Cara HP tidak Panas Solusi agar Baterai Lebih Awet

Cara HP tidak Panas Solusi agar Baterai Lebih Awet

Ketika ponsel sudah mulai panas biasanya akan berpengaruh pada performanya yang menjadi lebih lambat. Selain itu, baterai hp juga bisa cepat habis dan rusak. Jadi penting untuk mengetahui cara hp tidak panas agar baterai lebih awet.

Saat digunakan tentunya suhu ponsel akan meningkat, namun jika terlalu cepat panas, mungkin harus lebih Anda perhatikan. Berikut beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan agar hp tidak cepat panas.

Cara agar HP tidak Cepat Panas

Jangan gunakan hp terus menerus

Smartphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk anak muda hingga orang tua. Perangkat seluler ini membantu seseorang berinteraksi dengan orang lain melalui pesan maupun telephone. Hp juga sering digunakan untuk bermain game, browsing, menonton film, bermain media sosial, streaming musik, dan masih banyak lagi.

Sayangnya penggunaan hp yang terus menerus dapat menyebabkan perangkat menjadi cepat panas. Jika Anda menggunakannya terus menerus, hp akan terus bekerja dan membuat hp overheat bahkan pada beberapa kasus hal tersebut memicu perangkat meledak.

Bagi Anda yang termasuk sering menggunakan smartphone seharian, sebaiknya mulai sekarang lebih bijak dalam menggunakannya. Beri jeda sebentar untuk hp berhenti bekerja agar terhindar dari overheat. Jangan gunakan hp berjam-jam tanpa henti agar hp tidak panas.

Mengurangi tingkat kecerahan layar

Mengatur kecerahan layar dibutuhkan agar Anda bisa menatap layar ponsel dengan lebih jelas dan nyaman. Pada tempat yang terang, biasanya membutuhkan tingkat kecerahan yang lebih tinggi dibanding tempat gelap.

Kecerahan layar ponsel ini ternyata cukup menguras baterai dan membuat perangkat menjadi panas. Sebaiknya jangan membiarkan hp dengan tingkat kecerahan layar yang tinggi. Cara hp tidak panas dengan menurunkan kecerahan layar juga berguna untuk mata agar tidak cepat lelah.

Tidak menggunakan hp saat dicharger

Saat mengisi daya, aliran listrik yang masuk ke baterai akan membuat perangkat menjadi lebih sedikit panas. Jika Anda memainkannya, pastinya hp akan semakin panas karena mesin hp yang bekerja. Kebiasaan menggunakan hp saat sedang diisi daya merupakan hal buruk yang bisa merusak perangkat Anda.

Hindari kebiasaan memainkan hp saat dicharger untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda bisa mematikan hp selama pengisian daya sehingga tidak bolak-balik menyalakannya untuk mengecek notifikasi, permainan, atau lainnya. Disarankan untuk meletakkan hp di tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik agar hp tidak terlalu panas saat pengisian daya.

Membuka case pada ponsel

Bagian ponsel yang cepat panas adalah bagian belakang yang ditutup case. Jika Anda menggunakan hp dalam waktu lama, mungkin perlu melepas case pada ponsel tersebut agar suhu panas dapat dilepas dengan lebih baik tanpa penghalang.

Sedangkan untuk Anda yang suka menggunakan case tambahan, sebaiknya pilih yang bahannya bagus untuk sirkulasi udara. Saat ponsel sudah terlalu panas, lepas untuk sementara case tersebut hingga hp menjadi lebih dingin.

Membersihkan hp dari debu

Secara tidak disadari, debu-debu yang menempel di ponsel dapat menutup lubang-lubang kecil yang menjadi tempat keluarnya panas pada hp. Anda bisa membersihkan hp dari debu agar hp tidak panas. Cara hp tidak panas ini dapat menggunakan cotton buds untuk membersihkan hp.

Pada bagian yang berlubang dan kasar, sebaiknya Anda menggunakan lap halus agar tidak ada debu yang tertinggal. Jika menggunakan cotton buds atau kapas, disarankan untuk lebih hati-hati agar cotton buds tidak ada yang menempel di hp.

Hindari menyalakan wifi non stop

Saat wifi diaktifkan, ponsel akan bekerja untuk mencari sinyal yang membuat perangkat menjadi panas. Apabila tidak membutuhkan wifi, sebaiknya Anda matikan fitur tersebut. Jika dibiarkan menyala terus menerus, hp akan terus bekerja untuk mencari jaringan secara otomatis dan membuat hp Anda cepat panas.

Anda bisa mematikan juga data selulernya apabila hp sudah terlalu panas. Saat data seluler dimatikan, aplikasi online yang berada di belakang layar juga akan mati sehingga hp bisa beristirahat sejenak. Setelah hp lebih dingin, Anda bisa membuka kembali data seluler atau wifi saat membutuhkan jaringan internet.

Kurangi multitasking

Kecanggihan smartphone saat ini adalah dukungan multitasking yang bisa berjalan lancar. Namun hal ini tetap bisa menyebabkan panas terutama pada baterai ponsel. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengurangi multitasking agar hp tidak cepat panas.

Cara ini sangat membantu terutama untuk Anda yang ingin streaming video, film, bermain game online, atau aktivitas yang berat lainnya. Mengurangi multitasking akan mengurangi beban pada ponsel Anda sehingga perangkat tidak cepat panas dan tentunya tidak boros baterai. Hp yang digunakan hanya untuk satu atau dua aplikasi berjalan dapat terhindar dari overheat dan hang atau hp macet.

Rajin membersihkan file sampah

Cache, cookies, dan file sampah dapat membuat hp cepat panas jika dibiarkan menumpuk. Saat penyimpanan tersisa sedikit karena banyaknya file sampah tersebut, perangkat smartphone Anda bisa menjadi lemot alias lambat. Tidak hanya performa yang melambat, tetapi baterai juga bisa lebih cepat panas.

Jadi perlu untuk Anda membersihkan file sampah dan file-file yang tidak terpakai secara rutin. Cara hp tidak panas dengan menghapus file sampah dapat memanfaatkan aplikasi pembersih cache dan sampah. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda download untuk membantu membersihkan file cache, cookies, dan file sampah dengan lebih mudah dan cepat.

Gunakan charger original

Kebanyakan ponsel zaman sekarang sudah menggunakan baterai tanam sehingga dijamin original. Namun masalahnya adalah charger yang banyak sekali produk tiruannya di pasaran. Walaupun terlihat sepele, charger yang tidak original ini bisa menyebabkan hal buruk seperti kerusakan perangkat.

Apalagi untuk Anda yang sering menggunakan hp dan harus mengecasnya secara berulang kali dalam sehari. Charger tiruan yang kualitasnya di bawah standar atau memiliki tegangan yang tidak sesuai dengan kebutuhan perangkat bisa membahayakan hp Anda. Sebaiknya gunakan charger original dan hindari mengisi daya terlalu sering dalam sehari.

Hapus aplikasi yang memberatkan RAM

Setiap smartphone memiliki kapasitas RAM yang berbeda-beda. Sebelum download aplikasi sebaiknya pertimbangkan dulu kapasitas RAM yang dimiliki ponsel Anda. Aplikasi mungkin bisa diinstall tetapi jika tidak sesuai spesifikasi perangkat malah bisa membebani RAM.

Selain membebani RAM, aplikasi-aplikasi berukuran besar juga bisa memberatkan sistem yang menyebabkan hp cepat panas. Anda bisa menghapus aplikasi atau games yang terlalu berat sehingga performa hp pun tidak lambat dan tidak mengonsumsi banyak daya.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba agar hp tidak cepat panas saat digunakan. Cara seperti ini juga bisa Anda coba untuk mencegah perangkat mengalami overheat sehingga baterai bisa lebih awet. Hindari kebiasaan buruk yang membuat hp cepat panas dan gunakan peralatan pendukung yang original.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara HP tidak Panas Solusi agar Baterai Lebih Awet flagcounter