Cara Membuat Facebook Canvas Untuk Bisnis Online

Bagi kamu yang menekuni bisnis jual beli online terutama di Facebook tak ada salahnya jika coba untuk membuat Facebook Canvas atau yang saat ini disebut dengan instant experience. Dengan menggunakan Facebook Canvas seolah-olah kamu memiliki website lending page, namun kamu tidak perlu membeli hosting maupun domain dan menguasai website builder.

Facebook Canvas adalah merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh Facebook untuk merancang atau mendesain katalog produk yang menyerupai tampilan website lending page dan hanya bisa tampil di smartphone saja.

Dengan menggunakan Facebook Canvas dan mengandalkan Facebook Ads untuk mempromosikan produk dagangannya sudah banyak dari pemain bisnis jual beli online yang meraup keuntungan hingga ratusan juta. Penasaran bagaimana cara membuat Facebook Canvas? Berikut ini tutorial singkatnya.

Cara Facebook Canvas dengan mudah

Syarat utama untuk membuat Facebook Canvas ialah kamu harus sudah memiliki Fans Page terlebih dahulu, jika sudah memiliki silahkan ikuti langkah di bawah ini.

  • Pergi ke Fans Page yang sudah kamu buat dan klik “alat penerbitan

Cara Membuat Facebook Canvas

  • Pada bagian paling bawah silahkan klik “instant experience

Cara Membuat Facebook Canvas

  • Selanjutnya, pada halaman instant experience silahkan kamu klik tombol “buat” yang letaknya berada di sebelah pojok atas.

Cara Membuat Facebook Canvas

Desain Facebook Canvas

Kini kamu sudah siap untuk mendesain Facebook Canvas, agar mendapatkan hasil yang lebih bagus dan maksimal tentu kamu harus menguasai beberapa trik tertentu. Apa lagi jika kamu sudah memiliki basic pengetahuan untuk menggunakan Photoshop, kamu bisa mengedit foto terlebih dahulu sebelum menguploundnya.

Agah hasil dari Facebook Canvas terlihat bagus biasanya diawali dengan video, kemudian diskripsi produk, dan beberapa foto produk, testimoni pelanggan, dan yang terakhir ialah tombok kontak yang umumnya langsung mengarah ke WhatsApp. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa menu dan kegunaan yang ada di Facebook Canvas.

  • Pada kolom paling atas silahkan kamu beri judul terlebih dahulu, biasanya disesuaikan dengan nama produk yang akan dijual.
  • Untuk memasukan video, gambar, teks, dan lain sebagainya silahkan klik tombol “tambahkan komponen”. Pada menu komponen ada beberapa tombol yang bisa kamu gunakan, dan berikut beberapa fungsi tombol tersebut.
Header

Pada menu ini kamu bisa memasukan teks atau logo sebuah produk yang akan kamu jual maupun perusahaan yang kamu kelola.

Video

Ini adalah menu untuk memasukan atau menguploud video yang akan di tampilan Facebook Canvas, biasanya video ditampilkan pada bagian paling atas agar lebih menarik bagi calon pembeli.

Foto

Menu ini adalah untuk memasukan atau menguploud foto. Hanya bisa memasukan satu foto saja, untuk menambahkan foto kamu bisa mengklik kembali tombol “foto” atau kamu juga bisa membuat slide foto.

Karosel

Karosel adalah menu untuk membuat slide foto, bisa terdiri dari beberapa foto produk atau foto hasil screenshot dari testimoni pelanggan.

Blok teks

Dengan mengklik Blok teks kamu bisa memasukan beberapa tulisan. Biasanya digunakan untuk menulis harga maupun deskripsi tentang produk yang akan dijual.

Tombol

Menu tombol biasanya digunakan untuk membuat tulisan yang berkaitan dengan kontak, misalnya “Order Sekarang” kemudian kamu juga bisa memasukan link WhatsApp Web sehingga nantinya ketika seseorang menekan tombol tersebut akan secara otomatis menuju ke nomor WhatsApp milikmu. Pada menu ini ada dua pilihan gaya tombol, yakni isian dan outline. Sebagai saran sebaiknya kamu menggunakan pilihan isian saja.

  • Jika sudah selesai semua silahkan klik tombol “simpan” letaknya berada di bagian paling atas.
  • Sebelum selesai kamu bisa melihat contoh dari hasil Facebook Canvas yang sudah kamu desain terlebih dahulu yakni dengan mengklik tombol “mobile preview” maka secara otomatis di smartphone milikmu akan menerima pemberitahuan.
  • Jika ingin mengakhiri proses pembuatan silahkan klik “selesai”.
  • Selamat, kini kamu sudah memiliki Facebook Canvas. Namun desain dari Facebook Canvas yang kamu buat belum bisa di post di Fans Page dan dilihat oleh pengguna facebook yang lain. Silahkan klik tombol “posting ke halaman” terlebih dahulu agar bisa dilihat oleh orang lain.

Cara membuat link WhatsApp otomatis

Saat membuat Facebook Canvas dengan tujuan untuk mempromosikan produk, link WhatsApp merupakan bagian yang sangat penting. Sebab pembeli online cenderung tidak mau direpotkan dengan mencatat atau menghafalkan nomor WhatsApp milikmu.

Untuk membuat link WhatsApp agar otomatis terhubung ke nomor juga sebetulnya tidak terlalu sulit, dan berikut adalah cara atau tutorial singkatnya.

  1. Siapkan nomor selular yang sudah aktif sebagai nomor WhatsApp
  2. Kunjungi website atau url berikut ini https://berdu.id/whatsapp-link
  3. Masukan nomor WhatsApp yang akan kamu gunakan di kolom paling atas
  4. Masukan pesan otomatis pada kolom di bawahnya. Sebagai contoh kamu bisa menggunakan kata-kata seperti ini “Hai kak! Apakah produk masih ready”
  5. Klik tombol “copy link” hasil link ini biasanya terlalu panjang, untuk mempermudah kamu bisa meringkas link tersebut dengan menggunakan layanan short link dari bitly.com

Selamat, kini kamu sudah bisa membuat Facebook Canvas secara lengkap beserta dengan link WhatsApp otomatis. Untuk lebih memaksimalkan lagi, jika produk yang kamu jual sudah mulai banjir order dan memiliki banyak pemasukan kamu juga mungkin perlu membuat website bisnis, agar lebih terlihat profesional dan calon pembeli lebih percaya dengan layanan atau produk yang kamu jual.

Selamat mencoba!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar