Cara Membuat Feed Instagram

Selain Facebook dapat dibilang Instagram adalah platform media social kedua yang paling popular dan dikenal di dunia. Fokus media sosial yang satu ini adalah gambar atau foto yang diistilahkan dengan feed. Jadi feed secara awam dapat diterjemahkan sebagai semua foto yang terpampang di akun Instagram Anda. Lalu, bagaimanakah cara membuat feed Instagram yang keren.

Agar foto tersebut dapat dimuat di sana, Anda harus mengunggahnya dahulu atau dengan bahasa Instagram adalah posting. Setelah memajang foto pada akun, misalnya foto selfie, liburan, hewan peliharaan, atau makanan tentu kita berharap mendapat interaksi dari orang lain, misalnya dengan likes yang dilambangkan dengan hati atau komentar.

Selain foto yang bagus ternyata tampilan keseluruhan feed Instagram juga mempengaruhi penilaian orang lain, terutama follower kita. Feed yang rapi dan nyaman dilihat tentu akan mendapat respon yang lebih positif. Simak ulasannya.

Cara Membuat feed instagram

Cara Membuat feed Instagram yang keren

Cobalah beberapa cara berikut ini untuk membuat tampilan feed Anda enak dilihat sehingga menarik minat banyak pengikut.

1. Tema

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menentukan tema dari feed Instagram yang ingin dibuat. Artinya foto-foto yang nantinya diupload harus relevan dengan teman. Contohnya Anda memiliki hobby jalan-jalan atau traveling, dan berniat membuat akun Instagram dengan konsep tersebut.

Dengan begitu Anda harus berkomitmen untuk mengunggah hanya foto-foto yang berkaitan dengan traveling, mulai dari lokasi wisata, pemandangan, aktivitas liburan, dan seterusnya.

Demikian pula bila Anda tertarik untuk membangun akun Instagram bertema fashion, kuliner, kerajinan tangan, tutorial make up, bahasa asing, dan lain sebagainya. Sesekali Anda memang boleh mengunggah foto yang tak ada hubungannya dengan konsep tetapi jangan terlalu sering. Ingatlah pada tujuan pembuatan akun tersebut.

Dengan konsistensi dan disiplin jumlah follower Anda akan meningkat dan ini bisa mendatangkan keuntungan, misalnya dengan membuka endorsement produk yang sesuai dengan konsep akun tersebut.

2. Filter

Pilihlah filter yang senada untuk membuat tampilan Instagram lebih enak dilihat. Anda boleh memilih tone warna favorit yang nantinya akan mendominasi akun, bisa kuning, merah, biru, atau yang lainnya. Selain itu Anda juga bisa memilih tone warna gelap atau terang asalkan diterapkan secara terus-menerus.

Dengan begitu Anda harus menggunakan metode editing dengan cahaya, eksposure, kontras, serta filter yang seragam setiap kali mengunggah foto. Anda bisa menggunakan aplikasi editing, misalnya VSCO yang menyediakan beragam filter di sana. Pilihlah yang paling Anda sukai.

3. Ukuran foto

Selain warna yang seragam, demikian pula ukuran foto yang secara konsisten juga harus sama. Anda bisa memilih foto dengan ukuran normal Instagram yang berbentuk persegi, atau membuatnya persegi panjang. Yang penting jangan sampai foto pada akun Anda menjadi blur saat di zoom in.

Aplikasi yang direkomendasikan untuk membuat ukuran foto menjadi sama sebelum diposting di Instagram adalah Squaready.

4. Kualitas gambar

Cermati pula kualitas foto yang ingin diunggah pada akun Anda. Foto untuk feed Instagram berukuran minimal 640px X 640px.

Selamat mencoba!

Membuat feed Instagram nyambung

Jika Anda sudah bosan dengan filter atau fitur-fitur editing gambar yang biasa pada Instagram dan ingin membuat tampilan feed Anda menjadi unik, cobalah membuat feed Instagram bersambung. Untuk itu Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi editing pihak ketiga yang harus diunduh dulu dari Play Store atau App Store.

Aplikasi-aplikasi dimaksud berfungsi untuk memotong-motong sebuah foto atau bisa juga gambar menjadi berukuran kecil. Potongan-potongan tersebut kemudian diunggah terpisah pada akun sehingga membentuk feed dengan tampilan bersambung. Inilah beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan.

1. Instgrid

Dengan aplikasi Instgrid Anda dapat memotong foto mana pun yang diinginkan menjadi beberapa grid sesuai kehendak. Sebelumnya Anda tentu harus mengunduh aplikasi serta menginstalnya terlebih dahulu. Setelah itu buka aplikasi dan pilih foto yang ingin dijadikan bersambung pada feed Instagram Anda.

Pilih jumlah kotak atau grid untuk foto tersebut, misalnya menjadi 9 kotak atau 3×3, 6 kotak atau 3×2, 3 kotak atau 3x, dan 12kotak atau 3×4. Setelah dipotong-potong Anda bisa secara langsung mempostingnya pada Instagram. Anda cukup klik pilihan share on Instagram untuk terhubung secara otomatis.

Artinya Anda tak perlu lagi mengakses aplikasi Instagram.

2. 9square

Alternative berikutnya adalah menggunakan aplikasi 9square yang sesungguhnya mempunyai prinsip yang mirip dengan aplikasi nomor satu. 9Square memungkinkan Anda untuk memotong foto berbagai ukuran, yaitu mulai 3×1, 3×2, 3×3, 3×4, 3×5, 2×1, 2×2, sampai 2×3.

Pilihlah foto yang ingin dipotong-potong untuk diunggah ke feed Instagram dengan tampilan sambung dan pilih jumlah potongan yang Anda inginkan. Setelah klik opsi done Anda bisa memposting potongan-potongan foto secara berurutan.

3. Grid Maker

Grid Maker juga menyediakan fitur untuk membuat tampilan gambar pada feed seperti puzzle bersambung. Ini tentu akan membuat feed Anda semakin unik dan menarik perhatian. Keunggulan Grid Maker adalah sangat user friendly dan hingga kini telah diinstal lebih dari 2 ribu pengguna Instagram.

Menggunakan Instagram untuk bisnis

Jangan ragu memanfaatkan platform media social yang satu ini untuk memulai atau mengembangkan bisnis Anda. Instagram sangat cocok menjadi media promosi atau brand awareness produk Anda karena digunakan oleh semakin banyak orang setelah Facebook. Di Indonesia sendiri jumlah pengguna akun ini mencapai 60 juta orang. Berikut ini tips menggunakan platform Instagram untuk kebutuhan bisnis Anda.

  • Maksimal profil Instagram bisnis Anda dengan mencantumkan produk yang Anda jual dengan singkat namun mudah dipahami. Selain itu tambahkan call to action atau link yang mengarah pada kontak layanan pelanggan atau landing page (website) Anda.
  • Upload gambar yang berkualitas serta atur tampilan feed yang dapat menarik minat pemirsa. Cara-caranya telah dijelaskan di atas. Instagram memfokuskan platformnya pada foto dan gambar sehingga Anda harus memastikan visual postingan Anda cukup kuat.
  • Filter yang sering digunakan untuk foto produk adalah Sierra, Hefe, Hudson, Amaro, Rise, Valencia, dan Lofi. Perlu diketahui bahwa filter Instagram ternyata tak diterapkan demi keindahan saja tetapi juga gambaran akan bisnis Anda.
  • Hashtag atau tagar adalah kunci dalam Instagram yang bisa memperbesar peluang unggahan Anda dilihat orang. Tambahkan hashtag pada caption yang relevan dengan foto unggahan Anda.
  • Update akun Instagram Anda secara teratur untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen bahwa Anda menangani bisnis secara serius. Meski demikian lakukanlah perlahan-lahan, mengunggah ratusan foto tanpa jeda dalam sehari sangat tidak disarankan karena akun Anda bisa dianggap spam.
  • Walaupun feed Instagram Anda dianjurkan selalu up to date tetapi jangan sampai mengabaikan kualitas kontennya hanya demi mengejar target up date. Untuk menilai kualitas postingan, perhatikan insight Instagram bisnis Anda untuk mengetahui jenis postingan yang paling diminati sehingga Anda dapat membuat konten dengan tema-tema sejenis.

Itulah pembahasan tentang cara membuat feed Instagram. Semoga bermanfaat!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar