Cara Kompres Video di Hp Menggunakan Aplikasi Maupun Tidak

Cara Kompres Video di Hp Menggunakan Aplikasi Maupun Tidak

Hampir semua ponsel keluaran terbaru saat ini sudah dibekali dengan spesifikasi yang sangat bagus, terutama di bagian ruang penyimpanan dan kualitas kamera. Hingga pada akhirnya, foto dan video yang dihasilkan pun memiliki resolusi yang cukup tinggi. Sayangnya hal ini justru terkadang menjadikan sebagian orang ingin mencari tahu bagaimana cara kompres video di hp, tujuannya tentu agar memori hp tidak cepat penuh, lebih ringan saat ingin diunggah di sosial media, dan lain sebagainya.

Di Play Store, sebagai tempat untuk mendownload berbagai macam aplikasi Anda bisa dengan mudah menemukan aplikasi untuk mengkompres atau memperkecil ukuran video. Namun tentu semakin banyaknya pilihan justru menjadikan Anda ragu memilih mana yang paling terbaik dan cocok untuk digunakan.

Rekomendasi Aplikasi Kompres Video

Agar lebih lengkap sekaligus Anda bisa mempraktekan langsung tentang cara kompres video di hp, inilah rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan dan tutotial penggunaannya.

YouCut

YouCut ialah merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh InShot Inc, aplikasi ini sebetulnya lebih sering digunakan untuk mengedit video. Sebab selain bisa untuk mengkompres ukuran video, YouCut juga dibekali dengan fitur tambahan seperti memotong video, menambahkan suaran, dan masih banyak lagi. Nah, untuk merubah ukuran atau mengompres video caranya ialah seperti berikut ini.

  • Di halaman pertama aplikasi YouCut silahkan pilih ikon plus (+).
  • Pilih dan masukan video yang Anda inginkan.
  • Saat ini video sudah berada di menu edit, jika ingin langsung mengompres silahkan pilih kualitas video.
  • Dan yang terakhir silahkan klik Compress, kemudian tunggu hingga proses penyimpanan file ke galeri hp selesai.

VidCompact

Pilihan selanjutnya yang mungkin bisa Anda coba ialah dengan menggunakan aplikasi VidCompact. Saat pertamakali dirilis yakni pada tahun 2016 VidCompact memang hadir sebagai aplikasi yang hanya khusus untuk merubah ukuran file video dan audio. Namun belakangan ini VidCompact mulai berkembang dan beberapa fiturnya bisa diandalkan juga untuk mengedit video.

Bagi Anda yang sudah memiliki aplikasi VidCompact dan ingin tahu bagaimana cara memperkecil ukuran video, berikut ialah tutorial singkatnya.

  • Pilih terlebih dahulu menu Trim & Compress dan masukan video yang akan dirubah ukurannya.
  • Selanjutnya pilih resolusi yang Anda inginkan.
  • Kemudian proses selanjutnya ialah klik Compress Video.
  • Pilih Save to Gallery dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Panda Video Compressor

Cara kompres video di hp berikutnya Anda bisa menggunakan aplikasi yang satu ini. Jika sebatas digunakan untuk mengecilkan ukuran video, Panda Video Compressor memang sangat rekomended untuk Anda coba. Selain mudah digunakan, kualitas gambar video yang sudah di kompres pun tidak terlalu berbeda jauh dengan aslinya, masih terlihat tajam dan enak ditonton.

Mayoritas pengguna Panda Video Compressor ini pun memberikan rating dan komentar yang positif. Nah, jika Anda juga ingin menjadi bagian dari komunitas pengguna Panda Video Compressor, simak caranya seperti berikut ini.

  • Langkah pertama setelah membuka aplikasi Panda Video Compressor, silahkan pilih video yang akan Anda perkecil ukurannya.
  • Pilih ukuran yang Anda inginkan mulai dari small, medium, large.
  • Klik compress kemudian save atau simpan.

Compress Video

Ada banyak jenis aplikasi kompres video dengan nama yang hampir sama, untuk yang ini pastikan Anda memilih aplikasi dengan nama Compress Video dari developer Technozer Solution. Anda bisa mendownload aplikasi ini melalui Play Store maupun App Store.

Dari sekian banyak pengguna Compress Video rata-rata merasa puas dan memberikan komentar bahwa, Compress Video tetap memiliki kualitas video yang bagus meskipun ukuran video berkurang. Adapun cara menggunakannya ialah seperti berikut.

  • Pilih menu select file untuk memilih video yang akan dikompres.
  • Kemudian pilih format video dan ukurannya.
  • Klik compress dan tunggu hingga proses penyimpanan selesai.

Video Converter

Khusus untuk aplikasi ini memliki dua versi yakni Video Converter dan Video Converter Pro. Untuk yang pertama bisa Anda gunakan secara gratis, sedangkan Video Converter Pro hanya bisa didownload dengan biaya pembelian seharga 76 ribu. Meskipun ada perbedaan namun keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni untuk mengkompres video dengan sangat simpel seperti berikut ini.

  • Pilih video yang ingin dirubah ukurannya, bisa satu video atau lebih.
  • Di menu setting silahkan pilih format video, ukuran video, dan penyesuaian lainnya.
  • Pada halaman explore silahkan klik video converter untuk proses penyimpanan file.

Bagimana, cara kompres video di hp ternyata cukup mudah bukan? Hanya dengan mendownload sebuah aplikasi dan melakukan beberapa kali sentuhan di layar smartphone kini video Anda sudah berhasil dikompres secara sempurna.

Namun ternyata mengubah ukuran video juga bisa dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Cara ini biasanya dilakukan bagi mereka yang tidak ingin terlalu banyak mengisntall aplikasi di Hp.

Cara Kompres Video Di Hp Tanpa Aplikasi

Setelah mengetahui cara kompres video dengan aplikasi, kini saatnya Anda memahami bagaimana cara kompres video yang tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cara paling mudah untuk mengkompres ukuran video tanpa menggunakan aplikasi tambahan yakni dengan mengunjungi situs-situs online seperti di bawah ini.

Clideo

Tampilan website yang sangat sederhana dan ringan menjadikan Clideo ini cocok digunakan untuk pemula sekalipun. Selain fitur kompres video, Clideo juga bisa digunakan untuk mengedit video seperti menambahkan subtitle, crop, menambahkan meme, mengatur speed, dan masih banyak lagi.

Kemudian cara penggunaanya ialah seperti berikut :

  • Kunjungi situs www.clideo.com, dan klik menu Compress.
  • Klik choose file untuk memilih video yang akan di kompres dan tunggu hingga proses uploading selesai.
  • Klik download untuk mengunduh dan menyimpan video yang sudah selesai di kompres.

Media.io

Situs yang salah satu kegunaanya untuk mengompres video ini juga termasuk sangat layak untuk Anda coba. Apalagi jika Anda seorang Youtuber yang ingin membuat intro video dengan mudah dan menarik. Pasalnya, di situs ini sudah tersedia banyak template video intro dengan berbagai macam kategori.

Jadi, langasung saja kunjungi situs media.io dan ikuti langkas seperti di bawah ini untuk mengkompres video.

  • Di halaman awal silahkan pilih menu Compressor dan klik Start To Compress.
  • Pilih video yang akan di kompres dengan cara klik “choose file”.
  • Kemudian pilih resolusi dan format video yang Anda inginkan, jika sudah silahkan klik tombol compress.
  • Tunggu hingga proses uploading selesai dan klik download file untuk menyimpan video di perangkat Anda.

Itulah cara kompres video di hp baik menggunakan aplikasi tambahan maupun hanya dengan cara online saja. Kini Anda sudah menguasai kedua metode untuk mengompres video, semoga kedua cara atau metode tersebut bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Kompres Video di Hp Menggunakan Aplikasi Maupun Tidak flagcounter