Cara Install WordPress di cPanel Dengan Mudah

Cara Install WordPress di cPanel Dengan Mudah

Cara install WordPress di cPanel 2021 – Anda ingin memulai blogging? Pada berbagai komunitas blogger Anda pasti banyak direkomendasikan untuk memilih CMS (Content Management System) WordPress. Hingga saat ini CMS WordPress adalah yang paling popular bila dibandingkan dengan Jigsy, Weebly, Blogspot, dan sejenisnya.

WordPress sendiri diluncurkan sejak tahun 2003 dan sudah digunakan oleh lebih dari 60 juta website. Jumlah pengguna WordPress di seluruh dunia sangat beragam mulai dari blog pribadi sampai bisnis. Inilah berbagai keunggulan CMS WordPress ini.

cara install wordpress di cpanel

Berbagai kelebihan WordPress

Sebagai referensi Anda inilah berbagai keunggulan CMS WordPress yang perlu Anda ketahui sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan.

Gratis

CMS ini begitu cepat meraih popularitas karena dalam penggunaannya tak membutuhkan tariff lisensi berbeda dengan CMS lainnya. Ini artinya WordPress adalah menjadi sahabat siapa pun yang ingin merintis karier sebagai blogger atau pun mengembangkan website bisnis.

CMS terbaik 2021 ini juga banyak digunakan sebagai website company profile atau komunitas.

User friendly

WordPress adalah platform yang sangat user friendly atau gampang digunakan bahkan oleh pemula sekali pun, Tersedia berbagai fitur yang memudahkan sehingga Anda dijamin dapat menggunakannya tanpa menemui banyak kesulitan.

CMS WordPress Oktober 2021 sangat mudah diinstal dan segera kemudian bisa segera digunakan.

Fleksibel

Yang dimaksud fleksibel di sini yakni mudahnya CMS terbaik ini untuk mengembangkan aneka jenis website. Ini misalnya website online shop, hobby, pribadi, perusahaan, dan lain-lain.

Optimasi mesin pencari

Anda tentu tahu untuk membuat suatu website cepat popular ialah memastikannya tercantum dalam laman utama mesin pencari. WordPress sangat mendukung hal ini dengan menyediakan plugin SEO gratis. Bila Anda adalah blogger pemula yang baru mendengar tentang SEO Oktober 2021 pelajarilah teknik ini karena akan sangat penting bagi blog Anda.

Aman

Karena WordPress digunakan oleh banyak website, serangan terhadap CMS ini oleh hacker menjadi semakin gencar. Tentu saja selama ini kita sudah begitu sering mendengar kasus kejahatan digital yang bisa sangat merugikan.

WordPress telah mengantisipasi hal ini dengan selalu menyediakan update software bagi para penggunanya sehingga website yang dimiliki semakin aman dari ancaman peretasan. Sekali dua kali jika terjadi serangan hacker umumnya diakibatkan kesalahan pribadi user. Ini misalnya mengunduh plugin atau theme dari sumber yang tak terpercaya.

Gampang dimodifikasi theme dan plugin-nya

WordPress 2021 dapat digunakan dengan mudah sesuai kehendak user. Anda dapat mengunduh ribuan plugin dan theme secara gratis atau berbayar. Cukup klik-klik sesuai petunjuk tampilan website bisa diubah sesuai keinginan Anda. Selain itu Anda juga bisa merancang theme atau plugin sendiri.

Banyak komunitas

Tak perlu khawatir bila menghadapi kendala saat menggunakan CMS populer ini karena dengan mudah Anda bisa mendapatkan solusinya dengan Googling. Di dunia maya terdapat banyak sekali komunitas serta forum yang berhubungan dengan CMSwordpress ini. WordPress yang banyak memperoleh dukungan sehingga menjadi salah satu CMS paling terkemuka.

Selain beberapa kelebihan di atas, CMS ini juga dapat menjadi host multimedia files dan keunggulan ini tak dipunyai CMS yang lainnya. Artinya Anda dapat menambahkan beragam file yang lain dengan mudah misalnya video, gambar, audio, dan sebagainya sehingga memperkaya pengalaman pengguna.

Untuk itu caranya sangat mudah yaitu cukup drag and drop saja pada file yang Anda kehendaki. Alternative lainnya yaitu dengan copy paste pada URL file dari internet seperti yang Anda inginkan. Satu lagi yaitu keberadaan fitur media library yang memperbolehkan pengguna untuk mengelola dan menangani file multimedia dengan teratur dan baik.

CMS ini dapat digunakan pada smartphone dengan baik. Dengan WordPress Anda dimungkinkan untuk memilih theme yang mobile friendly sehingga tampilan situs Anda tetap nyaman dilihat dan digunakan.

Selama ini WordPress memang identic sebagai platform blogging. Hal ini memang tidak salah tetapi sayang sekali jika manfaatnya tidak Anda optimalkan sebaik mungkin. Ini karena WordPress memiliki fitur page dan post yang dapat dimanfaatkan untuk update secara teratur, sementara page dapat digunakan pada laman yang tak berubah atau statis, misalnya contact, about, dan profile.

Cara install WordPress di cPanel

Setelah melakukan pembelian hosting serta domain pada jasa penyedia hosting, berikutnya adalah mengunduh WordPress dengan cPanel 2021.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Lakukan login pada cPanel! Caranya adalah mengetik nama domain dan garing ( / ), atau namadomainanda.com/cpanel untuk mengakses halaman login. Tuliskan username serta kata kunci pada tempat yang disediakan.
  • Berikutnya Anda akan melihat laman dashboard cPanel 2021 dengan fitur serta fungsi yang berbeda-beda.
  • Scroll ke bawah pada laman tersebut dan cari nama kategori “Software”. Klik bagian “Softaculous Apps Installer”.
  • Pada laman tersebut klik menu Blog » WordPress lalu klik Install.
  • Selanjutnya Anda akan menemukan laman dengan beberapa keterangan berikut:

Keterangan pada laman

  1. Choose Protocol: Artinya adalah protocol yang ingin Anda pakai, misalnya http://, http://www., https:// serta https://www. Selama ini yang paling banyak dipilih adalah default http://.
  2. Choose Domain: Sebelum menginstal WordPress pilihlah domain yang ingin Anda pakai. Jika memiliki lebih dari sebuah domain pada satu hosting, akan keluar alternative opsi domain yang lain.
  3. In Directory: Jika memang berniat menginstall WordPress di direktori lainnya, Anda bisa mengisi direktori tersebut sesuai dengan nama “blog”. Setelah itu CMS WordPress akan terinstal dan dapat diakses pada namadomainanda.com/blog. Tetapi jika Anda menghendaki hanya melakukan instalasi tanpa direktori atau di domain utama saja, opsi tersebut bisa Anda kosongkan saja.
  4. Table Prefix: Ini adalah tabel yang nantinya dipakai pada database dan Anda dapat membiarkannya default.
  5. Site Name: Nama website Anda.
  6. Site Description: Keterangan website Anda.
  7. Enable Multisite (WPMU): Ini adalah pilihan untuk mengoperasikan multisite pada CMS WordPress Anda. Sebaiknya pilihan ini tak perlu dicentang karena jarang digunakan.
  8. Admin Username: Username yang digunakan untuk login pada laman Dashboard WordPress.
  9. Admin Password: Kata kunci untuk login pada Dashboard WordPress
  10. Admin Email: Ini adalah email yang akan dipakai untuk keperluan instalasi WordPress, serta dapat digunakan jika Anda lupa password untuk reset.
  11. Select Language: Artinya adalah pilihan bahasa yang ingin Anda gunakan pada WordPress.
  12. Limit Login Attempts: WordPress akan menginstal plugin ini secara otomatis. Manfaatnya adalah untuk membatasi jumlah percobaan login jika terjadi kesalahan memasukan username atau kata kunci.
  13. Select Themes: Seandainya Anda berniat menginstall WordPress sekaligus theme, pilihlah theme yang diinginkan. Tetapi jika tidak opsi tersebut dapat diabaikan.
  14. Email installation details to: Jika ingin mendapatkan informasi secara detail tentang instalasi WordPress yang dilakukan mintalah untuk mendapatkan email terkait hal ini.
  15. Jika seluruh langkah yang direkomendasikan sudah dijalankan klik “Install”.
  • Tunggu selama beberapa menit hingga proses instalasi selesai dan Anda mendapatkan pemberitahuan.
  • Saat instalasi sudah berhasil Anda bisa mengakses situs Anda dengan memasuki dashboard WordPress dengan username serta password yang tadi telah diinput saat instalasi.

Itulah ulasan lengkap tentang cara install WordPress di cPanel 2021. Semoga bermanfaat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Install WordPress di cPanel Dengan Mudah