Cara Jualan Online Dengan Mudah Untuk Pemula

Pasar online saat ini memang mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Hampir seluruh pelaku bisnis mulai mengalihkan konsentrasinya ke sistem online, lihat saja seperti Matahari, Idomaret, dan lain sebagainya kini juga tersedia transaksi yang berbasis online.

Bahkan tak jarang toko-toko di pasar justru gulung tikar yang disebabkan oleh munculnya toko online. Di era industri 4.0 seperti saat ini, siapa saja asalkan memiliki akses ke internet pasti dengan mudah bisa menjadi penjual online.

Cara Jualan Online

Langkah awal dan cara jualan online

Cara jualan online memang gampang, kamu bisa melakukannya di marketplace maupun di situs media sosial. Bahkan bagi seseorang yang ahli IT ia bisa dengan mudah membuat toko online sendiri, dan sesuai dengan nama domain yang diinginkan. Namun yang akan kita bahas kali ini ialah cara jualan online bagi pemula. Dan berikut ialah langkah atau cara yang bisa kamu lakukan.

1. Tentukan produk yang akan kamu jual

Ini adalah langkah awal yang harus kamu pertimbangkan. Memulai bisnis jual beli baik offline maupun online yang pertama kali harus direncanakan yakni memilih jenis produk yang akan di jual. Jika kamu seorang wanita mungkin bisa memulainya dengan berjualan barang-barang atau kebutuhan yang masih keterkaitan dengan seorang wanita. Misalnya berjualan kerudung, make up, pakaian wanita dan lain sebagainya.

Sebagai masukan, yang hari ini sedang ramai diminati ialah pakaian dalam wanita import. Namun jika kamu memiliki hobi berolahraga dan ingin menjadikan hobi tersebut sebagai peluang bisnis, kamu bisa memulainya dengan menjual peralatan olehraga seperti sepatu, bola, raket, kaos olahraga, dan lain sebagainya. Jika kamu masih belum menemukan ide, silahkan kamu bisa mencarinya di laman pencarian Google terkait dengan produk yang ingin kamu jual.

2. Membuat nomor rekening

Hal yang wajib kamu lakukan selanjutnya sebelum terjun ke dunia bisnis online yakni memiliki sejumlah nomor rekening. Usahakan jangan sampai calon pembeli gagal melakukan transaksi jual beli yang disebabkan oleh tidak adanya nomor rekening yang satu Bank. Minimal kamu sudah memiliki beberapa nomor rekening Bank besar, seperti BCA, BNI, atau BRI.

3. Membuat akun media sosial

Selain di marketplace atau situs jual beli online, kamu juga harus mempromosikan produk dagangan di media seosial seperti facebook, instagram, atau twitter. Namun yang perlu dipehatikan ialah akun yang kamu buat harus benar-benar menampakan jati diri identitas kamu, agar calon pembeli merasa yakin dan tidak takut akan terjadinya tindak penipuan.

Selain itu kamu juga harus rajin melakukan promosi di grub-grub jual beli yang sudah tersedia. Khusus untuk di Facebook sebaiknya juga membuat fanspage agar nantinya kamu bisa melakukan promosi dengan menggunakan jasa iklan perbayar.

4. Membuat toko online di marketplace

Marketplace adalah situs toko online dimana kamu bisa mengupload dan mempromosikan beberapa produk kamu di sana dengan gratis. Marketplace yang terpopuper di Indonesia diantaranya ialah, Bukalapak, Shopee, Lazada, Tokopedia, dan Elevenia.

Salah satu keunggulan bergabung dengan marketplace yakni kamu juga bisa memperoleh fasilitas atau fitur metode bayar di tempat (COD) dan gratis ongkir yang disediakan oleh marketplace tersebut. Selain itu pembeli juga tidak akan khawatir atas tindak penipuan, sebab setiap pembayaran dilakukan melalui rekening bersama.

5. Belajar copywriting

Copywriting adalah teknis penulisan iklan yang baik dan tersusun dengan rapih. Seperti sales pada toko offline saat menawarkan produknya mereka tentu menggunkan bahasa yang bagus. Begitupun mengelola toko online, kamu harus menggunakan bahasa atau penulisan yang baik agar calon pembeli merasa tertarik dengan produk yang kamu jual. Minimal kamu harus menyertakan manfaat dan kegunaan dari produk tersebut.

Itulah beberapa langkah atau cara jualan online. Lima langkah diatas ialah sebagai awalan saja, jika kamu sudah menguasai cara tersebut dan memiliki pemasukan laba pasti perbulan, sebaiknya nanti juga belajar tentang memaksimalkan Facebook Ads dan Google Adwords agar produk kamu semangkin dikenal banyak orang dan banjir orderan.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar