Cara Membuat Bot Telegram yang Paling Mudah dan Simpel

Cara Membuat Bot Telegram yang Paling Mudah dan Simpel

Seluruh pengguna aplikasi Telegram harus mengetahui cara membuat bot Telegram agar aktivitas selancar di Telegram menjadi lebih mudah. Namun, untuk bisa membuatnya dibutuhkan keterampilan khusus, serta harus ada aplikasi tertentu yang akan dijadikan sebagai sarana pembuatan bot.

Bot Telegram sendiri merupakan rekayasa sistem yang sangat populer dipakai oleh selebgram baik di Indonesia maupun di dunia. Kabarnya, platform ini begitu luar biasa bahkan dianggap sama dengan manusia yang juga mampu berinteraksi dengan baik. Toh yang perlu dilakukan hanya mengetik perintah saja, maka bot akan menjalankan perintah tersebut.

Sebelum dijelaskan cara membuat bot Telegram, Anda harus mengetahui terlebih dahulu definisi dari bot Telegram itu sendiri sehingga Anda lebih tertarik untuk menggunakannya. Baru setelah itu, terapkan cara-cara bikin bot Telegram yang juga bakal dijelaskan di bawah.

Pengertian Bot Telegram

Bot Telegram merupakan sistem robotik non manusia, yang merupakan satu fitur terbaik dari Telegram. Jika fitur ini diaktifkan, maka pengguna Telegram bisa melakukan banyak hal secara otomatis pada waktu itu juga. Baik itu aktivitas pencarian hingga pemberitahuan terkait cuaca yang sedang terjadi.

Mudahnya, bot Telegram adalah rekayasa sistem yang berfungsi untuk membantu selebgram berinteraksi di dalam media sosial. Disebut rekayasa karena yang menyediakan segala kebutuhan selebgram bukan manusia melainkan sistem tadi. Maka dari itu, bot Telegram disebut juga sistem non manusia.

Kalau Anda ingin mengetahui perkiraan cuaca hari ini, maka tinggal ketik saja di kotak pencarian Telegram dan jangan lupa masukkan nama profil bot yang digunakan. Nah, beberapa saat kemudian, informasi tersebut akan segera muncul dan Anda bisa langsung membacanya.

Manfaat Menggunakan Bot Telegram

Terdapat beberapa manfaat menggunakan bot Telegram yang tidak banyak diketahui oleh selebgram. Hal inilah yang kemudian membuat para pengguna Telegram malas untuk membuatnya. Padahal bot bisa membuat aktivitas bersama Telegram menjadi lebih nyaman. Berikut beberapa manfaat membuat bot Telegram yang perlu diketahui.

1. Mempermudah Pencarian Informasi

Manfaat bot Telegram yang pertama ialah untuk mempermudah pencarian informasi. Kalau Anda ingin menemukan informasi apapun di dalam Telegram, maka tinggal mengetik nama bot dan kata kunci pencarian saja. Maka setelah itu akan muncul informasi yang dibutuhkan yang pastinya info tersebut sudah ter-posting sebelumnya.

Sedangkan kalau harus membuka browser tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda pun harus membuka tab baru dan meninggalkan tab Telegram yang telah dibuka sebelumnya. Tentunya ini merupakan langkah yang kurang efektif dan memakan banyak waktu.

2. Mencari Game Terbaru di Telegram

Bot Telegram kadang juga digunakan untuk mencari game terbaru di dalam media sosial Telegram. Ini khusus para mania gaming di Indonesia yang sekaligus berperan sebagai selebgram. Luar biasanya lagi game-game tersebut gratis serta memiliki ukuran ringan.

Sekalipun demikian game yang bisa dicari melalui Bot Telegram sejatinya game yang hanya bisa dimainkan secara online. Artinya Anda membutuhkan internet untuk memainkannya. Oleh karena itu, game-game yang akan dimunculkan pasti menarik untuk dimainkan.

3. Mempermudah Pencarian Grup

Intinya keberadaan bot Telegram sama dengan akun Telegram pribadi biasa namun yang membedakan untuk membuatnya Anda tidak perlu memasukkan nomor handphone ke dalam aplikasi. Sekalipun demikian, semua aktivitas di Telegram tetap bisa dilakukan termasuk mencari grup yang akan dimasuki menjadi anggota di dalamnya.

Selain itu, bot Telegram juga bisa digunakan untuk mengulang pesan secara otomatis. Ini biasanya digunakan oleh selebgram yang membuka lowongan kerja, lomba-lomba di IG maupun akun bisnis. Misal notifikasi keikutsertaan lomba yang tidak perlu diketik secara manual kepada seluruh peserta melainkan sistem yang akan membuatkan dan mengirimkannya.

Cara Membuat Bot Telegram

Nah, setelah mengetahui apa itu bot Telegram dan manfaatnya, maka tentunya Anda juga ada ketertarikan untuk membuatnya. Untuk itu, cara membuat bot Telegram berikut akan membantu Anda tanpa harus meminta bantuan orang lain.

  • Membuat Bot Telegram Melalui Saluran Baru

Cara pertama untuk membuat Bot Telegram adalah melalui fitur saluran baru. Untuk cara lengkapnya, silakan ikuti ulasan berikut:

a. Buka aplikasi lalu masuk saluran baru

Langkah yang pertama ialah silakan Anda masuk ke dalam aplikasi Telegram lalu akses fitur di bagian atas yang bergambar Hamburger. Silakan klik fitur tersebut untuk memulai proses pembuatan akun bot Telegram yang baru.

Nah, jika proses di atas sudah dilakukan, maka tunggu sejenak nanti akan muncul beberapa pilihan fitur. Silakan Anda memilih fitur Saluran Baru/Channel dengan cara mengeklik atau menekannya.

b. Masukkan nama saluran dan deskripsi

Langkah yang kedua silakan Anda mulai memasukkan nama saluran yang diinginkan ke dalam kotak dialog yang muncul. Kalau bisa, Anda membuat draf-nya terlebih dahulu supaya nama saluran langsung menjadi pakem dan tidak sering berubah. Jangan lupa juga untuk mengisi deskripsi terkait dengan akun yang dibuat.

Namun, untuk deskripsi opsional saja. Artinya, selebgram bisa membuatnya bisa juga tidak. Namun untuk kelengkapan profil memang ada baiknya untuk dibuat saja dengan kata-kata yang sederhana, jelas dan singkat.

c. Lakukan editing kategori akun

Langkah yang terakhir silakan lakukan editing kategori akun Telegram. Apakah ingin menjadikan akun publik atau pribadi. Kalau akun pribadi, tentunya Anda harus invite teman terlebih dahulu untuk bisa bergabung ke dalamnya.

Sedangkan kalau akun publik maka secara otomatis, orang bisa bergabung dengan mudah karena akun dimunculkan di ruang-ruang publik. Jadi silakan dipilih tergantung keinginan Anda.

  • Membuat Bot Telegram Melalui BotFather

Cara membuat Bot Telegram yang kedua ialah menggunakan platform no coding yang disebut BotFather. Untuk caranya, silakan ikuti ulasan berikut:

a. Buka BotFather

Langkah yang pertama silakan buka BotFather terlebih dahulu dengan cara ketikkan BotFather di kotak pencarian Telegram. Setelah itu, silakan klik ikon supaya Anda bisa menggunakan bot tersebut.

b. Mulai membuat bot Telegram baru

Kalau sudah berada di dalam halaman BotFather maka silakan mulai membuat bot Telegram yang diinginkan. Caranya masukkan perintah pembuatan bot baru di kotak pencarian atau yang disebut dengan istilah new boot. Tunggu sejenak sampai muncul notifikasi berikutnya.

c. Memasukkan nama pengguna

Jika semua tahapan di atas sudah dilakukan, seharusnya sudah muncul kotak dialog yang harus Anda isi dengan nama pengguna. Silakan isi kotak dialog tersebut dengan nama pengguna Telegram yang unik lalu akhiri dengan sufiks atau akhiran –bot.

Kalau sudah selesai berarti Anda tinggal menunggu token saja dan simpan dengan baik. Sebab sekali waktu token tersebut pasti diminta, terutama ketika Anda terlupa dengan cara mengakses masuk ke dalam aplikasi.

Itulah dua cara membuat bot Telegram yang paling populer dan mudah. Nah, kalau Anda tertarik untuk membuat akun Telegram yang lebih unik, maka silakan terapkan langkah di atas sampai selesai.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Membuat Bot Telegram yang Paling Mudah dan Simpel