Cara Membuat Sitemap Untuk Website Anda di Mesin Pencari

Cara Membuat Sitemap Untuk Website Anda di Mesin Pencari

Sitemaps itu adalah kumpulan beragam jenis informasi yang terdapat di dalam situs yang akan memutar begitu banyak URL atau link yang terdapat di dalam website Anda. Sitemap memiliki fungsi penting yaitu digunakan sebagai peta untuk mesin pencari sehingga bisa cepat dalam melakukan index URL yang baru di dalam website Anda. Cara membuat sitemap mungkin tidak segampang yang dibayangkan karena banyak detail yang perlu diperhatikan namun bukan berarti seseorang harus jadi programmer untuk membuatnya karena diberikan informasi dengan lengkapnya disini.

cara membuat sitemap

Apa itu Sitemap dan Seperti Apa Cara Membuat Sitemap?

Di dalam sitemaps ini bukan hanya ada link atau URL saja melainkan terdapat pula metadata dan ini merupakan informasi yang nantinya akan memuat kapan Anda melakukan update website terakhir kali dan juga seberapa sering website ini diupdate. Dikarenakan terdapat Sitemap inilah, mesin pencari layaknya Yandex, Bing, Google dan lainnya dapat menemukan setiap link yang ada di dalam blog atau website yang Anda buat dengan begitu mudah dan nanti akan memberikan dampak pada cepat atau tidaknya indeks konten yang dilakukan halaman pencari.

Dengan kata lain, Sitemaps ini benar-benar merupakan hal yang sangat penting untuk melakukan optimasi SEO atau Search Engine Optimization. Sebelum Anda mencari tahu cara membuat sitemaps yang penting untuk situs Anda, akan lebih baik jika Anda tahu dulu bahwa sesungguhnya sitemaps ini terbagi menjadi kategori berbeda yaitu HTML Sitemapsdan juga XML Sitemap. Meskipun terlihat sama, namun keduanya berbeda dimana XML ini lebih ditujukan untuk search engine seperti Google.

Sementara itu, HTML ini ditujukan untuk para user situs atau website dan berikut ini penjelasan singkat mengenai kedua kategori sitemap yang ada antara lain:

  • HTML Sitemap

Seperti yang disebutkan sebelumnya, HTML sitemap ini lebih ditujukan untuk para pengguna atau user. HTML akan memberikan pengguna navigasi yang jauh lebih sederhana dan mudah untuk dipahami. Sitemaps ini pun memberikan pengarahan bagi para user untuk dapat mengunjungi halaman Shopping Cart maupun Contact Us dan sebagainya dengan mudah. Tidak perlu Anda ragukan lagi jika HTML sitemap ini bukan hanya dibuat untuk para user melainkan mampu menaikkan ranking dari situs sehingga bisa muncul di bagian atas mesin pencari sebab website yang Anda miliki ini jauh lebih mudah untuk diakses.

  • XML Sitemap

Seperti yang juga telah disinggung sebelumnya jika XML ini sesungguhnya lebih ditujukan untuk Search Engine atau mesin pencari layaknya Google dan sebagainya. Selain itu, XML ini pun isinya adalah metadata plus URL website.

Baik XML maupun HTML ini akan memberikan kemudahan untuk mesin pencari dalam mengeskplor halaman. Keduanya begitu direkomendasikan untuk digunakan semuanya karena dengan demikian, Anda tidak akan pernah kehilangan beragam jenis faktor penting yang ada kaitannya dengan SEO dan akan memberikan jaminan untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal bagi pengguna. Tidak peduli apakah situs yang Anda jalankan ini merupakan blog, situs baru maupun populer, sitemap benar-benar diperlukan oleh website.

Cara Membuat Sitemap Dengan Plugin XML

Sitemaps sangat penting untuk website dan untuk blog yang masih baru dan tidak begitu punya banyak sekali backlink, sitemaps ini akan memberikan bantuan dalam melakukan indeks halaman webnya. Cara membuat sitemap pun berbeda-beda setiap kebutuhan dan sebagai permulaan, maka cobalah untuk membuat sitemaps ini untuk WordPress yang terkenal di kalangan blogger. Terdapat beragam cara untuk dapat membuat XML sitemaps untuk wordpress ini dan salah satunya dengan SEO Yoast.

  • Menggunakan Yoast SEO

Ini adalah plugin yang terkenal dan sering digunakan untuk meningkatkan SEO di sebuah situs blog maupun WordPress. Fungsi dari plugin ini adalah untuk dapat mengatur seluruh aspek teknis yang ada kaitannya dengan konten dan bisa membantu untuk mentafsirkan tag H1 dan juga H2 maupun keyword density sehingga bisa dibaca atau tidak. Inilah beberapa metode untuk memasukkan XML sitemap ke dalam blog WordPress menggunakan Yoast SEO ini antara lain:

  1. Pasang dan coba aktifkan lebih dulu WordPress SEO dari Yoast plugin ini
  2. Setelah mengaktifkan plugin, maka cobalah lihat SEO dan kemudian cari kata Features dan selanjutnya aktifkan Advanced Setting Pages
  3. Ini merupakan fitur yang dapat mengaktifkan XML sitemap yang digunakan di dalam WordPress Anda. Halaman baru dari XML Sitemap ini akan langsung terlihat di bawah menu SEO. Di dalamnya, pengguna dapat mengontrol beragam jenis pengaturan seperti halnya exclude prticular post maupun page dari sitemaps bahkan juga max entries dan sebagainya. Disini Anda sama sekali tidak harus melakukan perubahan apapun kecuali Anda ingin custom WordPress Sitemaps.
  4. Di dalam langkah ini, Anda akan diarahkan untuk membuat XML Sitemap dengan mengandalkan plugin itu. URL sitemap untuk WordPress ini bisa dilihat di Your XML Sitemap.

Selain dengan plugin itu, XML Sitemap ini juga dapat dibuat dengan menggunakan fitur Google XML Sitemap di dalamnya. Plugin ini bisa digunakan untuk dapat membuat mesin pencari lebih mudah lagi dalam mengeksplor website yang Anda miliki. Menggunakan plugin ini adalah metode yang paling mudah untuk dapat membuat sitemaps bahkan bukan hanya Google saja melainkan juga beragam jenis mesin pencari serupa yang lainnya seperti Bing, Yahoo maupun Ask. Sistem ini akan menjadikan sitemaps untuk seluruh custom URL maupun seluruh halaman WordPress.

  • Menggunakan Fitur Google XML Sitemap

Plugin ini nantinya mengirimkan notifikasi secara otomatis ke semua mesin pencari utama ketika konten baru dimuat dan ini caranya antara lain:

  1. Pasang dan kemudian aktifkan dulu plugin tersebut yang asalnya dari WordPress plugin directory resmi
  2. Setelah mengaktifkannya, maka plugin ini akan memunculkan sitemaps secara otomatis untuk situs Anda
  3. Guna melihat semua sitemaps URL WordPress milik Anda, maka cobalah membuka halaman konfigurasi plugin dengan cara menekan Setting dan pilih XML Sitemap. Pada halaman ini, Anda bisa melakukan beberapa perubahan pada pengaturan seperti exclude content.

Cara Membuat Sitemap Dengan HTML dan Submit ke Mesin Pencari

Selain dengan XML, cara membuat sitemaps juga dilakukan dengan menggunakan HTML Sitemap dan inilah beberapa metodenya antara lain:

  • Pasang dan kemudian aktifkan plugin ini pada WordPress Anda
  • Buatlah new page atau halaman baru dan kemudian coba menambahkan kode [wp_sitemap_page] dimana Anda menginginkan Sitemaps ini terlihat.
  • Publish halaman tersebut dan kemudian kunjungi URL-nya untuk dapat melihat sitemap

Setelah membuat XML Sitemaps, maka Anda harus submit sitemaps ini pada mesin pencari Google dengan tujuan untuk melakukan verifikasi sebagai pemilik situs dan inilah metodenya:

  • Membuka halaman Google Search Console dan kemudian pilih situs Anda
  • Selanjutnya tekan Crawl dan memilih menu Sitemaps untuk kemudian Anda menekan Add/Test Sitemap
  • Masukkan URL dari WordPress sitemap dan kemudian tekan Submit. Mesin pencari ini tidak akan bisa dengan cepat memproses sumbission dan membutuhkan waktu beberapa hari untuk dapat melakukan eksplor halaman dari situs yang Anda miliki.

Inilah cara membuat sitemap yang Anda butuhkan apabila memiliki website dan ingin pula mengoptimalisasikannya di dalam mesin pencari dan dengan demikian, situs menjadi menarik.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Membuat Sitemap Untuk Website Anda di Mesin Pencari