Cara Membuat Landing Page Dengan WordPress Mudah

Anda tentunya sepakat bahwa website merupakan salah satu media promosi paling efektif saat ini. Apalagi masyarakat saat ini lebih mengutamakan sistem belanja dan transaksi tanpa kontak. Jika anda sudah membangun sebuah website untuk keperluan bisnis, maka pastikan anda mengelolanya dengan baik sehingga menghasilkan leads yang optimal. Salah satu caranya adalah menggunakan landingpage. Jika website atau blog anda menggunakan wordpress, bagaimana cara membuat landing page dengan wordpress?

Cara Membuat Landing Page Dengan WordPress

Cara Membuat Landing Page dengan WordPress: Apa itu?

Sebelum membahas cara membuat landingpage dengan WordPress, pertanyaan pertama yang mungkin muncul di fikiran anda adalah “Apa itu landing page?” Landingpage merupakan sebuah halaman web yang sifatnya statis namun mengarahkan pengunjung untuk melakukan aksi tertentu. Ada yang membuatnya sebagai sebuah halaman pembuka sebuah website. Tujuannya juga berbeda-beda, tergantung jenis bisnis anda. Ada yang dibuat untuk mengarahkan pengunjung agar mendaftarkan diri pada layanan tertentu, seperti newsletter dan ada yang mengarahkan mereka untuk membeli produk/jasa tertentu.

Landing page pada website bisnis membuat tampilan web lebih menarik dan tujuannya jelas. Tanpa landingpage, ada kalanya halaman depan website tidak beraturan dan dipenuhi banyak menu, header, dan sebagainya. Landing Page menjadikannya lebih fokus dan sifatnya statis. Jadi, pemilik bisa memuat informasi-informasi penting seperti produk/jasa yang ditawarkan, kegunaannya, harga, paket diskon, dan sebagainya.

Keberadaan landingpage diharapkan dapat menambah tingkat respon, karena halaman utama mengarahkan pengunjung terhadap apa yang harus dilakukannya. Pengalaman banyak bisnis menunjukkan bahwa landingpage membantu meningkatkan rata-rata conversion rate. Anda bahkan bisa mengoptimalkan strategi pemasaran di media sosial, seperti Facebook atau Instagram melalui landingpage, yakni mengarahkan pengunjung website untuk mengunjungi halaman media sosial anda.

Mengapa Membuat Landing Page Dengan WordPress?

Sejumlah pemilik bisnis bekerja sama dengan jasa pembuatan landingpage khusus untuk membuat halaman ini. Namun, jika anda memiliki budget yang terbatas, tidak ada salahnya membuat sendiri landing page. Anda bisa mempelajari cara membuat landingpage dengan WordPress, karena dikenal menawarkan sejumlah kelebihan, antara lain:

  • Tidak membutuhkan coding. Selama ini, landing page hanya bisa dibuat oleh programmer karena pembuatannya menggunakan coding. Namun, WordPress memberikan solusinya. Anda tidak lagi harus belajar coding untuk membuat sendiri landing age. Lalu, apa yang harus anda lakukan? Jawabannya adalah menginstal tema Landing Page dan menyesuaikannya dengan konten yang anda inginkan.
  • Desain sederhana dan minimalis. Anda tidak membutuhkan landingpage yang ribet, karena tujuannya adalah memfokuskan perhatian pengunjung pada hal-hal terpenting dari bisnis anda. Jadi, desain yang minimalis lebih cocok untuk landingpage yang diarahkan untuk meningkatkan conversion rate.
  • Lebih mudah dan praktis. WordPress memang disukai para blogger dan pemilik website karena kaya fitur namun mudah digunakan, termasuk bagi pemula. Demikian juga dengan pembuatan landing page. Cara membuat landingpage dengan wordpress lebih praktis karena bebas gangguan, sekalipun anda mengarahkan pengunjung ke situs luar, seperti tautan ke medis sosial atau ke website utama anda.

Cara Membuat Landing Page Dengan WordPress: Ini Dia Langkahnya!

Setelah mengetahui apa itu landing page, kegunaan, dan alasan menggunakan WordPress untuk membuatnya, langkah berikutnya adalah mempelajari cara membuat landingpage dengan WordPress, yakni:

1. Memilih dan Menginstal Tema

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih tema Landing Page WordPress. Ada banyak pilihan tema di Envato Elements, termasuk tema spesifik sesuai jenis bisnis yang anda jalankan. Jika menginginkan tema umum dan multifungsi, anda juga bisa mendapatkannya di Envato Elements. Di sini, anda bisa download banyak tema Landing Page sesuai kebutuhan dengan biaya berlangganan yang sangat terjangkau. Envato Elements menyediakan sejumlah fitur untuk kustomisasi landingpage anda, seperti fonts, icon, dan sebagainya.

Setelah memilih tema, anda tinggal menginstal dan mengaktifkan tema tersebut. Caranya:

  • Masuk ke dashboard WordPress
  • Pilih APPEARANCE →THEMES → ADD NEW
  • Setelah jendela untuk menambahkan tema baru muncul, piliha file Zip yang sudah anda unduh dan berisi tema pilihan.
  • Klik UPLOAD dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
  • Klik ACTIVATE jika proses instalasi telah selesai, dan Landing Page pilihan anda sudah aktif.

2. Import Demo Konten

Setelah instalasi dan aktivitasi tema landingpage selesai, bukan berarti tuags anda selesai. Tahap berikutnya adalah meng-import demo konten. Seperti namanya, demo konten ini adalah contoh landingpage dengan desain yang sudah jadi. Namun, teksnya hanya tiruan. Demo konten mempercepat proses pembuatan landingpage, karena anda cukup mengganti isi teks sesuai kebutuhan, dan desainnya pun langsung jadi. Untuk mengimport demo konten, tahapannya adalah:

  • Klik APPEARANCE → IMPORT DEMO DATA
  • Anda akan melihat sejumlah pilihan demo Landing Page. Pilih sesuai keinginan. Cara kerjanya sederhana, yakni sistem drop-down.
  • Setelah klik IMPORT anda tinggal menunggu hingga prosesnya selesai.

3. Menyunting Landing Page

Setelah mengimport Demo Konten, tahapan berikutnya adalah melakukan penyesuaian tampilan dan gaya Landing Page sesuai kebutuhan dan selera anda. Berikut adalah beberapa tahapan yang diperlukan untuk menyesuaikan tampilan Landing Page anda:

  • Buka APPEARANCE dan pilih CUSTOMIZE. Anda juga bisa menggunakan fitur Live Customizer untuk mengatur gaya, font, dan warna font.
  • Setelah desainnya cocok, saatnya mengganti demo konten dengan konten anda sendiri. Proses ini bisa anda lakukan dengan mempelajari fitur-fitur yang disediakan. Misalnya, anda bisa mengganti foto latar, mengganti layout, mengubah teks dan sebagainya.

Intinya, alokasikan waktu untuk mempelajari icon-icon dan menu-menu yang disediakan. Memang butuh waktu dan proses, namun hasilnya cukup memuaskan, dan anda tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk membuat Landing Page dengan WordPress.

Kunci Membuat Landing Page Yang Efektif dengan WordPress

Sebuah Landing Page dikatakan efektif jika berhasil meningkatkan conversion rate. Berikut adalah beberapa tips membuat landingpage dengan WordPress untuk meningkatkan conversion rate website anda:

  • Tetapkan tujuan. Tentukan jenis Action, yakni apa yang akan dilakukan pengunjung. Pastikan bahwa Action yang dipilih memang sesuai jenis bisnis anda. Misalnya adalah subcription, klik Wishlist, atau download aplikasi tertentu;
  • Sampaikan Value Proposition, yakni keuntungan apa yang diperoleh pengunjung dengan melakukan Action yang anda arahkan tadi. Pastikan bahwa value proposition tersebut lugas dan jelas. Hindari hal-hal yang sifatnya umum-umum saja. Misalnya, dengan Subscribe di situs anda, pengunjung mendapatkan Newsletter gratis mingguan. Apapun value proposition yang anda arahkan, pastikan jelas, tegas, dan spesifik.
  • Call to Action (CTA) yang menarik dan menggugah. Ini adalah elemen paling menentukan apakah pengunjung melakukan Action yang anda arahkan atau tidak. CTA bisa berupa formulir atau tombol. Buat semenarik mungkin dan terlihat jelas oleh pengunjung. Misalnya adalah tombol CLICK HERE yang berwarna cerah disertai highlight.

Cara membuat landingpage dengan WordPress cukup praktis, karena banyak tool yang bisa anda manfaatkan. Lebih penting lagi, biayanya murah, bukan?

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar