Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri

Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan klien atau calon klien kepada bisnis kita adalah dengan mencantumkan email yang professional. Apalagi di zaman sekarang ini dimana dokumen-dokumen penting dan komunikasi dilakukan dengan media email yang lebih cepat dan aman. Sebab itu, bagi Anda para pelaku bisnis perlu untuk membuat dan belajar tentang cara membuat email dengan domain sendiri.

Anda memang dapat menggunakan layanan penyedia akun email terkemuka seperti Gmail atau yang lainnya, tetapi memiliki email dengan nama domain sendiri akan membuat institusi, perusahaan, organisasi, atau komunitas Anda terlihat lebih terpercaya.

Beberapa contoh alamat email dengan nama domain bisnis adalah, kantor@beritateknologi, cwibowo@udmujur, dan sebagainya. Lalu bagaimana cara membuat email demikian ini? Simak ulasannya!

Panduan cara membuat email dengan domain sendiri

Sebelum mulai membuat email sebagaimana contoh di atas Anda membutuhkan domain dan hosting. Dua hal tersebut tak terpisahkan bila berkaitan dengan email atau pun website. Untuk membuat email dimaksud Anda bisa menggunakan platform cPanel yang mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah membuat email custom domain atau membuat email menggunakan domain sendiri.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Lakukan login pada cPanel dengan mengetik: http://domainanda.com/cpanel. Kalimat domainanda.com kemudian diganti dengan domain yang Anda miliki.
  • Pada tampilan cPanel Anda akan menemukan kolom Email dan tinggal klik E-Mail Accounts.
  • Anda berikutnya diminta untuk mengisi form pada laman tersebut. Isian form meliputi

Email – Ini harus diisi dengan nama email yang ingin Anda buat. Contohnya, cwibowo@udmujur.com. Anda hanya perlu mengisinya dengan cwibowo saja.

Domain – Bila ada lebih dari satu domain pada akun hosting Anda, pilih satu nama domain yang ingin dipakai.

Password – Password atau kata kunci yang diinput adalah password dari alamat email yang akan Anda buat. Berikutnya Anda akan diminta untuk mengisi kembali dengan password yang sama pada kolom “password (again)”. Isian tersebut dilengkapi fitur password strength atau kekuatan password. Artinya semakin sulit password yang Anda input akan semakin aman password tersebut untuk menjaga kerahasiaan email Anda.

Mailbox quota – Kolom ini diisi dengan kapasitas email sebagaimana yang Anda inginkan. Tipsnya adalah disesuaikan dengan keseluruhan kapasitas akun hosting milik Anda. Sebaiknya tidak memilih opsi unlimited karena kolom isian tersebut wajib diisi. Alasannya adalah hal ini untuk memudahkan Anda mengendalikan pemakaian kapasitas email pada hosting.

  • Klik bagian yang bertuliskan “Create Account”.
  • Laman berikutnya Anda akan menjumpai keterangan “Account Created”. Ini artinya Anda telah berhasil membuat akun.
  • Berikutnya Anda tinggal mengaktifkan fitur yang disebut Apache SpamAssassin. Fitur tersebut akan mencegah akun kita dikirimi email spam.
  • Sekarang Anda sudah bisa mengakses email tersebut dengan Outlook, Thunderbird, WebMail, atau yang lainnya sesuai pilihan Anda.
  • Jika ingin masuk ke email baru Anda dengan domain menggunakan webmail, Anda bisa mengakses http://namadomain.com/webmail.
  • Langkah berikutnya adalah tinggal menginput alamat email yang tadi telah Anda buat. Jangan lupa untuk mengetikkan alamat email secara lengkap serta password sebelum submit.

Itulah cara membuat email dengan domain sendiri, tak sulit bukan? Sekarang Anda sudah memiliki email dengan nama domain sendiri. Bila langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, cukup beberapa menit saja Anda sudah berhasil memiliki alamat email yang diinginkan. Selamat mencoba!

Kelebihan menggunakan platform cPanel untuk kebutuhan tersebut adalah praktis serta tak memerlukan dana tambahan. Ini karena sudah tergabung dalam satu paket hosting cPanel. Anda dapat membuat akun email sebanyak mungkin dengan batas sesuai ukuran kapasitas hosting yang Anda sewa.

Sementara kelemahan fitur tersebut adalah pengelolaan seluruh akun email yang Anda buat berada pada satu ruang penyimpanan akun hosting. Dengan begitu saat server hosting mengalami resource atau down karena beban yang berlebihan misalnya karena aplikasi pada akun hosting tersebut, layanan pengiriman email juga mengalami gangguan. Hal yang sering terjadi pada saat server down adalah delay atau penundaan pengiriman email.

Mengenal Email Marketing

Setelah Anda mengetahui cara membuat email dengan domain sendiri, sekarang waktunya menggunakan email tersebut untuk mempopulerkan bisnis Anda. Email marketing masih dapat dikatakan efektif di antara berbagai metode marketing online lainnya. Ini karena Anda berkesempatan menjangkau lebih banyak konsumen potensial dan menurut riset, marketing demikian ini bisa menghasilkan konversi yang baik.

Keunggulan email marketing adalah membuat pebisnis selalu terkoneksi dengan konsumen atau calon konsumen mereka. Tak hanya untuk menawarkan produk, email marketing juga memastikan terjadinya hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Berikut ini adalah beberapa tipe email marketing sebagai referensi Anda.

1. Direct mail

Pesan melalui email ini dikirimkan kepada daftar pelanggan dan umumnya berisi promosi atau penawaran. Direct mail dapat berupa teks atau HTML dengan pesan multimedia yang bagus dari segi visual. Yang penting untuk dicatat di sini adalah jangan sampai mengirim promosi/penawaran berulang-ulang hingga terasa mengganggu. Pelanggan yang merasa email Anda sebagai SPAM bisa saja unsubscribe atau berhenti mengikuti.

2. Retention email

Tipe yang kedua ini adalah email yang dikirimkan kepada konsumen yang sudah pernah membeli produk Anda. Tujuannya adalah untuk menjaga hubungan, kalau bisa untuk jangka panjang agar yang bersangkutan bersedia repeat order. Retention email sebaiknya tidak hanya melulu berisi promosi atau penawaran tetapi juga informasi dan tips yang bermanfaat bagi pelanggan. Bila Anda berhasil membuat pelanggan menyukai isi email Anda mereka akan setia dan membuat bisnis Anda terus berkembang.

3. Iklan oleh publisher

Mengiklankan produk Anda kepada email orang lain dapat dibilang cukup efektif dalam hal marketing online. Ini terutama bagi pebisnis online yang belum banyak memiliki database atau subscriber yang berada dalam email list Anda. Caranya adalah bermitra dengan publisher yang lain dengan membayar tarif tertentu untuk jasa pengiriman email iklan Anda kepada list email mereka.

Keuntungan Email Marketing

Kini Anda sudah tau tentang cara membuat email menggunakan domain sendiri dan apa yang terkait dengan email marketing, maka saat ini mungkin Anda sudah tidak ragu lagi untuk menggunakan email marketing sebagai mendia promosi bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya.

1. Lebih pribadi

Iklan melalui email akan memberi kesan lebih personal sehingga yang bersangkutan merasa mendapat lebih banyak perhatian. Hal ini akan menumbuhkan kenyamanan dan bila sudah demikian Anda akan lebih mudah memberikan penawaran produk-produk Anda.

2. Lebih cepat

Tentu saja mengirimkan surat elektronik jauh lebih efektif dan cepat dibandingkan mengirim surat dalam bentuk fisik melalui pos. Artinya Anda bisa menghemat lebih banyak waktu dan dalam beberapa menit saja semakin banyak target market yang dapat dijangkau.

3. Lebih murah

Selain cepat, mengirimkan email promosi juga lebih terjangkau biayanya dibandingkan mengirimkan surat fisik. Anda memang memerlukan layanan email responder, tetapi biaya yang dibutuhkan lebih murah. Demikian pula dari segi responsive direct mail yang umumnya lebih baik.

Nah, demikianlah panduan cara membuat email dengan domain sendiri serta sekilas tentang email marketing yang mungkin dapat menjadi inspirasi Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri