Cara Install WordPress di VPS Untuk Pemula

Saat pengunjung blog Anda semakin besar, maka biasanya Anda akan diminta untuk mengupgrade paket layanan shared hosting. Disinilah Anda harus mengetahui cara install WordPress di VPS karena ini merupakan jalan keluar untuk masalah yang Anda alami. Bisa dikatakan bahwa ada perbedaan antara VPS dan shared hosting, serta tentu saja harga VPS jauh lebih murah dibandingkan dengan shared hosting dan Anda bisa mencoba untuk mencari tahu kualitasnya.

Apa Sebenarnya VPS Itu?

Kata yang sering muncul di dalam dunia pengembangan aplikasi atau dunia DevOps adalah VPS. Cloud Virtual Private Server (Cloud VPS) ini ternyata merupakan sebuah server virtual yang mengandung Dedicated Resource. Dengan Cloud VPS, pelanggan dapat menggunakan semua resource VPS itu sendiri atau dalam artian tidak berbagi dengan pelanggan lainnya sehingga dirasa cukup menguntungkan oleh pihak-pihak yang menggunakannya.

Cara Install WordPress di VPS Untuk Blog Anda

Mungkin sudah cukup banyak pengguna internet maupun blogger yang mulai mencari cara install WordPress di VPS ini atau mulai berpikir untuk pindah dari sebelumnya hosting menjadi VPS. Jika dilihat dari pengelolaannya, hosting itu dianggap jauh lebih mudah dibandingkan VPS. Ketika menggunakan Hosting, Anda tidak perlu lagi mengalami kerepotan dalam mengurus server seorang diri. Pasalnya, dari segi keamanan maupun kontrol, seluruhnya dikelola oleh pihak penyedia hosting.

Namun Shared Hosting masih memiliki beberapa limit atau batasan khususnya jika dilihat dari segi resource, konfigurasi maupun limit. Untuk dapat mengatasi seluruhnya, maka Anda disarankan untuk menggunakan VPS. Namun apa sesungguhnya VPS ini dan apa keuntungannya menggunakan VPS tersebut. VPS ini sering juga disebut VM atau Virtual Server dan sangat berbeda jika And membandingkannya dengan Hosting. Di dalam VPS ini, Anda bisa memperoleh akses kontrol yang tanpa batas menggunakan login root.

Ini semua dilakukan supaya Anda bisa mengatur OS maupun konfigurasi sesuai keinginan Anda. Masing-masing VPS itu bisa mengajukan permintaan atau requirement maupun sistem operasi yang berbeda. Proses konfigurasi maupun instalasi dari masing-masing VPS pun tidak sama karena semuanya tergantung dengan sistem operasi yang ada dan digunakan. Tentu saja Anda tidak mau langsung menggunakan VPS ini tanpa mengetahui seperti apa keunggulan yang mereka berikan.

cara install wordpress di VPS

Cara Install WordPress di VPS: Apa Keuntungannya?

Sebelum Anda mencari tahu cara install WordPress di VPS, maka ketahui lebih dulu keuntungan yang sudah menunggu Anda di dalamnya jika menggunakan layanan yang satu ini antara lain:

  • Kinerja:

VPS ini mempunyai spesifikasi khusus yang diperuntukkan untuk pengguna sendiri dan tidak dibagi sama sekali sehingga kinerjanya pun juga lebih cepat lagi daripada ketika menggunakan shared hosting. Sudah pasti pengunjung pun jauh lebih nyaman ketika mengunjungi blog yang Anda miliki.

  • Stabilitas:

Berbeda dengan shared hosting, aktivitas maupun traffic pengunjung pada blog Anda sama sekali tidak akan pernah mengganggu sistem operasional dari blog Anda. Jika menggunakan shared hosting, maka saat blog Anda dikunjungi oleh users yang jumlahnya banyak, maka blog Anda tentu saja akan sangat lemot.

  • Fleksibilitas:

Terdapat kebebasan untuk dapat memilih dan menentukan sistem operasi maupun perangkat lunak yang ingin diinstal di dalam servernya.

  • Sumber Daya Khusus:

Terdapat lebih banyak lagi ruang disk, RAM dan CPU di dalamnya.

  • Dukungan dan manajemen:

Di dalam VPS ini, pengguna perlu untuk mengelola dan mengurus serversnya sendiri. Namun tidak perlu khawatir jika pengguna masih belum mengerti mengenai terminal. Disini ada control panel yang gratis dimana fungsinya tidak berbeda jauh dengan shared hosting yang sebelumnya Anda gunakan.

  • Akses Root:

Disini pengguna diberikan kontrol penuh untuk mengurus akun VPS mereka dalam mengatur konfigurasi termasuk instalasi software. Seluruhnya bebas untuk dapat Anda atur sendiri.

  • Backup data:

Di dalam beberapa shared hosting, pengguna akan dikenakan biaya ketika melakukan backup meskipun ada pula yang menyediakannya dengan gratis. Jika menggunakan sistem VPS, maka pengguna bisa melakukan backup manual dan teratur dengan semua data yang ada di dalam servernya.

  • Domain hosting yang banyak:

Sebagin shared hosting menyediakan lebih dari satu add on domain. Hanya saja, bila pengguna memasang beberapa web di dalam satu paket, maka web yang Anda miliki akan lemot atau lambat. Di dalam VPS, Anda bisa mencoba membuat lebih banyak lagi blog sebab spesifikasinya lebih tinggi.

Cara Install WordPress di VPS Melalui Ubuntu

Ada begitu banyak cara install WordPress di VPS dan paling banyak adalah dengan menggunakan Ubuntu di dalamnya dan inilah beberapa metode yang harus Anda lakukan antara lain:

Lakukan konfigurasi dasar untuk VPS

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek VPS-nya lebih dulu dan ada beberapa hal penting yang perlu diketahui seperti alamat IP VPS, pastikan pula apakah VPS ini sudah online atau masih belum online, lihat apakah VPS ini perlu menggunakan Ubuntu atau tidak.

Lakukan remote VPS

Guna melakukan pemasangan, maka Anda harus remote VPS dulu. Dikarenakan seluruh proses instalasi untuk WordPress di dalam VPS dilakukan dengan via console, maka Anda harus melakukan SSH lebih dulu dan lakukan remote VPS lewat terminal dan tuliskan pula SSH (IP Address VPS). Jika VPS baru saja dipasang dalam OS Ubuntu, maka Anda bis update repository supaya lebih fresh.

Arahkan domain menuju VPS

Apakah Anda sudah memiliki subdomain atau domain? Anda bisa mengarahkan domain langsung menuju VPS dan Anda tidak lagi harus mengakses VPS ini melalui IP Address. Bila domain telah diarahkan langsung menuju VPS, maka situs dengan basis WordPress yang Anda ingin buat bisa diakses melalui web browser.

Memasang LAMPP

LAMPP ini merupakan singkatan Linux, Apache, MySQL, PHP dan phpMyAdmin. Anda harus tahu bahwa untuk dapt membangun situs, maka diperlukan adanya sistem operasi menuju server, database, web server dan bahasa pemrograman web atau PHP. Semua aspek itu wajib untuk Anda penuhi supaya website bisa berjalan lancar. Karena itulah, LAMP muncul untuk dapat memenuhi seluruh aspek itu. Supaya LAMP ini bisa dipasang di dalam sever, maka instalasi perlu dilakukan. Anda tidak lagi harus perlu melakukan instalasi Linus sebab telah dilakukan oleh OS Ubuntu.

Unduh WordPress

Jalan kelima yang harus dilakukan adalah persiapkan file untuk WordPress. Dasarnya, WordPress ini merupakan CMS atau Content Management System dan CMS sendiri merupakan sistem informasi yang memiliki fokus pada konten sehingga Anda tidak lagi harus membuat situs dari awal atau nol dan hanya cukup melakukan pengunduhan, pemasangan dan kemudian pengelolaan dari kontennya.

Sebelum Anda mengunduh WordPress ini, cobalah untuk memastikan jika Anda sudah berada di dalam direktori html atau www atau var. Kini waktunya Anda mengunduh dan hanya perlu menulis perintah “wget” yang fungsinya adalah untuk mengunduh file berdasarkan link atau url tertentu. Setelah mengunduh, maka Anda hanya perlu melakukan ekstrak file Zip.

Membuat database WordPress

Disini Anda harus membuat database dengan judul atau nama yang Anda inginkan dan lakukan create sehingga database WordPress ini pun juga akan tercipta.

Inilah sekilas cara install WordPress di VPS melalui Ubuntu yang bisa Anda terapkan dan pastikan tidak ada yang terlewatkan karena nantinya WordPress tidak akan bisa dijalankan sama sekali.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar