Cara Membuat Database MYSQL

Cara Membuat Database MYSQL

Cara membuat database MySQL – Sebagai wadah beragam informasi suatu website tentu membutuhkan database server. Informasi-informasi dimaksud misalnya, URL, font, username, dan sebagainya. System manajemen database yang umum digunakan untuk menangani data adalah MySQL. Apa itu MySQL atau Mysq? Berikut ini adalah pengertian serta cara membuatnya bagi pemula.

Apa itu MySQL?

MySQL adalah suatu system yang merupakan manajemen basis data atau database management dengan menerapkan perintah dasar SQL (Structured Query Language) yang cukup cukup populer. Hingga saat ini DBMS atau Database management system MySQL kira-kira telah digunakan oleh lebih dari 6 juta user di berbagai negara.

MySQL merupakan DBMS yang terbuka atau open source dengan dua macam lisensi, yaitu Free Software (perangkat lunak yang dapat digunakan secara bebas dan gratis) dan Shareware (atau perangkat lunak dengan kepemilikan sehingga penggunaannya terbatas.

Apa Itu MySQL?

MySQL adalah suatu system yang menjadi alat manajemen basis data atau database management dengan menerapkan perintah dasar SQL (Structured Query Language) yang cukup cukup populer.

Kesimpulannya MySQL merupakan database server yang cuma-cuma serta menerapkan lisensi GNU General Public License (GPL). Dengan begitu Anda bisa menggunakan database ini bagi kebutuhan pribadi atau komersil tanpa perlu membayar lisensi kepemilikan.

Apa Itu DBMS?

DBMS adalah singkatan dari Database Management System, sebuah koleksi data yang saling terkait dan mewakili banyak aspek dalam dunia nyata.

Secara tekstual, DBMS adalah sistem pengelolaan manajemen database terpusat yang sangat diperlukan oleh perusahaan maupun organisasi dalam menyimpan, mengelola, dan menyajikan data-data penting sehingga dapat diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan

MySQL termasuk dalam jenis RDBMS (Relational Database Management System) sebagaimana yang tadi telah disinggung. Inilah sebabnya Anda akan menemukan berbagai istilah seperti tabel, kolom, dan baris pada system ini. Misalnya dalam MySQL suatu database ditempatkan dalam sebuah atau beberapa tabel.

SQL sebenarnya adalah bahasa yang digunakan dalam penggunaan data relational database atau database terstruktur. Jika seluruh fungsi tersebut disatukan, secara awam pengertian MySQL adalah database management system dengan bahasa SQL sebagai bahasa komunikasi antara software aplikasi dengan database server.

Cara Membuat Database MYSQL

Keunggulan MySQL

Ada beberapa keunggulan MySQL sehingga cocok untuk mengembangkan software yang handal, misalnya

1. Memperbolehkan hubungan dengan bahasa pemrograman yang berbeda.

Seringkali pada aktivitas mengembangkan software atau website dibutuhkan penerapan berbagai jenis bahasa pemrograman, inilah sebabnya Anda tak perlu takut menggunakan MySQL pada system Anda. MySQL juga akan sangat membantu dalam mengembangkan software yang efektif, berkualitas, serta memudahkan dalam mengintegrasikannya dengan berbagai bahasa pemrograman.

2. Tidak membutuhkan ram besar.

Software MySQL juga boleh digunakan pada server dengan spesifikasi terbatas. Dengan begitu bila Anda memiliki server dengan kapasitas sebesar 1 GB Anda masih tetap dapat menerapkan sotftware database ini pada system ini.

3. Dapat digunakan banyak pengguna.

Yang menarik dari software MySQL ini adalah dapat digunakan dalam waktu yang bersamaan oleh banyak user tanpa perlu khawatir system terhenti atau crash. Karena itu database ini sangat bermanfaat saat harus mengerjakan proyek bersama tim Anda, tanpa perlu bergantian dengan user yang lain.

4. Open Source dan gratis

Anda tak perlu merogoh kocek sepeser pun untuk menggunakan software database ini. Walaupun gratis tetapi kinerjanya sangat baik. Lisensi gratis yang diterapkan merupakan GPL yang berada di bawah naungan Oracle sehingga kualitasnya tak dapat dipandang sebelah mata.

Di internet Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai komunitas, forum, serta dokumentasi yang mengulas tentang MySQL sehingga tak perlu khawatir jika terjadi masalah pada system karena Anda pasti bisa mendapatkan solusinya.

5. Struktur tabel fleksibel.

Bagi pemula MySQL tergolong system yang mudah digunakan serta cukup fleksibel. Misalnya, saat memproses ALTER TABLE atau system yang lain MySQL termasuk cukup mudah dipakai bila dibandingkan dengan system database lainnya misalnya Oracle atau PostgreSQL.

6. Tipe data sangat beragam.

Keunggulan lain dari software ini adalah menunjang berbagai jenis data yang dapat dipilih sesuai keinginan, ini misalnya float, double, integer, text, date, char, timestamp, dan lain-lain. Dengan spesifikasi demikian software manajemen database ini pasti akan sangat membantu Anda sebagai developer software serta menangani database pada server Anda.

7. Keamanan yang terjamin.

Orang memang kerap mempertanyakan system keamanan pada software open source. Tetapi untuk MySQL Anda tak perlu khawatir karena dilengkapi fitur pengamanan yang cukup mumpuni. MySQL menerapkan beberapa lapis keamanan yang menjamin kerahasiaan data seperti subnetmask dan level nama host. Software ini juga bisa mengelola hak akses pengguna dengan menerapkan enkripsi kata kunci level tinggi.

Cara Membuat database MySQL

Sebenarnya ada beberapa cara untuk merancang database MySQL yaitu melalui cPanel, phpMyAdmin, dan Command Prompt. Pada kesempatan ini akan diulas cara membuat MySQL via cPanel.

cPanel sendiri sejatinya adalah control panel yang tersedia pada layanan web hosting. Tujuannya adalah untuk mempermudah para pemilik website atau blog dalam mengelola tampilan webnya. Selain beragam tools untuk mengoperasikan dan mengontrol website ada pula tool untuk merancang database.

Jika hosting yang Anda gunakan adalah unlimited untuk mengelola database akan lebih mudah yaitu melalui menu pada system. cPanel adalah control panel web hosting yang cukup terkemuka di kalangan pengembang website. Cpanel juga mempunyai tampilang yang simple sehingga gampang digunakan, termasuk oleh para pemula.

Tak hanya untuk menangani database, cPanel juga memudahkan Anda untuk mengunggah file website, mengelola surel Anda, dan sebagainya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Lakukan login ke cPanel.
  2. Lanjutkan dengan klik menu MySQL Databases yang terletak di kolom Databases.
  3. Input nama database yang baru di kolom New Database dan klik tombol Create Database untuk membuat database baru. Nama yang diiput sebelumnya tidak boleh sama dengan nama database yang mungkin sudah pernah Anda buat atau sudah ada.
  4. Kembali pada laman sebelumnya dengan klik tombol Go Back.
  5. Pada bagian Add New User isilah dengan user baru. Pada kolom input nama user serta kata kunci pada kolom Password, dan klik tombol Create User dengan tujuan membuat user baru.
  6. Silakah klik Go Back agar tampilan layar kembali ke halaman sebelumnya.
  7. Setelah membuat database dan user berikutnya adalah menambahkan user pada bagian database tersebut. Pilih user serta database di bagian Add User To Database, yaitu pada menu drop down yang tadi sudah Anda buat. Untuk save atau menyimpan perubahan klik tombol Add.
  8. Pada bagian ALL PRIVILEGES centang keseluruhan item dan klik tombol Make Changes untuk save atau menyimpan perubahan.

Jika seluruh langkah telah dilakukan dengan benar, artinya Anda sudah berhasil membuat database MySQL dengan cPanel.

Membuat database dengan command prompt

Dengan perintah command prompt pada localhost Anda juga dapat merancang database tanpa membutuhkan koneksi internet. Ini termasuk melakukan aktivitas pengembangan website lainnya. Yang harus dilakukan adalah menginstal MySQL pada PC yang digunakan dan jalankan perintahnya melalui command prompt. Terkait command prompt dalam merancang database adalah dengan WAMPServer serta XAMPP.

Jika pembuatan database dengan command prompt masih asing bagi Anda, alternative ketiga yang dapat dipilih adalah membuat database melalui phpMyAdmin atau localhost. Software ini dirancang dengan PHP yang dapat mengelola administrasi MySQL dari suatu web. phpMyAdmin dapat digunakan untuk berbagai pengoperasian MySQL serta MariaDB, misalnya menangani database, pengguna, kolom, relasi, tabel, dan sebagainya.

Itulah pengertaian database MySQL serta tutorial cara membuat database MySQL melalui Cpanel.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Membuat Database MYSQL