Cara Melindungi Diri Dari Hackers Part 3

Cara Melindungi Diri Dari Hackers Part 3

Seperti Artikel sebelumnya, kali ini masih berhubungan dengan Hackers. Di sini kami akan membahas detail lanjutan dari artikel sebelumnya. Kamu bisa melihat artikel part 1 dan part 2, dengan mengklik saja. Nah lebih jelasnya bisa kamu baca di bawah ini untuk lanjutannya.

akun Terkena Hackers

Hadang Hackers dengan Firewall, Antivirus, & Anti Malware

Firewall bisa agak sulit diatur karena semua lalu lintas web masuk dan keluar dihentikan, dan kamu harus membuat “aturan” untuk masing-masing. Namun dalam jangka panjang, itu sangat berharga dan tentu sangat berguna. Walaupun terlihat sepele, hal ini sering diabaikan oleh para pengguna.

Pengguna MacOS memiliki firewall yang diinstal secara otomatis di sistem mereka. Kamu bisa masuk ke Pengaturan–> Keamanan & Privasi–> Firewall untuk menyalakannya. Pengguna Windows juga memiliki firewall Windows bawaan. Kamu juga bisa menggunakan opsi pihak ketiga, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan untuk melawan Hackers.

Pindai komputer kamu terus-menerus dengan antivirus / malware dan selalu pastikan kamu telah mengunduh pembaruan terbaru. Hal ini untuk memperbaruhi database dari Antivirus / malware yang kamu gunakan.

Periksa URL & File Sebelum Mengkliknya

Berapa banyak email yang kamu dapatkan setiap hari yang mengklaim berasal dari bank, Paypal, atau Amazon?. Mereka semua akan berusaha terlihat seperti email asli, dan mereka semua akan memberi tahu bahwa detail kamu telah disusupi. Biasanya mereka akan menyuruh kamu mengkilik tautan yang telah mereka sertakan.

Tapi yang jelas tautan reset kata sandi mengarah ke situs palsu dan begitu kamu memasukkan kata sandi lama, Hackesr sudah mendapatkannya. Untuk detailnya bisa kamu baca poin-poin berikut.

  • Dalam keadaan apa pun jangan pernah mengklik tautan di dalam email. Sebagai gantinya, buka browser dan masuk dengan cara biasa. Jangan berasumsi bahwa email itu aman, bahkan jika itu berasal dari seorang teman. Alamat email mereka bisa saja dipalsukan oleh Hackers.
  • Jangan mengklik URL pendek (seperti TinyURL), karena kamu tidak tahu ke mana arah tautan ini. Jika harus mengklik, jalankan terlebih dahulu melalui URL expander.
  • Sebelum mengklik tautan, arahkan mouse ke sana, lalu lihat di sudut kiri bawah browser tempat tautan ditampilkan. Apakah kedua URL cocok?
  • Berhati-hatilah dengan file dengan format exe, zip, rar, iso, atau apa pun yang merupakan skrip sistem operasi.
  • Pastikan “autorun” dan “autoplay” dinonaktifkan di Windows untuk menghentikan virus memulai otomatis.

Nah artikel diatas adalah beberapa poin yang harus kamu perhatikan supaya terhindar dari Hackers. Paling tidak cara-cara diatas dapat mengurangi risiko yang bisa saja datang.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Melindungi Diri Dari Hackers Part 3