Cara Membeli Obligasi yang Mudah Dipahami Oleh Pemula di Bidang investasi?

Melakukan investasi dalam bentuk obligasi rupanya tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Diperlukan modal yang besar dan juga pengetahuan mengenai seluk beluk obligasi yang sangat rumit dan sebenarnya hal ini tidak jauh berbeda seperti investasi saham. Sebelum Anda mengetahui cara membeli obligasi, pastikan dulu untuk memahami konsepnya dengan baik karena tanpa dasar pengetahuan, bukan keuntungan yang akan Anda peroleh di dalamnya.

Cara membeli obligasi

Apa yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Obligasi?

Di dalam investasi jangka panjang dengan bentuk obligasi, semua investor perlu membeli obligasi ini melalui broker. Dikarenakan modal yang dibutuhkan sangat besar minimal sekitar Rp 1 miliar, maka sejak tanggal 1 Mei 2007 silam, pemerintah pun mencoba untuk memberikan solusi terbaik untuk calon investor yang berminat berinvestasi di bidang obligasi agar berperan sebagai pemodal ritel. Para investor pun boleh melakukan transaksi dalam bentuk SUN atau Surat Utang Negara melalui BEI atau Bursa Efek Indonesia yang modalnya hanya Rp 5 juta.

Syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa berdagang SUN ini melalui BEI rupanya masih cukup mudah dan Anda hanya perlu membuka akun rekening pada broker yang melayani obligasi ini sehingga Anda bisa tahu cara membeli obligasi dan memulai investasinya. Namun walaupun banyak orang telah mendengar nama obligasi di sana sini, rupanya masih banyak yang tidak tahu tentang arti sesungguhnya obligasi ini. Dapat dikatakan bahwa ini sesungguhnya adalah utang tapi bentuknya adalah sekuriti.

Penerbit dari obligasi ini lebih dikenal dengan istilah Debitur atau peminjam. Sementara pemegang dari obligasi dikenal sebagai kreditur atau pemberi pinjaman. Kemudian kupon obligasi sering dikenal sebagai Bunga Pinjaman yang perlu untuk dibayarkan Debitur pada Kreditur. Obligasi semacam ini umumnya diterbitkan untuk jangka panjang, yakni 10 tahun. Dengan penerbitan surat utang seperti obligasi ini, debitur bisa mendapatkan dana investasi yang cukup besar untuk mendukung operasinya.

Step by Step Cara Membeli Obligasi yang Perlu Dilakukan Sebaik Mungkin

Untuk bisa melakukan investasi dalam bentuk obligasi ini, maka masih ada beberapa tahapan penting yang perlu untuk Anda lakukan sehingga semuanya akan menghasilkan keuntungan apalagi obligasi ini bagaimanapun juga modalnya tidak kecil. Anda harus tahu cara membeli obligasi yang benar dan ikuti tips berikut ini yang cukup membantu Anda untuk memahami dunia obligasi dengan baik yaitu:

  • Membuka akun rekening

Proses awal yang harus Anda lakukan jika ingin investasi dengan obligasi ini adalah memilih broker atau perusahaan sekuritas lebih dulu yang mempunyai bagian Fixed Income yang akan menangani penjualan dan pembelian obligasi ini. Tentu disini Anda harus memilih perusahaan yang memiliki reputasi tinggi dan terbaik di bidangnya dengan pengalaman yang sudah sangat besar, memiliki tim yang sangat solid baik itu dealer atau trader maupun juga dengan fee yang cukup kompetitif dengan lainnya. Ada manfaatnya Anda membuka rekening ini yaitu Anda bisa memperoleh beragam informasi mengenai perdagangan dan juga perkembangan obligasi kapanpun juga sehingga Anda memperoleh pengetahuan mengenai pergerakan pasar secara tepat, cepat dan up to date.

  • Memahami dengan baik beragam tipe produk obligasi

Sebelum membeli obligasi, wajib bagi Anda untuk memahami lebih dulu dengan detail bahkan juga seluruhnya tentang produk obligasi ini termasuk juga dengan potensi kerugian atau resiko yang Anda dapatkan jika memilihnya dan jangan hanya fokus dengan keuntungan jangka panjang saja tanpa tahu seperti apa resikonya. Para ahli selalu menyarankan pemula di dalam dunia investasi obligasi ini untuk mempelajari seluruh instrumen dari obligasi dengan lengkap sehingga Anda bisa mengenal beragam investasi sebaik mungkin yang akan mempermudah Anda untuk mengambil keputusan dalam investasi. Masing-masing instrumen bisa Anda pelajari secara terpisah atau mandiri dan bisa mencari informasinya langsung dari perusahaan sekuritas yang Anda pilih tempat membuka akun rekening maupun belajar otodidak dari internet karena sekarang beragam informasi sudah bisa ditemukan.

Ada beragam jenis obligasi yang dapat menjadi pilihan Anda untuk investasi dana dan diantaranya adalah obligasi tercatat, obligasi atas unjuk, obligasi abadi, obligasi subordinasi, obligasi indeks berbasis ekuititi, obligasi inflasi, obligasi tanpa bunga, obligasi junk bond atau berimbal hasil tinggi, obligasi floating rate note atau suku bunga mengembang dan obligasi suku bunga tetap. Anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kriteria dan jalankan sebaik mungkin demi meraih untung jangka panjang.

  • Melakukan analisa dengan cermat

Supaya semua keputusan yang Anda buat sesuai dengan apa yang diharapkan dari investasi obligasi ini, analisa perlu untuk dilakukan. Banyak aspek yang harus Anda pelajari mulai dari peringkat, nilai penerbitan, jangka waktu dan juga kupon. Anda juga perlu mempertimbangkan dengan baik mengenai profil penerbit maupun juga latar belakangnya. Ada begitu banyak informasi yang lengkap bisa Anda temukan tentang obligasi ini dan Anda harus benar-benar mengambil keputusan dengan bijak dan diharapkan langkah yang Anda lakukan ini tidak akan memberikan Anda kerugian sama sekali. Sangat disarankan untuk melakukan analisa dengan cara membandingkan obligasi yang serupa atau sejenis.

  • Membeli pada trader atau broker

Bila Anda sudah melakukan analisa terhadap obligasi ini sepenuhnya dan sudah menentukan mana tipe yang ingin Anda beli, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memberikan amanat untuk membeli pada trader atau juga broker terbaik yang menjual obligasi yang sudah menjadi pilihan Anda. Kemudian, pihak trader pun akan membeli obligasi ini sesuai dengan harga dan jenis yang Anda inginkan sehingga hasilnya sesuai dan tidak melenceng.

  • Menyiapkan dana untuk membeli obligasi

Inilah cara yang mungkin paling berat bagi seluruh investor pada awalnya namun inilah yang harus dilakukan apabila Anda serius untuk melakukan investasi dengan obligasi ini. Anda tentu tahu siapapun yang memilih jalur obligasi ini paham bahwa sesungguhnya dana yang dibutuhkan itu tidak sedikit sama sekali. Pembelian satuan dari obligasi ini biasanya memiliki nilai sekitar 1 miliar rupiah sehingga mereka yang merupakan investor individu biasanya akan merasa kesulitan untuk ikut melakukan investasi di dalamnya. Namun sekarang uga banyak pihak yang menawarkan pembelian obligasi satuan dengan nilai sekitar 50 juta atau 100 juta. Setelah amanat diberikan, maka dana itu seharusnya sudah Anda siapkan dengan baik. Jangan sampai Anda justru mendapatkan pinalti karena terlambat dalam membayar dananya. Perlu Anda ketahui juga bahwa menempatkan dana yang mendadak itu dapat mengganggu aliran arus kas keuangan yang Anda miliki sehingga perlu diperhatikan dengan baik.

  • Menyelesaikan pembayarannya

Pembayaran obligasi ini bisa Anda lakukan dengan cara transfer langsung menuju akun rekeing perusahaan yang telah Anda pilih. Kemudian obligasi yang sudah dibeli itu akan tercantum di dalam di rekening perusahaan dan tercatat di dalam Kustodian Sentral Efek Indonesia atau yang disingkat KSEI. Kemudian, bagian administrasi pembukuannya dilakukan oleh bank kustodian dari perusahaan sekuritas tersebut.

Inilah cara membeli obligasi yang harus dipahami dengan seksama dan jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan khususnya bila Anda tidak paham sama sekali atau masih belum memiliki cukup pengetahuan tentang obligasi karena modal yang diperlukan besar dan resikonya jelas besar sekali jika Anda tidak belajar tentang hal ini.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar