Cara Membuat QR Code Menggunakan Laptop dan Smartphone

Cara Membuat QR Code Menggunakan Laptop dan Smartphone

QR Code merupakan pembaruan dari teknologi barcode. Kode ini dapat menyimpan data yang lebih besar dari pada barcode atau kode batang. Biasanya, hal tersebut digunakan untuk keperluan registrasi dan bisnis, cara membuatnya pun sangat mudah dan dapat dibuat sendiri.

Kode QR pertama kali dicetuskan oleh Denso Wave pada tahun 1994 karena kebutuhan terhadap alat pemindai yang mampu merespons dengan cepat. Awalnya kode ini hanya digunakan untuk melacak kendaraan di bagian manufaktur, tetapi saat ini penggunaannya sudah meluas di seluruh dunia.

Cara kerjanya sebetulnya sangat sederhana, yakni kode difoto menggunakan kamera perangkat yang telah disambungkan ke aplikasi pemindai kode. Kemudian perangkat akan menerima informasi dari tautan alamat web yang telah diubah ke dalam kode. Di Indonesia, kode ini pertama kali digunakan untuk memudahkan pembaca membaca berita dalam bentuk teks elektronik melalui perangkat mereka.

cara membuat QR Code

Manfaat QR Code

Fungsi dasar kode QR adalah untuk menyimpan dan mempermudah akses. Di bidang komersial, kode ini dapat digunakan untuk promosi produk, jasa, atau periklanan karena dapat mempermudah penyimpanan dan akses data. Misalnya, untuk mengirimkan iklan cukup dengan kode saja, lalu setelah dipindaiakan muncul halaman situs yang menampilkan iklan tersebut.

Di samping itu, QR code juga dapat membantu konsumen mendapatkan informasi tentang produk. Contohnya, kode QR yang diletakkan pada kemasan dapat menyimpan informasi kandungan nutrisi dan tanggal kedaluarsa makanan tersebut. Tak hanya itu, kode QR juga mempermudah calon penumpang mengetahui posisi bus yang akan dinaiki melalui kode diletakkan pada halte.

Anda dapat mendesain dengan warna latar berbeda, bahkan ditambahkan logo di bagian tertentu. Menambahkan logo dapat membuat kode tampak lebih menarik dan meningkatkan kesadaran terhadap brand atau perusahaan.

Jika ingin membuat yang dilengkapi logo, pastikan Anda sudah mempunyai logo. Gunakan gambar logo yang tajam dan mudah dikenali untuk ditempatkan di tengah kode. Dengan demikian, pelanggan Anda mudah membaca elemen kode itu sendiri meski belum memindai. Pastikan juga logo tidak mengganggu proses pemindaian kode.

Cara Membuat QR Code Melalui Website

Cara membuat melalui website secara online sebetulnya sangat mudah. Saat ini sudah banyak situs yang menyediakan layanan generator yaitu pembuat kode QR secara otomatis. Situs tersebut antara lain:

1. QR Code Monkey

Dengan menggunakan QR Code Monkey Anda dapat membuatkan secara gratis dengan beberapa langkah sederhana yaitu tambahkan url situs yang ingin dibuat kode, kemudian pilih warna kode. Selanjutnya cocokkan kode desain. Setelah itu, unduh logo Anda agar kode dapat dipindai dengan normal. Buat kode dan simpan dengan format yang Anda inginkan.

2. Unitag QR Code Generator

Unitag QR code generator merupakan salah satu platform yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat, mengelola, dan melacak kode dengan warna dan logo. Software ini sederhana dan mudah dipakai untuk membuat kode cerdas sesuai kebutuhan.

3. QR Code-Pro

QR Code Pro merupakan QR generator yang memberikan pilihan warna dan dapat menampilkan logo. Cara menggunakannya sama dengan layanan lain, tetapi fungsionalitasnya lebih sederhana.

4. GOQR.me

GOQR.me adalah salah satu situs QR generator yang mudah digunakan. Berikut ini langkah-langkah membuat QR code menggunakan GOQR.me:

  • Buka browser, kemudian akses halaman GOQR.me.
  • Pilih tipe yang ingin dibuat misalnya, website, kontak, teks, telepon, atau lokasi.
  • Masukkan link URL yang ingin Anda buat dengan cara menyalin alamat url web Anda.
  • Setelah masukkan link, masuk ke Live Preview untuk melihat gambaran yang sudah jadi.
  • Jika sudah pas, klik Download.
  • Selanjutnya akan muncul pilihan untuk mengubah tampilan, seperti warna dan ukuran.
  • Klik download kemudian pilih format yang Anda inginkan seperti PNG, SVG, JPEG, atau EPS.

Setelah berhasil membuatnya, tes apakah QR code Anda benar-benar bekerja. Caranya unduh aplikasi QR code reader lalu coba pindai kode Anda menggunakan aplikasi tersebut.

Membuat QR Code dengan Ekstensi Browser

Jika Anda lumayan sering membuat QR code untuk keperluan bisnis, baiknya mempunyai aplikasi pembuat QR code. Namun apabila tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan ekstensi browser untuk mengerjakannya. Dan berikut ialah cara atau tahapan untuk membuatnya.

1. Membuat Menggunakan Firefox

Sebelum membuat menggunakan firefox, pastikan Anda sudah memiliki peramban ini di PC atau laptop. Selanjutnya masuk ke Firefox dan cari add on QR Coder. Install ekstensi tersebut pada browser.

Setelah ekstensi berhasil terinstal, buka web yang akan Anda buat QR code-nya. Klik kanan pada tautan yang ingin diubah, kemudian klik Encode URL to QrCode. Klik kode tersebut untuk menyimpan ke dalam komputer Anda.

2. Membuat Menggunakan Chrome

Di peramban milik Google Chrome, Anda dapat memasang ekstensi QR Code Generator untuk memudahkan Anda membuatnya. Setelah menemukan QR Code Generator, klik tombol add untuk menambahkan ke Chrome.

Sesudah ekstensi berhasil dipasang, buka halaman web yang akan diubah menjadi QR. Klik kanan pada tautan tersebut lalu klik Generate QR Code. Selanjutnya akan muncul pop up di layar untuk menyimpan atau membagikan.

Cara Membuat Menggunakan Smartphone

Menggunakan smartphone, Anda dapat membuatnya dengan cepat dan mudah. Caranya ialah sebagai berikut.

1. Smartphone Android

Bagi pengguna ponsel Android, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah menggunakan QR Code Generator. Caranya yaitu:

  • Unduh dan instal aplikasi QR Code Generator di ponsel Anda.
  • Masuk ke dalam aplikasi dan pilih tipe yang Anda inginkan, misalnya url.
  • Masukkan tautan website yang ingin Anda buat QR code-nya. Tuliskan tittle di bawah link URL lalu klik generate di bagian kanan atas.
  • Selanjutnya akan muncul secara otomatis dan dapat Anda simpan.

2.iPhone

Ingin membuat kode QR di iPhone, Anda dapat menggunakan QR reader. Selain berfungsi membaca kode, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat kode QR. Caranya:

  • Buka aplikasi QR Reader, ketuk ikon panah ke bawah pada bagian sudut kanan atas layar.
  • Tekan ikon kode QR di bagian bawah.
  • Tekan tombol tambah di sudut kiri atas untuk membuat kode QR.
  • Pilih jenis kode yang anda inginkan dari daftar yang tersedia seperti situs web, teks, kontak, hingga tautan ke media sosial.
  • Setelah memilih, masukkan link, lalu tekan Create di sudut kanan atas.
  • Simpan dengan cara memilih opsi Simpan Gambar atau bagikan ke layanan yang terintegrasi dengan iPhone seperti Google Drive, iMessage, ataupun Dropbox.

Setelah mengetahui cara membuat QR code, Anda dapat membuatnya untuk berbagai kebutuhan. Diantaranya ialah untuk dicetak pada kemasan produk, stiker, poster, atau tiket event untuk memudahkan orang-orang mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Membuat QR Code Menggunakan Laptop dan Smartphone