Cara Jualan Online Internasional Terget Penjualan Luar Negeri

Cara Jualan Online Internasional Terget Penjualan Luar Negeri

Tingkat persaingan di dunia bisnis toko online menunjukan grafik yang semakin tinggi, mulai banyak orang yang bisa menjual produk secara online baik di marketplace maupun sosial media. Dan inilah saatnya bagi Anda untuk menargetkan komsumen dari luar negeri, namun sebelumnya Anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara jualan online internasional.

Ini memang sebuah kenyataan yang tidak bisa dihindari, banyaknya penjual online di Indonesia berdampak pada semakin sulit bersaing untuk memperoleh pembeli sehingga penghasilan pun menurun. Walaupun telah mencoba memasarkan produk unik yang berkualitas, namun cara ini belum tentu berhasil juga.

Mengapa Harus Go Internasional

Bicara soal jualan online internasional, mungkin Anda juga sudah pernah membeli produk dari luar negeri. Nah, mengapa Anda tidak mencoba untuk sebaliknya? Yakni memasarkan produk asli Indonesia di marketplace luar negeri.

Asalkan bisa memilih produk yang banyak diminati dan berkualitas, serta dipadukan dengan model pengemasan yang menarik, tentu banyak calon pembeli dari luar negeri yang tertarik dan tidak segan membayar mahal.

Didukung dengan kemudahan mengakses internet dan transaksi keungan digital, menjadikan peluang jual beli online dengan target pasar luar negeri semakin terbuka lebar. Bahkan saat ini sudah banyak pilihan jasa ekspedisi ke luar negeri, sehingga Anda dapat mengirim barang tanpa masalah.

Bagimana? Anda masih bertahan untuk jualan online di dalam negeri saja, atau ingin coba mengetahui bagaimana cara jualan online internasional. Melihat potensi keuntungan yang diperoleh dan mudahnya jualan online di luar negeri tentu Anda harus mencobanya.

Cara Jualan Online Internasional

Berikut ialah cara atau persiapan-persiapan yang harus Anda lakukan jika ingin sukses jualan dengan target pembeli luar negeri secara online.

Memahami bahasa Inggris

Sudah menjadi hal yang wajar, jika ingin berjualan di luar negeri maka Anda harus bisa berkomunikasi menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Selain sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan calon pembeli, bahasa Inggris digunakan juga untuk menulis judul produk, deskripsi, dan yang lainnya.

Namun untuk awalan mungkin bisa mengandalkan layanan dari Google Translate terlebih dahulu. Meskipun pada nantinya Anda juga harus menguasai bahasa Inggris agar bisa berkomunikasi dengan lebih lancar. Sehingga ketika memberikan penjelasan terkait detail produk kepada calon pembeli tidak membutuhkan waktu yang lama.

Cara mengirim produk

Mengirim produk ke luar negeri tentu berbeda jika dibandingkan dengan pengiriman di dalam negeri. Biasanya agar bisa mengirim produk ke luar negeri Anda perlu mengisi berbagai dokumen terlebih dahulu. Selain itu perlu Anda ketahui juga perusahaan ekspedisi apa saja yang bisa digunakan untuk pengiriman ke luar negeri.

Agar komsumen merasa lebih puas dengan layanan jualan online internasional yang sedang Anda kelola, sebaiknya sediakan banyak pilihan jasa ekspedisi. Sehingga bisa menentukan pilihannya sendiri terkait dengan tarif dan durasi pengiriman.

Metode pembayaran lintas negara

Menggunakan metode pembayaran yang bisa digunakan lintas negara ialah sesuatu yang wajib Anda miliki. Sebab sudah pasti, jika nantinya calon pembeli di toko online luar negeri ialah berbagai orang dari negara yang berbeda-beda.

Yang paling sering digunakan untuk transaksi keuangan online antar negara yakni menggunakan Paypal dan Payoneer. Atau Anda juga bisa memilih menggunakan rekening dari bank dalam negeri yang memang sudah bisa digunakan untuk transaksi ke luar negeri.

Memilih produk unik dan berkualitas

Saat Anda memutuskan untuk menjual produk di luar negeri, maka harus siap bersaing dengan semua penjual dari berbagai negara. Oleh sebab itu, memilih produk terbaik dengan keunikan tersendiri ialah pilihan yang tepat agar pembeli mudah tertarik saat pertama kali melihat produk tersebut.

Kemudian pastikan juga bahwa produk tersebut masih sulit ditemui di negara target penjulan yang Anda pilih. Misalnya, jika disuatu negara terkenal dengan fashionnya seperti Prancis, maka sebaiknya hindari menjual pakaian di negara tersebut.

Adapun produk yang paling direkomendasikan untuk dijual di luar negeri ialah produk khas daerah seperti kain batik, anyaman dari bambu, jam tangan kayu, tanaman hias, dan berbagai jenis handmade lainnya.

Memilih marketplace luar negeri terbaik

Ada banyak marketplace luar negeri yang bisa dijadikan toko online tempat untuk Anda menjual produk, misalnya yakni seperti Amazon, Alibaba, dan lain sebagainya. Dari beberapa marketplace atau toko online juga memiliki karakteristik, kekurangan, dan kelebihan masing-masing. Perlu dipelajari juga tentang aturan dan persyaratan dari marketplace yang akan digunakan.

Cara jualan online internasional yang paling mudah yakni bergabung atau menjadi penjual di beberapa platform marketplace sepeti yang disebutkan di atas. Nah, selain Amazon dan Alibaba masih ada juga beberapa marketplace luar negeri yang cocok untuk digunakan. Diantara merketplace tersebut ialah seperti berikut ini.

Rekomendasi Marketplace Luar Negeri

Selain marketplace yang memang sudah sangat familiar digunakan seperti Amazon dan Alibaba, berikut beberapa marketplace yang juga tak kalah populernya.

eBay

Berdiri pada tahun 1995 kini eBay banyak digunakan untuk transaksi jual beli antar negara. Situs marketplace yang satu ini identik dengan pelelangan produk, dimana pembeli bisa menawar harga dari produk yang di iklankan oleh penjual hingga bertemu dengan harga yang disepakati.

Meskipun di eBay terdapat banyak jenis produk yang dijual, mulai dari fashion, elektronik, produk kesehatan, dan lain sebagainya. Namun eBay lebih lebih identik dengan marketplace barang-barang unik dan langka, misal seperti kartu pokemon atau Pokemon Card Game.

Etsy

Esty ialah tempat berjualan barang-barang unik dari berbagai negara. Banyak penjual dari Indonesia yang menggunakan Esty untuk menjual baju batik dan kerajinan tangan lainnya. Selain produk kerajinan tangan, menjual tanaman hias yang jarang ditemui di negara lain juga merupakan pilihan yang tepat.

Di marketplace yang satu ini Anda bisa dipertemukan retailer kecil dan menengah yang memiliki brand sebagai pemasok produk vintage dan handcrafted. Jika Anda tidak memiliki produk untuk dijual, Esty juga menyediakan program affiliate sehingga Anda tetap bisa memperoleh penghasilan tambahan.

Rakuten

Sebelum mengubah nama menjadi Rakuten, marketplace ini awalnya bernama buy dot com. Ada berbagai kategori barang yang dijual termasuk produk elektronik, kosmetik, peralatan dapur, dan perlengkapan olahraga. Selain itu Anda juga bisa coba memasarkan variasai kendaraaan dan furnitur unik yang menonjolkan nilai seni dan multifungsi.

Di Rakuten ini memang banyak kelebihan yang ditawarkan untuk akun penjual. Dan diantaranya yakni tersedia fitur personal manager yang siap membantu Anda sukses berjualan online di Rakuten. Banyak juga promo-promo menarik yang tentu ini sangat menguntungkan bagi penjual maupun pembeli.

Selesai sudah ulangan terkait cara jualan online internasional dan beberapa rekomendasi marketplacae terbaik yang bisa digunakan untuk memasarkan produk ke luar negeri. Selamat mencoba dan semoga sukses yah sobat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Jualan Online Internasional Terget Penjualan Luar Negeri flagcounter