Cara Melindungi Diri Dari Hackers

Cara Melindungi Diri Dari Hackers

Internet bisa menjadi tempat yang menakutkan akhir-akhir ini. Meskipun sering dapat digunakan untuk kebaikan, tapi bisa juga menjadi tempat teraman yang paling berbahaya. Ini terjadi karena di setiap aktivitas kita secara online, bisa di pantau oleh Hackers.

Apakah itu seseorang yang mencoba meretas akun online kamu, mengirimi email dengan tautan phishing untuk mengetahui detail kartu kredit kamu. Atau bisa juga komputer kamu dinonaktifkan oleh ransomware, ada risiko yang selalu mengintai tanpa kamu sadari.

Tetapi karena dengan tetap aman saat offline, kamu juga dapat melindungi diri dari Hackers dengan mengikuti tindakan pencegahan yang masuk akal. Ini jelas bukan jaminan bahwa tidak akan terjadi apa-apa, tetapi itu akan membuat jauh lebih sulit bagi peretas.

Hackers Online

Membuat Hackers Kesulitan Dengan Password Yang Kuat

Pelajaran pertama dari keamanan komputer SELALU adalah password yang baik. Sayangnya, banyak orang mendengar ini masuk telingan kiri lalu keluar di telinga kanan. Itu terjadi di pengguna internet yang kata sandinya adalah “12345” atau “qwerty123“.

Ikuti tips dibawah ini untuk password yang lebih baik.

  • Jangan menggunkan password yang berhubungan dengan kamu. Ini berarti tidak menggunakan hari ulang tahun, nama pasangan, hewan peliharaan, orang tua, saudara kandung, dan sebagainya.
  • Gunakan kombinasi dari huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter khusus (tanda seru, garis bawah, tanda kurung, dll). “123456” jelas mengerikan, tetapi” $ X @ 3KqbH # <ADe + 78VjJmM” sempurna. Kata sandi idealnya harus diubah setiap 25-35 hari.
  • Pastikan akun akan memberi tahu kamu melalui email atau SMS jika password diubah. Lihat di pengaturan akun. Jika password diubah tanpa sepengetahuan atau persetujuan, segera atasi. Jangan bilang pada diri sendiri kamu akan melakukannya nanti.
  • Jangan gunakan password yang sama untuk semua akun online. Coba juga dan buka beberapa akun email sekali pakai dan jangan gunakan email yang sama untuk semua akun. Kuncinya adalah untuk menjaga akun terpisah satu sama lain jika terjadi pelanggaran data massal.
  • Dalam opsi pemulihan password, tambahkan jawaban palsu ke pertanyaan pemulihan. Jadi ketika ditanya di mana kamu dilahirkan, katakan “di rumah sakit“. Jika meminta alamat ucapkan “rumah besar yang bagus“. Ingat saja balasan palsu sehingga dapat mengakses akun nanti jika perlu.
  • Saran utama adalah menggunakan password generator untuk membuat kata sandi yang kuat. Ini mencegah Hackers mendapat kata sandi secara mudah.

Sebenarnya masih banyak cara yang lain untuk terhindar dari Hackers dalam hal ini. Mungkin lain kali akan kami bagikan tips lanjutan dari artikel ini. Semoga tips kali ini dapat membantu kamu dan berguna.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Melindungi Diri Dari Hackers