Cara Melihat Spek Laptop Dengan Sangat Mudah

Cara Melihat Spek Laptop Dengan Sangat Mudah

Selain smartphone saat ini laptop juga merupakan salah satu produk elektronik yang mulai diminati oleh banyak orang. Berbagaimacam merek laptop pun hadir dengan pilihan harga serta spesifikasi yang berbeda-beda. Maka dari itu mengetahui tentang cara melihat spek laptop ialah sesuatu yang wajib dipahami sebelum memilih dan membeli laptop.

Fungsi sebuah laptop tentu saja sama dengan komputer yakni untuk mempermudah tugas seseorang menyelesaikan pekerjaan seperti membuat laporan keuangan, membuat tulisan, merancang desain, bisnis online, dan lain sebagainya. Bedanya, laptop tidak membutuhkan perangkat tambahan seperti mouse dan keyboard serta lebih mudah digunakan di luar ruangan.

Jadi sangat wajar jika laptop di produksi dengan harga dan spesifikasi yang berbeda-beda. Ini dilakukan agar semua kebutuhan customer yang sangat beragam terhadap laptop tersebut bisa terpenuhi.

6 Cara Melihat Spek Laptop

Anda memiliki rencana untuk membeli laptop baru? Jika iya, sebaiknya pahami terlebih dahulu bahwa laptop tersebut nantinya akan dimanfaat untuk apa, serta pahami juga tentang bagaimana cara melihat spek laptop seperti yang ada ulasan berikut ini.

Lihat di kardus laptop

Langkah paling mudah untuk mengetahui spesifikasi sebuah laptop ialah dengan melihat pada bagian kardus kemasan laptop itu sendiri. Namun sayangnya cara ini tidak bisa dilakukan sebelum Anda membeli laptop atau melihat secara langsung kemasan tersebut, kemudian informasi yang tertulis terkait spesifikasi laptop juga biasanya kurang detail.

Di kardus kemasan seringkali hanya meberikan informasi yang bersifat umum saja, misalnya seperti kapasitas RAM, prosesor, dan ukuran layar. Untuk mengetahui informasi lebih detail Anda harus bertanya ke pemilik atau pelayan toko laptop tersebut.

Mencari tahu di internet

Cara melihat spek laptop berikutnya ialah dengan melakukan mencarian atau browsing di internet, yankni dengan menggunakan mesin pencarian Google, Firefox, atau yang lainnya. Ini merupakan cara yang paling mudah dan sangat direkomendasikan, sebab bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja serta Anda juga bisa mendapakan informasi speak yang lebih detail.

Langkah pertama silahkan buka terlebih dahulu browser yang akan digunakan, kemudian ketik atau tulis merek dan tipe laptop yang ingin Anda cek informasi spesifikasinya. Berikutnya klik tombol enter maka secara otomatis akan muncul banyak website yang membahas hal tersebut.

Sebagai tips tambahan sebaiknya pilih website atau sumber informasi yang memang sudah terpercaya saja, atau Anda juga bisa memilih website dari official store laptop yang hendak Anda cari tahu spesifikasinya.

Lihat di menu system

Ini merupakan cara yang paling sering dilakukan oleh banyak orang ketika ingin mengecek spesifikasi suatu laptop, biasanya cara ini digunakan jika ingin membeli laptop atau komputer second. Informasi yang ditampilkan ketika ingin melihat spesifikasi laptop dengan cara cek di menu system juga cukup lengkap.

Dengan mempraktekan cara ini Anda bisa mendapakan informasi terkait Windows yang digunakan, kapasitas RAM, prosesor, dan yang lainnya. Adapun langkah yang bisa Anda coba untuk melihat menu system ialah seperti berikut ini.

  • Tekan tombol dengan logo windows pada keyboard, kemudian klik huruf R.
    Masukan atau ketik “Control Panel” di kolom yang muncul dan klik ok atau tekan enter.
  • Pilih “System And Security”.
  • Langkah terakhir silahkan pilih “System”.

Untuk bisa melihat spesifikasi laptop secara umum sangat mudah bukan? Hanya dengan beberapa kali klik saja Anda sudah mengetahui spesifikasi dasar dari sebuah laptop.

Menggunakan dxdiag

Menggunakan dxdiag atau DirectX Diagnostic Tool juga merupakan salah satu cara melihat spek laptop yang sangat mudah dan praktis, bahkan dengan menggunakan metode ini Anda bisa memperoleh informasi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan cara melihat di menu system.

Proses atau langkah untuk menggunakan dxdiag hampir sama dengan ketika Anda mempraktekan cara melihat spesifikasi laptop di menu system, yakni langkah yang pertama ialah tekan tombol windows dan huruh R agar muncul kolom Run. Kemudian setelah itu lakukan langkah-langkah seperti ini.

  • Jika sudah menekan tombol windows dan mengetik huruf R, di kolom Run silahkan ketik “dxdiag”.
  • Tunggu beberapa detik hingga muncul menu utama yang menampilkan spesifikasi laptop tersebut.

Jika langkah yang Anda praktekan sudah betul maka di halam pertama DirectX Diagnostic Tool muncul menu utama yakni Sytem, Display, Sound, dan Input. Di masing-masing menu tersebut akan menampilkan spesifikasi laptop secara lengkap, termasuk yang berkaitan dengan mouse dan keyboard pada laptop.

Cek di aplikasi command prompt

Laptop menggunakan sistem operasi Windows sudah dibekali dengan aplikasi yang satu ini. Command prompt sendiri fungsinya ialah untuk mengetahui banyak hal tentang komputer dan lain sebagainya dengan menggunakan perintah teks. Dan diantaranya ialah untuk mengetahui spesifikasi laptop secara lengkap.

Cara melihat spek laptop dengan memanfaatkan command prompt juga sangat mudah. Untuk lebih detailnya cobalah ikuti langkah-langkah seperti di bawah ini.

  • Tekan tompol windows untuk melihat kolom search program and file.
  • Kemudian di dalam kolom tersebut ketik atau tulis command prompt.
  • Selanjutnya ketik kata “systeminfo” dan jika masih belum muncul informasi terkait spesifikasi coba ulangi sekali lagi ketik kata “systeminfo.
  • Tunggu beberapa saat hingga informasi spesifikasi laptop terlihat.

Properties di computer

Dari kelima cara yang ada di atas barangkali masih cukup sulit menurut Anda jika ingin mempraktekannya. Nah, untuk itu inilah cara melihat spek laptop yang paling mudah. Hanya dengan melihat properties di windows explorer Anda sudah bisa mengetahui spek laptop.

Untuk bisa melihat properties disetiap laptop berbeda-beda, ada yang menggunanak “computer” adan juga yang menggunakan “This PC” tergantung windows yang digunakan. Namun dari semua yang ada pada intinya sama serta caranya juga tidak jauh berbeda, yakni seperti berikut ini.

  • Buka menu di komputer, atau windows explorer. Agar lebih cepat Anda juga bisa menekan tombol windows pada keybord dan huruf E.
  • Pilih “This PC” atau “Computer”, kemudian klik kanan.
  • Di bagian bawah silahkan pilih “Properties”.

Itulah cara atau tahapan untuk melihat spesifikasi laptop menggunakan properties di computer. Tentu ini merupakan cara yang paling mudah dan lebih sering digunakan oleh banyak orang.

Penutup

Kini Anda sudah mengetahui cara melihat spek laptop dengan banyak metode, mulai dari melihat di kardus kemasan, mencari tahu di internet, melihat di menu system, menggunakan dxdiag, cek di aplikasi command prompt, dan yang terakhir yakni melihat di properties computer.

Mengetahui spesifikasi laptop ketika hendak membeli maupun sudah memiliki laptop itu sendiri ternyata memang penting. Ketika sudah mengetahui spesifikasi laptop yang digunakan, Anda akan lebih paham batas kemampua laptop tersebut bisa digunakan untuk apa saja.

Sekian informasi terkait cara melihat spek laptop. Jika ada cara yang lebih mudah dan praktis selain seperti yang sudah ada di artikel ini Anda bisa membagikan info tersebut di kolom komentar.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Melihat Spek Laptop Dengan Sangat Mudah flagcounter