Cara Membuat Blog Untuk Bisnis

Cara Membuat Blog Untuk Bisnis

Pada artikel ini kita akan membahas tentang cara membuat blog untuk bisnis, namun sebelum itu sebaiknya kita membahas sedikit tentang pengertian blog. Secara umum blog dapat diartikan sebuah platform atau website yang berisi tentang kumpulan tulisan, namun terkadang bisa juga disisipi dengan gambar maupun video.

Apa Itu Blog?

Istilah blog sendiri mulai tenar yakni sekitar awal tahun 1999 diperkenalkan oleh seorang desainer website yakni Peter Merhoz. Pada mulanya blog memang cenderung hanya berisi tentang tulisan-tulisan yang berkaitan dengan opini, observasi, dan pengalaman pribadi penulis itu sendiri. Namun seiring berkembangnya zaman kini blog juga dimanfaatkan sebagai tempat promosi suatu bisnis.

Tak hanya itu saja, blog dengan jumlah trafik tinggi juga bisa di manfaatkan sebagai sumber penghasilan, yakni dengan cara bekerjasama dengan layanan iklan milik Google atau mereview produk tertentu.

Selain itu blog juga bisa dijadikan bukti ke profesionalan dibidang tertentu, misalnya jika anda ialah seorang pembisnis maka anda bisa memanfaatkan blog sebagai tempat segala informasi apapun yang terkait dengan bisnis anda, terutama yang berkaitan dengan pilihan produk, testimoni, dan alamat kantor.

Di era yang serba teknologi seperti saat ini memiliki blog sebagai tempat promosi bagi seorang pembisnis adalah sebuah kewajiban. Dan berikut adalah langkah atau cara membuat blog untuk bisnis.

Cara Membuat Blog Untuk Bisnis

Untuk membuat sebuah blog atau website anda harus terlebih dahulu memilih dan membuat akun di platform tertentu, semisal di wordpress, blogger, drupal, atau gawker. Sedangkan untuk di Indonesia wordpress dan blogger ialah merupakan platform yang paling banyak peminatnya. Dan berikut ialah tahapan atau cara membuat blog untuk bisnis.

• Memilih platform blog

Sebelum memilih dan mengganti nama domain, langkah awal yang harus anda lakukan adalah memilih platform untuk blog anda. Jika anda menggunakan wordpress maka selain domain anda juga harus mempersiapkan hosting, namun jika anda menggunakan blogger maka anda cukup mempersiapkan domain saja.

• Menentukan tujuan

Agar apa yang anda targetkan bisa terwujud dan sesuai dengan harapan maka sebelum jauh melangkah membuat blog anda harus menentukan tujuan terlebih dahulu. Semisal yakni bertujuan untuk menjual produk, mempromosikan produk, menulis cerita entrepreneurship, memperkenalkan alamat toko, atau bisa saja dari kesemua itu adalah tujuan anda dalam membuat blog.

• Memilih tema atau template blog

Setelah anda berhasil membuat blog maka langkah selanjutnya adalah mengganti template blog yang sesuai dengan bisnis anda. Ada banyak template yang bisa didownload secara gratis, namun agar lebih optimal menjalankan semua fitur yang ada pada blog sebaiknya anda memilih template yang berbayar.

Diantara keunggulan menggunakan template berbayar ialah anda bisa menghilangkan credit link nama pembuat template, mendapatkan update jika ada perubahan pada template tersebut, bisa berkomunikasi langsung dengan pembuat template, mendapat panduan atau teknik pengoptimalkan template, template memiliki kecepatan hingga 90% lebih, navigasi jelas dan responsive, dan yang terpenting ialah mobile dan SEO friendly.

• Menentukan nama domain

Secara sederhana dapat diartikan bahwa domain adalah nama unik yang mengarahkan seseorang untuk mengunjungi situs atau blog anda. Agar lebih elegan maka sebaiknya anda menggunakan nama domain yang berbayar. Sebagai contoh misalnya bisnis anda adalah dibidang percetakan dengan nama merk “keren” maka anda bisa membuat domain www.percetakankeren.com.

Harga domain sendiri tidak terlalu mahal, biasanya dibandrol sekitar Rp. 150.000 hingga Rp. 400.000, anda bisa membeli domain tersebut di beberapa situs penyedia domain seperti niagahoster, domainesia, idcloudhost, qwords, masterweb, hostagor, dan bluehost. Semakin banyak situs penyedia domain mungkin justru membuat anda ragu menentukan pilihan, maka sebaiknya anda harus terlebih dahulu memahami tentang cara membeli domain.

• Membeli hosting

Seperti apa yang sudah disampaikan di atas, jika anda menggunakan platform wordpress maka anda juga wajib membeli hosting. Anda tentu tau bahwa hosting ialah digunakan sebagai tempat penyimpanan data yang terkait dengan website anda. Untuk mendapatkan harga yang murah dan cara memilih hosting terbaik anda bisa mengklik disini web hosting terbaik Indonesia.

Namun tidak sebatas hosting saja, jika di kemudian hari jumlah trafik blog anda semakin tinggi maka anda juga perlu menyewa VPS (Virtual Private Server). Trafik tinggi pada website yang masih menggunakan hosting bisa menyebabkan suspensi domain, jika seperti itu biasanya perusahaan layanan hosting akan segera menyarankan anda untuk pindah menggunakan VPS.

• Membuat tim khusus blog

Membuat blog memang gampang-gampang susah, jika anda merasa tidak begitu mumpuni atau tidak banyak waktu untuk mengurus blog maka sebaiknya membuat tim atau karyawan yang secara khusus fokus mengurusi blog.

Tim tersebut biasanya terdiri dari mereka yang ahli dibidang pemrograman (pengelola blog), penulis artikel, dan desain grafis. Dengan seperti itu maka anda tidak terlalu dibebankan tentang cara membuat blog untuk bisnis, anda bisa lebih fokus mengurus proses produksi atau yang lain.

• Strategi iklan

Setelah semua komponen blog yang anda buat sudah siap dan selesai semua, langkah selanjutnya adalah terkait dengan strategi bagaimana cara agar blog tersebut memiliki banyak pengunjung, sebab dengan banyaknya jumlah pengunjung maka semakin banyak kesempatan produk anda dibeli dan dikenal oleh masyarakat.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa strategi tersebut adalah dengan memanfaatkan layanan google adword atau dalam bahasa sederhananya ialah anda beriklan di google. Dengan demikian maka blog anda akan berada di barisan paling atas di mesin pencarian google sehingga memungkinkan seseorang untuk berkunjung ke blog anda.

• Memanfaatkan sosial media

Selain beriklan di Google anda juga bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook, twitter, dan instagram. Di beberapa akun sosial media tersebut anda bisa membagikan link atau alamat blog anda. Dengan seperti itu maka secara tidak langsung anda sedang beriklan secara gratis. Bahkan tak jarang saat ini perusahaan-perusahaan besar lebih cenderung aktif dan responsif di sosial media. Selain mudah digunakan, sosial media juga termasuk salah satu platform yang memiliki banyak pengguna.

Itulah beberapa tahapan atau cara membuat blog untuk bisnis. Semoga mudah dipahami dan sukses diterapkan pada bisnis anda. Saat ini adalah masa dimana apapun pekerjaan dilakukan dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan teknologi dan memanfaatkan internet, termasuk dibidang bisnis.

Jika anda tidak mau mengikuti arus perubahan teknologi maka sangat dimungkinkan produk atau bisnis anda juga akan terlupakan, digantikan oleh para pembisnis muda yang memang sadar akan pentingnya bisnis dan pemasaran secara online.

Apa lagi seperti saat ini, banyak bermunculan ide dan gagasan seputar bisnis yang tergolong baru seperti online shop, investasi online, menjadi blogger atau youtuber, menjual jasa secara online, menjadi treder forex dan lain sebagainya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Membuat Blog Untuk Bisnis flagcounter