Cara Membuat Email Perusahaan yang Paling Mudah

Membuat email perusahaan tidak mudah karena ada beberapa tahapan proses yang harus dilakukan. Sekalipun demikian, atas nama profesionalisme, fitur ini tetap harus dimiliki perusahaan. Oleh karena itu, perlu dijelaskan tutorial cara membuat email perusahaan yang paling mudah.

Cara membuat email perusahaan gratis sejatinya terbagi menjadi dua yaitu membuat dengan domain sendiri via Google, sedangkan yang kedua membuat email di situs online yang salah satunya di Emailkerja.id. Dua teknik inilah yang akan dijelaskan pada uraian di bawah ini.

cara membuat email perusahaan

Membuat Email Perusahaan Domain via Google Bisnis

Google sudah merilis fitur baru bertema Google Apps For Work yang bisa dimanfaatkan pengusaha untuk membuat email perusahaan. Jika dilihat sekilas, aplikasi GSuite ini mirip Gmail biasa tetapi lebih kuat ketika mengatur posisi identitas perusahaan sekalipun tanpa menyewa domain premium.

Cara membuat email usaha dengan teknik di atas tidak akan membingungkan karena tutorialnya lengkap dan jelas. Berikut akan dijelaskan secara komplit cara membuat email yang bisa Anda praktikkan untuk perusahaan tempat Anda bekerja.

1. Membuat Akun GSuite

Teknik yang pertama adalah dengan membuat akun di GSuite terlebih dahulu. GSuite merupakan aplikasi online yang dibuat Google untuk mempermudah pengusaha membuat domain email perusahaan secara gratis.
Setelah fitur ini terbuka, Anda bisa membuat akun di sana, termasuk meng-input identitas perusahaan secara lengkap. Nantinya, alamat itu yang akan menjadi alamat pengirim dan penerima email, jika akun sudah berhasil diaktifkan.

Jangan lupa untuk mencantumkan alamat email dan nomor handphone perusahaan karena verifikasi aplikasi akan dikirimkan melalui dua nara hubung tersebut. Jadi, pastikan keduanya ter-input dengan baik sebelum menyelesaikan pembuatan akun di GSuite.

2. Lakukan Verifikasi Pemilikan Domain

Cara membuat email perusahaan dengan domain pribadi selanjutnya adalah mulai melakukan verifikasi kepemilikan akun via email sebelumnya maupun via handphone. Ini dilakukan supaya sistem bisa mengetahui kalau akun atau domain perusahaan tidak ganda akibat ada yang membuat sebelumnya.

Langkah kedua ini penting dan menjadi syarat pengusaha bisa melanjutkan ke proses pembuatan email berikutnya. Oleh sebab itu, pengusaha harus memastikan kalau domain yang ditampilkan memang mewakili perusahaan atau bisa memilih opsi lain yang ditawarkan sistem.

3. Melakukan Pengaturan Layanan Gmail Bisnis

Teknik membuat email perusahaan domain pribadi yang ketiga adalah melakukan pengaturan layanan Gmail sesuai keinginan dan kepentingan usaha. Anda bisa mengecek fitur di dalamnya, lalu enable yang digunakan dan disable yang tidak penting dalam proses pengiriman dan penerimaan pesan.

Proses setting layanan Gmail Bisnis sangat mudah karena bahasa yang digunakan Bahasa Indonesia. Jadi, Anda tinggal membaca, lalu menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan. Pastikan pengaturan ditujukan untuk kemudahan proses pengiriman pesan bukan malah membuatnya lebih sukar.

4. Setting Transisi Migrasi Email

Pengaturan migrasi email lama ke yang baru perlu dilakukan. Hal ini agar Anda masih bisa mengakses email yang masuk ke Gmail lama. Anda juga lebih mudah ketika mencari akun-akun lama yang akan menerima pesan email menggunakan domain email yang baru.

Dengan aplikasi GSuite, Anda tidak perlu khawatir bakal kehabisan media penyimpanan, karena kapasitas memori yang dipersiapkan cukup besar. Sehingga, sekalipun semua email yang lama dipindahkan ke akun yang baru tidak membuat jaringan lemot.

5. Lakukan Sinkronisasi Akun

Cara membuat email perusahaan via Google Bisnis (GSuite) yang terakhir adalah melakukan sinkronisasi akun. Tujuannya ialah agar pengusaha bisa mengakses email dari berbagai perangkat baik handphone, smartphone, tab, laptop maupun komputer PC.

Jika proses ini sudah dilakukan berarti email perusahaan di GSuite sudah berhasil dibuat. Anda tinggal menjalankannya saja sebagai media untuk mengirim dan menerima email dari klien.

Cara Membuat Email di Emailkerja.id

Selain membuat email di GSuite atau Google Bisnis, pengusaha juga bisa menggunakan layanan situs untuk membuat email yang sama. Website yang bisa dipilih adalah Emailkerja.id yang untuk mengaksesnya cukup mengetik URL-nya di kolom pencarian Google saja. Ini cara selengkapnya:

1. Lakukan Pendaftaran di Emailkerja.id

Langkah yang pertama adalah mulai lakukan pendaftaran di Emailkerja.id dengan cara klik Daftar Sekarang di halaman depan. Setelah itu, Anda akan disambut dengan beberapa pilihan paket lengkap dengan review tentang keistimewaan dari paket-paket yang ditawarkan sekaligus harganya.

Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang disediakan oleh perusahaan. Jangan lupa untuk menilai keunggulan setiap paket apakah memang sesuai dengan harga yang ditawarkan atau sebaliknya.

2. Memilih Paket Email

Cara buat email perusahaan di Emailkerja.id yang kedua adalah mulai memilih paket email yang disediakan di dalam situs. Jumlahnya cukup banyak dari paket tahunan, tahunan plus, tahunan bisnis, paket triwulan, triwulan plus dan paket triwulan bisnis.

Jika sudah menemukan paket yang tepat silakan tekan ikon-nya lalu klik Buy Now. Selanjutnya, pengusaha akan masuk ke jendela baru untuk melakukan setting alamat email agar bisa melanjutkan ke teknik pembuatan email berikutnya.

3. Membuat Akun Email Perusahaan

Jika langkah kedua cara membuat email perusahaan di Emailkerja.id dilakukan, selanjutnya masuk ke langkah ketiga yaitu membuat akun email perusahaan. Pastikan identitas akun dibuat selengkap mungkin agar tidak terjadi pengaturan yang diulang-ulang.

Cara membuat akun yang dimaksud ialah silakan klik Register Here yang muncul setelah pengusaha klik Buy Now (poin 2). Pengusaha akan disambut beberapa form yang harus diisi dengan identitas perusahaan serta domain yang akan menjadi nama akun di Emailkerja.id.

Jika semua form tersebut diisi dengan benar dan valid, klik Oke. Nantinya, akan muncul invoice data perusahaan dan domain yang sudah di-input tadi yang menandakan kalau proses pembuatan akun sudah selesai.

4. Menghubungkan Domain dengan Emailkerja.id

Cara bikin email perusahaan di Emailkerja.id yang ke empat adalah mulai menghubungkan domain perusahaan dengan layanan Emailkerja.id (pointing). Ada beberapa layanan yang perlu dihubungkan seperti Cname, MX Record, SPF dan DKIM.

Untuk proses pointing ini pihak admin Emailkerja.id sudah menyertakan tutorialnya di dalam platform situs. Pengusaha tinggal membaca dan mengikuti teknik-teknik yang tertulis di sana.

5. Membuat Mail Box dan Cek Email Perusahaan

Langkah yang terakhir adalah membuat Mail Box dan cek email perusahaan. Pembuatan Mail Box harus tepat karena ini merupakan pembentukan fitur awal yang berisi tool pengiriman dan penerimaan email dari klien. Tetapi jangan khawatir pihak admin sudah membuat urutan tekniknya dalam bentuk video tutorial.

Jika langkah di atas sudah dilakukan baru lakukan cek email perusahaan. Anda juga bisa menguji dengan mencoba mengirimkan email pertama ke klien dengan menggunakan domain yang sudah didapatkan dari Emaikerja.id.

Bagaimana, cara membuat email perusahaan cukup mudah dan simple bukan? Oleh sebab itu, silakan dicoba sekarang juga baik yang menggunakan domain pribadi gratisan di GSuite maupun membeli melalui jasa Emailkerja.id.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar