda tangan, cara tanda tangan di pdf ini bisa saja menjadi solusi yang paling tepat. Tidak banyak orang yang tau, bahwa ternyata melalui aplikasi Adobe Acrobat Reader Anda bisa meletakan tanda tangan secara langsung di file PDF. Langkah atau prosesnya ialah seperti berikut:

  • Langkah pertama silahkan buka file PDF yang ingin Anda tanda tangani.
  • Kemudian klik “Fill & Sign” yang letaknya berada di sebelah kanan layar laptop atau komputer.
  • Klik “Sign“ dan diteruskan untuk memiilih “Add Signature“.
  • Dimenu selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih metode pembuatan tanda tangan. Pilihannya yakni ada Type, Draw, dan Image.
  • Letakan tanda tangan yang sudah selesai dibuat sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Pembuatan tanda tangan telah selesai, kini Anda tinggal mengsave file PDF tersebut.

Menbuat secara online

Banyak orang lebih memilih membuat tanda tangan digital dengan cara online. Kenapa demikian? Tak lain sebab cara ini memanglah yang paling praktis dan mudah, asalkan memiliki akses internet tentu siapa saja bisa menerapkan cara membuat tanda tangan di word.

Ada beberapa website yang menyediakan jasa pembutan tanda tangan secara online, baik yang berbayar maupun yang gratis. Dan berikut ialah nama website yang bisa Anda kunjungi untuk membuat tanda tangan digital.

CreateMySignature

Jika sudah berada di laman CreateMySignature silahkan Anda pilih “Draw Signature”. Halaman untuk menulis tanda tangan pun akan muncul, Anda bisa menggerakan mouse untuk membuat tanda tangan. Agar memperoleh hasil yang maksimal sangat disarankan menggunakan stylus pen. Langkah terakhir silahkan klik “save” dan “download”.

Online Signature

Setelah mengunjungi website Online Signature Anda akan diminta untuk mengunggah file yang akan di tanda tangani dengan cara klik menu “Browse Files”, kemudian “Choose File”. Kemudian tulis nama dan alamat email milik Anda di kolom yang sudah disediakan, jika sudah silahkan pilih menu “Send Signature Request” maka secara otomatis file yang siap ditanda tangani akan di kirim ke alamat email tersebut.

Approve Me

Ini merupakan salah satu website berbayar dengan fitur yang sangat lengkap untuk membuat tanda tangan digital. Meskipun demikian Approve Me juta tetap menyediakan versi yang gratis, caranya yakni setelah mengunjungi websitenya silahkan Anda pilih menu “Resources” kemudian klik “online signature creator”.

Membuat tanda tangan digital tersertifikasi

Ini merupakan jenis tanda tangan digital yang sangat legal, dan keabsahannya juga tidak diragukan lagi. Bentuk tanda tangan yang sudah tersertifikasi juga tidak sama dengan tanda tangan basah, hanya berupa kode saja. Tanda tangan jenis ini juga bisa di cek keasliannya atau diverifikasi melalui situs kominfo, jika tanda tangan itu asli maka akan muncul nama pemilik dan waktu penandatanganan serta informasi yang lainnya.

Nah, jika Anda juga ingin menggunakan tanda tangan digital yang sudah tersertifikasi, ada beberapa rekomendasi dari Kominfo terkait situs penyedia yang bisa digunakan. Contoh tanda tangan yang telah diterapkan baik dari lembaga instansi maupun non instansi seperti berikut ini.

  • Vida (PT Indonesia Digital Identity).
  • Djelas (PT Djelas Tandatangan Bersama).
  • Tilaka (PT Tilaka Nusa Teknologi).
  • Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia)
  • Digisign (PT Privy Identitas Digital).
  • Govca (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).
  • Privy (PT Solusi Net Internusa).
  • Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara.

Itulah ulasan tentang berbagaicara membuat tanda tangan digital yang bisa Anda lalukan, tinggal pilih saja salah satunya mana cara yang menurut Anda paling mudah. Namun jika ingin diakui legalitasnya, maka sebaiknya gunakan tanda tangan digital yang sudah menggunakan teknologi atau metode asymmetric cryptography.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Membuat Tanda Tangan Digital yang Sulit Dipalsukan