Cara Melacak HP yang Hilang Dengan Sangat Mudah

Cara Melacak HP yang Hilang Dengan Sangat Mudah

Smartphone atau HP ialah salah satu jenis barang yang menjadi incaran oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka dari itu bagi pemilik HP harus lebih waspada dan berhat-hati saat menggunakan atau menaruhnya. Meskipun saat ini ada banyak pilihan cara melacak HP yang hilang, namun tentu pencegahan ialah antisipasi yang paling tepat.

Bukan sebatas sebagai sarana komunikasi saja, seiring perubahan zaman dan kemajuan teknologi kini HP juga dimanfaatkan untuk keperluan bisnis online, transaksi keuangan, media hiburan, urusan pekerjaan, sarana belajar mengajar, dan masih banyak lagi. Maka wajar jika sangat disayangkan ketika HP yang selama ini Anda miliki hilang begitu saja.

Namun jika memang sudah terlanjur hilang, tak ada pilihan lain selain cobalah mempelajari tentang bagaimana cara melacak HP yang hilang, dengan harapan HP tersebut bisa segera ditemukan dan berada di tangan pemiliknya kembali.

Cara Melacak HP yang Hilang

Kehilangan benda yang berharga seringkali membuat panik dan khawatir. Oleh sebab itu cobalah untuk menenangkan diri terlebih dahulu kemudian lakukan beberapa cara seperti berikut ini yang menurut Anda paling mudah, serta kemungkinan besar bisa segera diketemukan.

Menggunakan layanan Find My Device-Google

Ini merupakan layanan resmi dari Google untuk mempermudah seseorang menemukan ponsel miliknya. Syarat utama agar bisa memanfaatkan semua fitur yang ada di Find My Device-Google ialah perangkat yang digunakan harus login gmail yang sama terlebih dahulu dengan HP yang akan dicari lokasinya.

Selain untuk mencari titik lokasi ponsel yang hilang, dengan menggunakan Find My Device-Google Anda juga bisa membunyikan ponsel dari jarak jauh selama 5 menit, menghapus semua konten yang tersimpan, dan mengirim pesan singkat. Adapun cara menggunakannya ialah seperti berikut ini.

  • Pastikan chroom yang digunakan sudah login menggunakan alamat email yang sama dengan HP yang akan dicari, jika sudah silahkan kunjungi url www.google.com/android/find
  • Ketika sudah benar maka akan muncul gambar dan tipe ponsel yang digunakan.
  • Silahkan cek lokasi ponsel yang hilang menggunakan maps yang ada di halaman pertama.
  • Jika sepertinya ponsel yang hilang berada tidak jauh dari lokasi Anda saat ini, cukup klik menu “Putar Suara” maka secara otomatis ponsel mengeluarkan suara layaknya panggilan masuk, meskipun ponsel tersebut dalam mode senyap.
  • Kemudian menu “Amankan Perangkat” ialah untuk keluar dari akun Google dan menampilkan pesan singkat di layar ponsel.
  • Menu yang terakhir ialah “Hapus Perangkat”, ini dilakukan biasanya ketika sudah tidak ada lagi harapan menemukan lokasi ponsel.

Menggunakan nomor IMEI

IMEI ialah sebuah nomor khusus yang melekat pada ponsel, setiap ponsel memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Nomor IMEI yang berjumlah 15 digit ini bisa Anda lihat dengan cara melakukan panggilan ke *#06#, cek di menu tentang ponsel, atau melihat di bagian luar box ponsel tersebut.

Nah, jika Anda ingin menggunakan IMEI untuk membantu menemukan ponsel yang hilang proses atau langkah yang harus dilakukan ialah seperti di bawah ini.

  • Pastikan Anda sudah mengetahui nomor IMEI dari ponsel yang hilang.
  • Kemudian meminta surat kehilangan dari kantor polisi dengan menyantumkan tipe ponsel dan nomor IMEI.
  • Hubungi call center dari brand ponsel tersebut dan ceritakan permasalahan terkait hilangnya ponsel yang Anda miliki.
  • Selanjutnya pihak operator yang ada hubungi akan mencoba melacak ponsel tersebut menggunakan nomor IMEI yang sebelumnya sudah Anda berikan saat menghubungi call center.

Menggunakan nomor HP atau WhatsApp

Ini merupakan cara melacak HP yang paling sederhana dan mudah dilakukan, Anda cukup melakukan panggilan melalui nomor telepon atau WhatsApp yang digunakan pada ponsel yang hilang. Tentunya dengan harapan ponsel tersebut ditemukan oleh orang yang bertanggun jawab, dan berkenan untuk mengembalikan pada pemiliknya.

Meskipun terlihat mudah, sebelum menghubungi ponsel yang hilang melalui nomor telepon atau WhatsApp alangkah baiknya Anda melakukan beberapa hal seperti berikut ini terlebih dahulu.

  • Jika ponsel tidak dalam keadaan terkunci atau pola, cobalah menghubungi dengan cara mengirim pesan singkat terlebih dahulu.
  • Cek aktivitas penggunaan WhatsApp, masih dalam keadaan online atau offline. Anda bisa lengsung menghubungi menggunakan nomor telepon jika ternyata status WhatsApp sudah offline.
  • Memperkenalkan diri dengan tutur bahasa yang sopan bahwa ada ialah pemilik dari ponsel tersebut.

Demikianlah pembahasan singkat terkait cara melacak HP, semoga informasi ini bermanfaat dan ponsel yang sedang Anda cari bisa segera diketemukan.

Namun agar tidak terulang kejadian yang serupa alangkah baiknya Anda juga harus lebih berhati-hati dan waspada, atau setidaknya mengetahui tetang tips menjaga HP supaya tidak mudah diambil alih oleh orang lain.

Tips Mencegah Ponsel Hilang

Di paragraf kedua pada artikel ini sudah disampaikan tentang beberapa fungsi ponsel di era modern seperti saat ini, diantaranya yakni untuk transaksi keuangan dan penyimpanan data penting. Oleh karenanya menjaga ponsel agar tidak hilang merupakan sesuatu yang wajib, sebab berkaitan dengan hal penting lainnya. Nah, untuk itu inilah tips yang bisa Anda lakukan.

Gunakan sandi atau pola di ponsel

Mengaktifkan kata sandi maupun pola memang terkesan kurang simpel saat ingin membuka ponsel, setiapkali ingin membuka ponsel Anda harus memasukan kata sandi atau pola tersebut. Akan tetapi ini sangat bermanfaat jika suatu waktu ponsel hilang atau tertinggal di tempat umum, siapapun yang menemukan ponsel tersebut sudah pasti tidak bisa membukanya dan data yang tersimpan di dalamnya pun tetap aman.

Instal aplikasi keamanan

Membuat sandi atau pola pada ponsel memang sudah cukup aman, namun perlu juga untuk menginstal aplikasi pengelola perangkat android. Ketika sudah mengintasl aplikasi pengelola perangkat android Anda bisa mencari lokasi ponsel menggunakan GPS atau menghapus data yang ada di ponsel seperti cara melacak HP menggunakan Find My Device-Google.

Tetap fokus ketika di tempat umum

Ponsel merupakan jenis barang mewah yang harganya bisa mencapai puluhan juta, selain itu ponsel juga tergolong sangat mudah untuk dijual kembali. Bagi sebagian orang yang tidak bertanggun jawab, mencuri ponsel juga termasuk hal yang sangat mudah, itulah kenapa kemudian ponsel menjadi salah satu tarjet utamanya.

Dimana pun Anda berada tetaplah fokus menjaga barang bawaan, pastikan ponsel berada di dekat Anda dan gunakan seperlunya saja. Modus yang paling sering dilakukan oleh para pencuri ialah menanyakan jam dengan harapan Anda melihatnya di layar ponsel, dengan begitu mereka bisa mengetahui dimana posisi ponsel berada.

Jangan gunakan ponsel sambil berjalan

Simpan ponsel saat sedang berjalan di tempat umum, terlebih ketika sedang mengendarai sepeda motor. Jika dalam keadaan yang sangat mendesak, misalnya harus mengangkat telepon atau membalas pesan masuk sebaiknya menepi terlebih dahulu dan pastikan di sekeliling Anda tidak ada orang yang nampak mencurigakan.

Selesai sudah ulasan tentang cara mencari HP dan tips mencegah ponsel agar tidak mudah hilang.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Melacak HP yang Hilang Dengan Sangat Mudah flagcounter