Cara Jualan di Youtube Paling Efektif

Cara Jualan di Youtube Paling Efektif

Youtube menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan di Indonesia, bahkan dunia. Selain bisa menonton berbagai channel YouTube, kamu juga bisa memanfaatkan YouTube sebagai peluang bisnis asalkan kamu tahu tentang cara jualan di YouTube.

Faktanya pengguna YouTube di Indonesia meningkat 3 kali lipat sejak tahun 2015. Artinya sangat memungkinkan YouTube bisa menjadi ladang bisnis bagi kita semua.

Cara jualan di YouTube juga tidak sulit dan memakan banyak modal. Justru banyak pengusaha yang memanfaatkan YouTube untuk mencari traffic serta menambah keuntungan bisnisnya.

Untuk mempromosikan produk lewat YouTube, tentu saja kamu harus membuat channel YouTube bisnis kamu terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa berjualan dan mempromosikan produk yang kamu miliki.

6 Cara Jualan di Youtube

Jualan di YouTube bisa dikatakan susah-susah gampang. Sebab hal yang menjadi kunci adalah jumlah viewers. Semakin banyak penonton di channel YouTube kita, maka semakin besar pula traffic yang masuk ke website bisnis kita.

Berikut ini persiapan yang harus kamu lakukan sebelum jualan di YouTube:

1. Tentukan Jenis Video

Untuk mendapatkan banyak penonton, kamu harus menentukan jenis video apa yang ingin dibuat. Misalnya kamu ingin membuat konten unboxing sambil review produk.

Maka kamu bisa menonton referensi video unboxing lain di channelYouTube. Masukkan juga tips dalam memilih produk yang tepat dan selipkan alasan mengapa mereka harus membeli produk kamu.

Untuk membuat konten promosi, kamu tidak harus membuat video jualan terus menerus. Sebab hal ini akan membosankan dan justru membuat penonton bosan.

Selipkan video edukasi atau tips saat menggunakan produk kamu. Buatlah video yang menjelaskan alasan harus membeli produk yang kamu jual.

Misalnya kamu menjual produk make-up, maka kamu bisa buat video tutorial make-up dan buatlah review ketahanan make-up yang kamu jual.

Kamu juga bisa bekerja sama dengan konten creatorYouTube lain yang sering membuat konten make-up. Dengan kerja sama ini, para influencer akan menarik banyak pelanggan untuk membeli produk yang kamu jual.

2. Gunakan Youtube Ads

Youtube ads bisa membantu kamu mempromosikan video bisnis kamu ke penonton yang mungkin tertarik dengan produkmu. Youtube ads menargetkan pengguna dengan mempertimbangkan minat, topic dan demografi.

Fitur YouTubeads memberikan kamu kesempatan untuk memilih lokasi iklan yang akan muncul. Kamu juga bisa menentukan formatnya dan membayar iklan per tampilannya.

Youtube ads bisa menarik banyak calon konsumen yang menonton iklan kamu dan akhirnya pergi ke link marketplace yang sudah kamu selipkan di video.

3. Pahami Algoritma Youtube

Youtube juga memiliki algoritma yang perlu kamu pelajari. Jika memahami algoritma, maka kamu bisa memaksimalkan penggunaan YouTube.

Pada dasarnya YouTube akan memantau engagement seperti subscribe, like, dislike dan lainnya selama 3×24 jam pertama sejak video kamu di upload. Hal inilah yang akan menentukan video kamu bisa masuk ke trend atau tidak.

Youtube analytics juga bisa kamu gunakan untuk melihat view, watchhour, subscribe, durasi rata-rata orang menonton dan lainnya.

Cara jualan di YouTubedengan memahami YouTubeanalytics juga bisa menambahkan banyak pelanggan. Sebab YouTubeanalytics akan memberikan data yang kamu butuhkan.

Mulai dari pengalaman video pertama termasuk dalam referral pertama video kamu dicari di YouTube. Selain itu data terkait berapa banyak viewers yang menonton.

Lalu di kelompok usia berapa dan gender apa yang bisa membuat video jadi populer. Serta banyaknya komentar yang kamu dapatkan dari video yang kamu upload ke channelYouTube bisnis kamu.

4. Call to Action

Jika kamu sudah mengupload video jualanmu, selanjutnya kamu bisa menambahkan call toaction di akhir video atau bisa ditempatkan di kolom deskripsi.

Sertakan link e-commerce yang kamu miliki serta sosial media bisnis kamu. Hal ini akan menambah traffic keakun bisnis kamu.

Sediakan link yang bisa membuat calon pelanggan langsung masuk ke halaman jualan kamu. Agar mereka bisa langsung membeli tanpa pikir panjang.

Jangan lupa untuk selipkan kata kunci dengan research SEO terlebih dahulu. Kata kunci inilah yang akan membuat video kamu mudah ditemukan.

Pelajari SEO dan buatlah kata kunci produk yang akan muncul pertama kali di halaman pencarian saat orang lain mengetikkan kata kunci tersebut. Kata kunci ini bisa berpengaruh terhadap naiknya jumlah view di video kamu.

Sebab semakin mudah video kamu ditemukan, maka semakin viewers semakin tertarik karena video kamu di posisi teratas dibandingkan video lain yang sama-sama membahas tentang produk yang kamu jual.

5. Buat Cerita yang Mudah Dimengerti

Video YouTube bisa membuat banyak penonton tertarik dan ingin membeli produk kamu. Oleh sebab itu kamu harus membuat cerita yang mudah dimengerti serta bahasa yang dipahami semua orang.

Jika kamu menjual suatu produk, cobalah review dari packaging terlebih dahulu. Barulah masuk ke produknya dan deskripsikan secara jelas bagaimana produk ini.

Jangan gunakan bahasa yang berlebihan. Review produk dengan bahasa yang mudah dimengerti dan review produk apa adanya dan jangan di lebih-lebihkan.

Sebab jika kamu terlalu melebih-lebihkan, maka saat konsumen membeli dan tidak sesuai dengan review kamu di YouTube, justru mereka akan kecewa dan bisa memberikan komentar negative di video kamu.

Review semua klaim yang ada di produk kamu bahkan kamu bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum di review. Hal ini akan meningkatkan rasa kepercayaan konsumen ketika melihat penjualnya sudah memakainya terlebih dahulu.

6. Konsisten

Cara jualan di YouTubeyang bisa mendatangkan banyak keuntungan yakni dengan konsisten. Mengupload konten di YouTube tentu harus konsisten. Jangan sampai kamu malas mengupload video karena tidak ada ide konten.

Untuk mencegahnya, kamu bisa tuliskan gambaran ide yang akan dijadikan konten YouTube. Buatlah video dua kali dalam seminggu agar tidak terlalu sering dan tidak terlalu jarang.

Upload dua video dalam seminggu juga menjadi rutinitas yang harus konsisten. Kamu bisa gunakan tema apapun untuk video kamu.

Tidak melulu tentang promosi produk, tapi juga buatlah konten video edukasi, review atau testimony dari konsumen agar bisa menarik banyak calon konsumen untuk membeli produk kamu.

Itulah beberapa cara jualan di YouTubeyang perlu kamu ikuti. Pastikan kamu membuat video yang unik dan berbeda dengan lainnya.

Kamu bisa jadikan konten YouTube lain sebagai inspirasi, tapi kamu harus membuat video dengan kreativitasmu dan buatlah seunik mungkin agar menarik banyak viewers dan subscriber.

kamu bisa mencari inspirasi dari konten video YouTube lainnya, asalkan jangan lakukan plagiarisme. Buatlah konten video yang original dan mengikuti tren.

Sebab YouTube memiliki tren video yang terus berubah. Jika kamu membuat video dengan mengikuti tren, maka video kamu bisa mendapatkan banyak viewers yang penasaran dengan tren video YouTube.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Jualan di Youtube Paling Efektif flagcounter