Cara Kompres Video Tanpa Harus Menguasai Program Editing

Pernahkah Anda ingin mengunggah sebuah video di media sosial yang Anda miliki atau platform lain namun tidak berhasil? Bahkan meskipun Anda sudah memperpendek waktunya namun tetap tidak bisa sama sekali? Ini bisa jadi dikarenakan oleh ukuran video yang terlalu besar. Anda harus menemukan cara kompres video yang mudah untuk diikuti namun tidak mengurangi sama sekali kualitas tampilannya sehingga tetap jernih, tajam dan tentu saja enak untuk dilihat.

Cara Kompres Video

Cara Kompres Video dan Apa Kegunaannya?

Banyak orang yang berpikiran bahwa mengompres video itu akan membuat tampilan dari videonya kurang berkualitas sama sekali dan tidak seperti kualitas video HD atau yang lebih baik lagi. Namun terkadang memang ada sebagian platform yang tidak bisa menampung video dengan ukuran yang besar dan semakin baik alat yang digunakan untuk merekam, akan semakin tinggi ukuran dari video tersebut. Hal inilah yang membuat banyak orang harus menemukan cara kompres video yang baik tanpa harus mengurangi kualitaas videonya.

Sesungguhnya kompresi video ini sangat dibutuhkan untuk koding data dari video lebih efisien lagi ke dalam bentuk file video maupun streaming video. Apa pengertian kompresi ini? Kompresi adalah suatu konversi sebuah data ke dalam bentuk format tertentu yang ukurannya jauh lebih kecil dan seringkali dilakukan supaya data bisa disimpan maupun disalurkan jauh lebih efisien lagi. Sementara itu dekompresi merupakan proses dari pengembalian data yang telah dikecilkan.

Jika proses dekompresi ini menghasilkan data serupa dengan yang sebelumnya dikompresi, maka itu akan disebut dengan lossless. Sementara bila data yang telah didekompresi ini menghasilkan data yang ukurannya lebih kecil, maka itu disebut dengan lossy. Walaupun kompresi dari video lossless sangat mungkin untuk dilakukan, namun praktiknya sangat jarang digunakan dan semua data dari video yang standar seringkali membuang beberapa data dari kompresi lossynya dan video yang ukurannya lebih kecil bisa diunggah dengan mudah.

Cara Kompres Video Dengan Berbagai Media

Video itu memiliki banyak sekali kegunaan untuk manusia khususnya dalam mengabadikan berbagai jenis momen kegiatan yang penting termasuk juga untuk bisnis online. Tergantung dengan penggunaannya, ukuran dari file video yang besar biasanya akan menjadi masalah sebab bisa memakan ruang penyimpanan yang begitu besar pada PC maupun gadget dan inilah beberapa cara kompres video yang mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus sehingga pemula bisa menggunakannya yaitu:

Menggunakan Movie Maker

Aplikasi yang satu ini sudah sangat terkenal di kalangan para editor video karena mudah utuk digunakan sebab aplikasi ini juga merupakan bawaan dari komputer yang menggunakan Operating System atau OS Microsoft. Aplikasi ini sangat berguna untuk Anda yang dapat dikatakan masih belum terlalu ahli dalam hal editing. Bukan hanya bisa mengompres ukuran dari video saja melainkan juga Anda bisa memasukkan tambahan musik ke dalam video sampai dengan memberikan beragam efek yang Anda inginkan. Inilah langkah untuk dapat mengompres ukuran video dengan aplikasi ini antara lain:

  1. Buka aplikasinya dan kemudian pilihlaah menu yang berjudul “Add Video” dan selanjutnya Anda bisa memilih video yang ingin Anda kompres.
  2. Kemudian pilih lagi menu “File” dan selanjutnya tekan “Save Movie”. Anda harus menyimpan video ini dengan nama baru.
  3. Tunggu sampai semua video itu tersimpan dengan baik dan bila sudah selesai, ukuran video itu pun akan berkurang langsung dengn otomatis dan kelebihannya adalah kualitas dari video tersebut tidak akan berkurang meskipun ukurannya telah dikompres.

Menggunakan VidCompact

Selain Movie Maker yang sudah tersedia di dalam gadget Android Anda, masih ada cara lain untuk mengompres video yaitu dengan menggunakan VidCompact yang merupakan suatu aplikasi untuk mengedit video khusus android yang bisa Anda unduh dengan gratis dan sudah memiliki suatu fitur berupa kompres video mp4. Dengan kata lain, Anda bisa mengompres ukuran dari video yang memiliki format MP4. Inilah cara untuk melakukan kompresnya yaitu:

  1. Unduh dan pasang aplikasi ini ke dalam PC yang Anda miliki dan kemudian buka
  2. Pilih menu “Trim and Compress” dan selanjutnya pilihlah video yang ingin dikurangi ukurannya
  3. Anda dapat memiliki ukuran resolusi dari video sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan Anda yang dimulai dari 240p sampai dengan 480p
  4. Bila sudah selesai, Anda harus memilih “Compress Video” dan selanjutnya memilih “Save to Gallery” sehingga hasil dari video yang sudah dikompres itu bisa dapat tersimpan dalam galeri ponsel Anda atau PC.

Langsung di situs YouCompress

Ada pula cara di mana Anda tidak perlu mengunduh maupun memasang aplikasi apapun dan bisa mengompres video dengan mudah yaitu langsung menggunakan situs YouCompress. Ini merupakan situs yang Anda dapat akses kapanpun tanpa pemblokiran apapun. Sekitar 80% dapat dikompres dengan baik bahkan kualitas videonya pun tidak berkurang sama sekali dan inilah caranya antara lain:

  1. Buka dan masuk langsung ke dalam situs YouCompress dan kemudian pilih menu “Select File” dan selanjutnya Anda hanya perlu memilih video dari galeri Anda yang ingin dikompres
  2. Tunggu dulu sekitar beberapa detik karena mengunggah video juga memerlukn waktu termasuk dengan proses untuk kompresinya dan bila telah selesai semua proses, maka Anda hanya perlu mengunduh file video tersebut.

Cara Kompres Video Dengan Ponsel Android

Selain dengan beberapa metode yang telah disebutkan, rupanya masih ada lagi cara kompres video yang lainnya dan bisa Anda gunakan tanpa harus menjadi mahir dalam bidang editing antara lain:

  • Menggunakan PandaCompressor

Saat ini banyak sekali yang ingin tahu aplikasi apa yang cocok untuk mengompres maupun mengedit video dengan ponsel pintar tanpa harus melalui PC sehingga pengguna bisa langsung mengunggah video itu pada media sosial yang mereka miliki dan PandaCompressor merupakan salah satu aplikasi yang tepat. Inilah caranya antara lain:

  1. Unduh dan pasang apliksi ini dan ukurannya hanya sekitar 14MB saja dan jika sudah selesai menginstal, maka Anda bisa membuka aplikasinya dan pilih video yang mau dikompres.
  2. Terdapat sekitar 3 ukuran berkas yang berbeda mulai dari kecil, medium dan besar. Untuk kecil, maka ukuran video ini akan dikecilkan sampai pada ukuran yang maksimal. Jika memilih medium, maka metode kompresnya pun akan diambil pertengahannya antara ukuran dan kualitas. Sementar jika memilih yang besar, maka kualitas akan jauh lebih diutamakan.
  3. Setelah memilih, maka klik Compress dan jika sudah selesai, maka cobalah menekan tombol Simpan dan Anda hanya perlu membuka tempat dari video yang telah dikompres dan ukurannya akan diinformasikan mulai dri 20MB, 50MB dan sebagainya.

Anda bebas untuk memilih aplikasi atau cara kompres video mana yang paling mudah dan mungkin paling cepat Anda kuasai caranya tanpa kesulitan sama sekali. Dengan demikian, kapanpun Anda membutuhkan video dengan ukuran yang mumpuni, maka Anda bisa langsung mengedit dan mengurangi ukurannya dengan aplikasi yang disebutkaan tanpa mengurangi semua kualitasnya.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar