Cara Jualan di Shopee Meskipun Tidak Memiliki Produk

Bukan hanya berstatus sebagai konsumen saja, tapi dengan menggunakan aplikasi Shopee Anda juga bisa sekaligus menjadi penjual dan sangat berpeluang memperoleh penghasilan hingga jutaan rupiah. Cara jualan di Shopee juga sangat mudah, Anda yang tidak berpengalaman di bisnis online pun tentu bisa melakukannya.

Meskipun bukan yang pertama masuk di Indonesia, kini Shopee berhasil menjadi salah satu marketplace terbesar dengan jumlah pengguna terbanyak. Ini bisa jadi disebabkan oleh kemudahan dan kelengkapan fitur yang tersedia.

Semakin banyak jumlah pengguna Shopee, itu artinya semakin banyak juga peluang Anda untuk sukses berjualan di Shopee. Syarat utama agar bisa jualan di Shope ialah harus memiliki akun terlebih dahulu, dan berikut ialah cara membuatnya.

cara jualan di shopee

Cara Membuat Akun Shopee

Sebelum lanjut ke pembahasan terkait proses cara jualan di Shopee, Anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara membuat akun Shopee, serta apa saja yang harus dipersiapkan. Mustahil Anda bisa melakukan aktivitas jual beli tanpa memiliki akun terlebih dahulu.

  1. Siapkan alamat email dan nomor handphone yang masih aktiv untuk proses verifikasi.
  2. Kunjungi situs shopee.co.id atau download aplikasinya di PlayStore.
  3. Jika menggunakan aplikasi silahkan klik “saya” di pojok bawah.
  4. Klik tombol “daftar”.
  5. Lengkapi pengisian formulir dan ikuti proses selanjutnya dengan benar.

Setelah selesai membuat akun Shopee langkah selanjutnya ialah membuat toko atau seller. Dan disinilah nanti Anda bisa menguploud foto produk, menentukan harga jual, serta pengatur alamat pengiriman.

Cara Jualan di Shopee

Membuat toko dan berjualan di Shopee sebetulnya bisa dilakukan melalui aplikasi atau mengunjungi situs resminya. Nah, agar terasa lebih mudah dan bisa menggunakan smartphone maka sebaiknya melalui aplikasi saja. Adapun untuk proses optimasi selanjutnya Anda bisa menggunakan layar destop dan mengunjungi situs Shopee.

  1. Pada menu “saya” yang menggunakan ikon kepala silahkan Anda lihat tombol “mulai jual” yang berada di pojok atas.
  2. Kemudian klik tombol “tambah produk”.
  3. Silahkan isi semua keterangan produk termasuk foto, judul, diskripsi, harga, dan lain sebagainya. Namun biasanya Anda akan diarahkan untuk mengisi alamat dan jasa pengiriman terlebih dahulu.
  4. Jika semua data terkait produk sudah diisi dengan lengkap silahkan klik tombol “tampilkan”.

Selamat kini Anda sudah memiliki akun penjual dan produk yang siap untuk dilihat oleh jutaan orang. Agar toko terlihat lebih menarik maka harus ada beberapa hal yang harus diubah diantaranya ialah foto profil, nama toko, atau username. Dan berikut langkah-langkahnya.

  1. Di menu toko saya silahkan klik ikon gigi roda yang berada di pojok atas.
  2. Kemudian klik “profil saya”.
  3. Silahkan, di halam tersebut Anda bisa merubah foto profil, nama, username, jenis kelamin, dan lainnya. Jika sudah selesai klik ikon centang yang berada di pojok atas.

Strategi Berjualan di Shopee

Meskipun sudah banyak jenis produk yang dijual dan tampilan toko juga sudah lebih menarik, namun Anda juga perlu belajar strategi atau cara jualan di Shopee yang tepat agar produk tersebut bisa laris terjual. Sebab, diluar sana juga ada banyak pesaing yang produk dagangannya masih satu kategori dengan yang Anda jual.

  • Mengaktifkan firut gratis ongkir

Fitur ini sangat berpengaruh terhadap performa penjualan Anda, calon pembeli sangat mempertimbangkan layanan gratis ongkir ketika sedang memilih produk yang ia inginkan. Apa lagi jika Anda mengatur harga produk dengan diskon.

Untuk mengaktifkan fitur gratis ongkir, syarat yang paling utama ialah harus melakukan swafoto dengan memegang KTP dan uploud foto KTP. Ketika fitur ini sudah aktif, pembeli maupun penjual tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos kirim, sebab sudah menjadi tanggung jawab dan kerjasama antara Shopee dan pihak expedisi.

  • Aktifkan layanan COD atau bayar di tempat

Layanan COD sangat membantu dan mempermudah bagi calon pembeli untuk melakukan proses pembelian online, apa lagi bagi mereka yang tidak memiliki nomor rekening untuk mentransfer pembayaran.

Cara mengaktifkan layanan COD juga sangat mudah, jika dari aplikasi Anda bisa mengklik tombol “jasa kirim saya” pada menu toko. Kemudian pilih atau aktifkan jasa expedisi yang mendukung metode pembayaran COD.

  • Mengikuti setiap program dari shopee

Ada banyak program atau event yang rutin dilakukan oleh pihak Shopee untuk menaikan angka penjulan seller, diantaranya ialah program flash sale. Jika tidak terpilih untuk mengikuti program ini, Anda juga bisa membuatnya sendiri.

Flash sale atau potongan harga menjadi daya tarik tersendiri bagi para buyer, terutama bagi para perempuan. Untuk itu Anda harus bisa mengelola produk agar muncul angka diskon berapa persen, caranya yakni ada di pengaturan harga.

  • Iklan berbayar

Dengan menggunakan iklan berbayar di Shopee maka produk yang Anda jual bisa berada di halaman pertama, ini memungkin produk tersebut dapat terlihat oleh banyak orang dan memiliki ketertarikan untuk membelinya.

Menggunakan layanan iklan berbayar juga bisa mengatur penarjetan calon pembeli mulai dari jenis kelamin, usia, dan tempat tinggal. Biaya yang dikenakan untuk iklan berbayar ialah per klik, biasanya kisaran Rp 150 hingga Rp 200.

Seperti sudah sangat lengkap pembahasan terkait tentang cara jualan di Shopee beserta strategi penjualan agar laris manis. Namun pertanyaannya ialah, bagaimana bagi orang-orang yang sama sekali tidak memiliki produk, apakah mereka tetap bisa berjualan di Shopee? Tentu sangat bisa, yakni dengan cara menjadi reseller.

Berjualan di Shopee Tanpa Stok Barang

Menjadi reseller ialah pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang tidak memiliki produk untuk dijual namun ingin memiliki toko dan menjadi seller di Shopee. Asalkan menguasai ilmunya tentu Anda juga bisa sukses di bidang ini.

Reseller adalah sebutan bagi penjual online yang tidak memiliki produk, ia hanya meneruskan informasi suatu produk dari supplier. Adapun keuntungan yang diperoleh yakni dengan cara menaikan harga produk tersebut, nominalnya bisa saja ditentukan sendiri maupun hasil dari kesepakatan dengan supplier.

Jika Anda berminat menjadi reseller dan berjualan di Shopee, lakukan tips atau tahapan berikut ini terlebih dahulu.

  1. Riset jenis produk yang akan dijual, termasuk potensi jumlah peminat terhadap produk tersebut. Selain itu Anda juga harus selalu update dengan produk-produk baru.
  2. Lihat seberapa banyak dan seberapa besar kompetitor atau orang lain yang menjual produk serupa dengan Anda.
  3. Cari supplier yang tepat dan bisa dipercaya, tentunya diimbangi dengan kualitas produk yang bagus.
  4. Jika bisa Anda juga harus memiliki skili foto editing, tujuannya ialah untuk mengedit foto produk agar lebih menarik dan tidak sama perisis dengan miliki supplier.

Ternyata cara jualan di Shopee mudah kan? Bahkan Anda bisa melakukannya tanpa harus memilik produk dagangan sekalipun. Nah, sekarang saatnya Anda untuk mempraktekan dan mulai berjualan di Shopee. Semoga berhasil dan menjadi pembisnis online yang sukses.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar