Cara Membuat Barcode Praktis dan Mudah

Penggunaan barcode di zaman sekarang ini semakin lazim saja terutama berkaitan dengan bisnis. Manfaat barcode adalah untuk melacak serta memindai suatu produk atau barang. Dahulu fungsi utama barcode adalah untuk mendapatkan informasi ketersediaan ritel demi keperluan produksi. Tetapi saat ini penggunaan barcode semakin meluas misalnya untuk menandai barang yang dijual atau bisa juga koleksi pribadi.

Selama ini mungkin yang Anda ketahui dalam membuat barcode harus menggunakan alat khusus. padahal sekarang Anda juga dapat membuat barcode sendiri cukup dengan menggunakan laptop, komputer, Android, ataupun perangkat Apple. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat barcode.

cara membuat barcode

Membuat barcode sendiri

Ada beberapa cara yang dapat Anda praktekan untuk membuat barcode simak ulasannya.

1. Membuat barcode secara online

Anda dapat mencoba pembuatan secara online untuk kepentingan bisnis misalnya saat membutuhkan kode identifikasi resmi.

Buatlah nomor identifikasi UPC/ISBN. Anda dapat menyamakan seluruh kode namun untuk beberapa digit terakhir harus dibedakan.

Untuk mendapatkan kode dimaksud masuklah ke tautan Barcode.gs1us.org. Kode UPC tersebut dapat diperoleh setelah Anda menginput data produk dan detailnya. GS1 mengantongi sertifikat resmi sebagai partner yang dapat membantu bisnis dalam membuat barcode secara online.

Berikutnya untuk mendapatkan nomor ISBN klik pada tautan ISBN.org. Pada website ini Anda dapat meminta ISBN tunggal, nomor penerbit extra ISBN, dan blok penerbit nomor ISBN. Untuk memverifikasi bisnis anda di sini organisasi bernama Browker akan memberikan Anda ISBN. Setelah mendapatkannya cantumkan barcode tersebut di belakang produk Anda.

Selain membuat barcode untuk keperluan usaha Anda juga dapat memanfaatkannya untuk inventory pribadi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Akses situs CreateBarcode.com untuk membuat barcode digital.
  • Lanjutkan prosesnya dengan mengikuti wizard barcode.
  • Untuk membuat barcode pribadi buatlah nama dan nomor seri untuk tiap barang yang ada pada situs tersebut (BarcodesInc).
  • Sekarang ada tinggal menempelkan barcode pada setiap koleksi barang Anda.

2. Menggunakan Excel

Melalui situs internet Anda juga dapat membuat barcode dengan mudah menggunakan program Excel. Barcode yang dibuat oleh Microsoft Excel ini dapat langsung Anda cetak sendiri dan ditempelkan pada produk-produk yang diinginkan. Berikut ini cara membuatnya.

  • Akses tautan IDautomotion.com berikutnya klik menu Font Tools.
  • Klik tombol merah yang bertuliskan download pada menu Microsoft Office Macros & VBA for Excel, Access and Word.
  • File yang diunduh tadi kemudian disimpan ke komputer kemudian akses kembali dengan nama Barcodefunction.zip agar dapat diekstrak ke laptop atau PC Anda.
  • Bukankah Microsoft Excel berikutnya klik menu tools pada bagian toolbar di atas. Lanjutkan dengan klik menu Macro kemudian pilih Visual Basic Editor.
  • Pilih menu File pada toolbar dan lanjutkan dengan klik Import File pada menu.
  • Buka browser untuk mengakses ID automations yang tadi sudah diunduh. Carilah file macro dengan nama IDautomation.bas kemudian buka browser. Tindakan tersebut akan membuat file ditambahkan pada folder Modules yang ada di Excel.
  • Keluarlah dari Editor Visual Basic kemudian akses kembali ke bagian workbook yang masih kosong. Sekarang lakukan pengujian dengan cara ketik nomor pada sel A1. Ketik fungsi barcode pada sel sebelahnya.
  • Ketik =Code 128(A1) pada sel B2. Setelah selesai memberikan kode pada data kemudian tekan enter.
  • Klik B2 dan masuklah pada pilihan font kemudian cari ID otomatisasi font dan silahkan memilih salah satu.
  • Barcode anda akan ditunjukkan di sel B2.

3. Dengan perangkat Android

Jika dua cara membuat barcode yang telah diulas di atas menurut Anda masih terlalu sulit, Anda bisa membuat dengan menggunakan perangkat android. Keunggulan dari aplikasi pembuatan barcode ini adalah tidak ribet dan lebih praktis dipakai. berikut ini beberapa aplikasi pembuatan barcode pada perangkat Android sehingga harus diunduh dulu pada Play Store.

Barcode Generator

Aplikasi ini dikembangkan oleh Aeiou dan menyediakan 11 macam kode barcode yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini misalnya QR code sampai barcode sebagaimana yang umumnya Anda ketahui pada kemasan produk di supermarket.

Pada playstore Anda bisa melihat bahwa aplikasi ini mendapatkan review yang cukup baik. barcode generator sampai saat ini sudah membantu cukup banyak pebisnis dari berbagai kalangan.

Barcode Generator Free

Aplikasi ini disarankan untuk Anda yang ingin menggunakan layanan tidak berbayar. Resikonya saat menggunakan aplikasi ini Anda akan selalu melihat iklan secara berulang-ulang. meski begitu Anda tak perlu khawatir karena kualitas layanan aplikasi ini tidak kalah dengan yang berbayar. Barcode generator ini juga dapat membuat berbagai macam format barcode. Ini antara lain barcode produk, wi-fi, share location, email, kontak, dan teks atau URL.

Barcode Architect

Pengembang aplikasi ini adalah developer Simon Boleyn. Barcode architect dilengkapi fitur-fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat barcode 1D tanpa batas dengan mudah.

Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat format barcode seperti ISBN, UPC-E, UPC-A, EAN, dan lain-lain. setelah membuat barcode Anda juga dapat langsung mengirimnya via email atau menyimpannya dengan format yang diinginkan misalnya PNG,JPG, SPG, atau HTML5.

Code39

Aplikasi ini spesifik untuk merancang barcode dengan kode 39. Code39 adalah aplikasi yang dirilis oleh developer MIC. Untuk memudahkan pengguna ada beragam fitur yang dipasang dalam pembuatan barcode dengan Code39.

Barcode Generator and Scanner

Jika ingin menggunakan barcode untuk bisnis Anda tanpa perlu mengakses internet ini adalah aplikasi yang paling direkomendasikan. Artinya kapan dan dimanapun Anda bebas membuat barcode. Keunggulannya yaitu memiliki fitur online aplikasi ini juga dilengkapi format barcode yang cukup lengkap, yaitu PDF_417, QR_CODE, CODE_39, dan CODE_128.

Advance Barcode Generator

Selanjutnya adalah menggunakan aplikasi advance barcode generator keluaran developer Androventure. Hampir sama dengan aplikasi-aplikasi yang lain pembuat barcode ini juga dilengkapi berbagai tipe kode barcode. ada fitur yang menarik pada aplikasi ini yaitu memungkinkan anda untuk mengatur ukuran serta mengganti warna barcode.

Membuat barcode menggunakan iOS

Selain Android, perangkat Apple seperti ipad dan iphone juga menyediakan sarana pembuatan barcode. Aplikasi yang dapat anda gunakan disebut Qrafter ya hampir sama dengan Barcode Generator yaitu memungkinkan anda untuk membuat QR code atau barcode jenis yang lain.

Sebelumnya unduh aplikasi pada App Store. Selain membuat barcode aplikasi ini sekaligus dapat digunakan sebagai scanner dengan menggunakan kamera yang ada pada smartphone Anda.

Dalam bisnis keberadaan barcode akan sangat berguna karena memudahkan proses pemindaian serta pendataan berbagai item produk sekaligus dalam jumlah yang besar. Dengan begitu Anda bisa menghemat waktu dalam menangani usaha.

Aplikasi-aplikasi pembuat barcode memungkinkan Anda untuk memproduksi barcode sendiri dengan lebih praktis. Untuk mencetaknya Anda dapat menggunakan printer wireless.

Perlu diketahui bahwa pada bisnis dengan skala yang lebih besar barcode yang dicantumkan pada produk untuk diedarkan secara luas harus mempunyai kode resmi sebagaimana ketentuan perdagangan.

Nah semoga informasi tentang cara membuat barcode ini bisa menjadi referensi yang berguna untuk mengembangkan bisnis Anda.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar