Cara Daftar NPWP Online 2021 Tanpa Perlu ke Kantor Pajak

Apakah Anda merupakan orang yang taat membayar pajak? Jangan pernah lupa untuk membayar pajak khususnya bagi mereka yang sudah memiliki NPWP. Tidak semua orang punya NPWP dan mereka yang memilikinya harus melakukan kewajibannya untuk bayar pajak. Jika tidak punya, maka Anda bisa mencoba cara daftar NPWP online yang lebih mudah, praktis dan juga cepat tanpa harus langsung ke kantor pajak dan mengantri dalam waktu yang lama.

cara daftar npwp online

Cara Daftar NPWP Online 2021

Seperti yang semua orang sudah tahu, NPWP merupakan Nomor Pokok Wajib Pajak yang diberikan oleh Ditjen Pajak untuk semua Wajib Pajak. Fungsi dari NPWP ini adalah sebagai sebuah sarana daru administrasi perpajakan dan juga dianggap sebagai identitas resmi dari setiap wajib pajak ketika melakukan pembayaran pajak dan juga administrasi perpajakan. Seperti singkatannya, NPWP ini sifatnya wajib untuk dimiliki WNI atau Warga Negara Indonesia entah itu organisasi massa atau politik, yayasan, persekutuan, kongsi, CV, Firma, BUMN, koperasi, PT maupun perorangan.

Sebelumnya, Anda perlu untuk mengunjungi kantor pajak apabila ingin membuat NPWP ini maupun juga sudah langsung memilikinya ketika Anda terikat di suatu perusahaan. Namun kini terdapat cara daftar NPWP online yang telah dikenalkan oleh Dirjen Pajak dimana ini merupakan cara yang paling praktis untuk bisa memiliki NPWP tanpa harus mengantri lama di dalam kantor pajak. Istilah ini juga sering disebut dengan e-registration. Hal ini begitu membantu mereka yang tinggal jauh dari KPP.

Cara Daftar NPWP Online Dengan Mempersiapkan Syaratnya

Belum lagi ada pula sebagian masyarakat yang domisilinya berbeda dengan alamat dimana mereka tinggal atau alamat yang tercantum pada KTP. Disini Anda dapat memanfaatkan dan menggunakan metode NPWP online ini demi memberikan kemudahan khususnya jika Anda harus mengurus pajak nantinya.

Sebelum melakukan registrasi, maka persiapkan lebih dulu beberapa berkas penting yang akan dibutuhkan dengan baik sehingga Anda pun dapat lancar registrasi tanpa kekurangan dokumen apapun dan inilah berkasnya:

Wajib Pajak perorangan atau pribadi dimana kategori ini tergolong bagi mereka yang tidak memiliki atau sedang menjalankan usaha dan dapat dikatakan sebagai non usahawan yaitu:

  • Bagi Warga Negara Indonesia atau WNI membutuhkan fotokopi KTP atau e-KTP atau fotokopi SIM atau Surat Ijin Mengemudi yang masih berlaku
  • Bagi Warga Negara Asing atau WNA membutuhkan fotokopi KITAS atau Kartu Ijin Tinggal Terbatas atau KITAP yaitu Kartu Ijin Tinggal Tetap yang masih berlaku dan fotokopi paspor

Wajib pajak perorangan atau pribadi yang dikategorikan sebagai usahawan atau mereka yang menjalankan bisnis atau mereka yang bekerja sebagai seorang freelancer yaitu:

  • Bagi Warga Negara Indonesia atau WNI membutuhkan fotokopi KTP atau e-KTP atau dapat pula fotokopi SIM yang masih berlaku
  • Bagi Warga Negara Asing atau WNA membutuhkan fotokopi KITAS atau KITAP yang masih berlaku dan fotokopi paspor
  • Fotokopi Surat Ijin Usaha yang dikeluarkan oleh perusahaan yang berwenang atau surat keterangan tempat usaha atau surat pekerjaan bebas yang dikeluarkan oleh pejabat pemerintah daerah seperti kepala desa atau lurah. Bisa juga menyerahkan lembaran tagihan listrik yang dikeluarkan oleh PLN atau bukti pembayaran listrik.
  • Fotokopi surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai dari orang pribadi wajib pajak yang di dalamnya menyatakan jika pihak yang bersangkutan ini benar-benar memiliki pekerjaan bebas atau freelancer atau sedang menjalankan usaha.

Wajib pajak perusahaan

  • Fotokopi akta pendirian atau perjanjian kerja sama atau surat keterangan penunjukkan yang berasal dari kantor pusat untuk suatu bentuk usaha yang tetap
  • Fotokopi NPWP setiap pihak yang bertanggung jawab atau pimpinan dari perusahaan
  • Fotokopi KTP atau e-KTP dari WNI yang telah ditunjuk sebelumnya sebagai pihak penanggung jawab dan juga fotokopi paspor khusus untuk WNA
  • Fotokopi surat keterangan dari tempat kegiatan usaha atau instansi yang memiliki wewenang atau dari pejabat daerah seperti kepala desa atau lurah

Cara Daftar NPWP Online Step by Step

Setelah mengetahui apa saja syarat yang harus dimiliki oleh seluruh wajib pajak dalam hal ini, selanjutnya Anda bisa mencari cara daftar NPWP online 2021 dan mengikuti semua prosedur yang diberikan di dalamnya tanpa kesalahan sama sekali sehingga bisa cepat terkonfirmasi dan inilah metodenya:

  • Masuklah ke dalam situs Dirjen Pajak di alamat ereg.pajak.go.id/login
  • Kemudian, lakukan registrasi dan buat akun baru dengan cara Anda mengetikkan alamat email yang masih Anda gunakan dan aktif. Kemudian masukkan kode Captcha yang muncul di dalam kotak bagian bawahnya. Tekan Daftar dan cobalah masuk ke dalam inbox email Anda dan akan muncul email yang dikirimkan oleh eregistration. Kemudian klik sebuah link verifikasi di dalamnya. Setelahnya, Anda pun kemudian akan langsung dihubungkan dengan otomatis menuju halaman registrasi. Isilah seluruh data yang diminta seperti identitas diri Anda, alamat email dan juga password yang nantinya akan digunakan.
  • Cek kembali kotak masuk di dalam email Anda dan carilah email yang dikirimkan oleh eregistration dan klik kembali link untuk verifikasi itu.
  • Kemudian Anda akan masuk otomatis menuju halaman registrasi. Masukkan kembali email dan juga password di dalamnya yang sebelumnya telah Anda daftarkan. Kemudian isi lagi formulir pendaftaran seluruh data NPWP berdasarkan instruksi yang terdapat di dalamnya.
  • Centang kotak upload dan upload file berupa foto e-KTP yang terdapat di kolomnya. Ikuti semua instruksi yang ada dan tekan Simpan.
  • Cek status dari registrasi NPWP Anda dan tekan Minta Token di dalamnya. Masukkan kembali kode Captcha yang terdapat di bawahnya dan kemudian tekan Submit. Token yang Anda minta akan segera terkirim otomatis melalui email Anda.
  • Buka lagi inbox email Anda dan kemudian copylah kode token itu dan masuk ke halaman yang sebelumnya dan tekan Kirim Permohonan
  • Centang seluruh kotak pernyataan yang ada di dalamnya dan salin kembali token yang telah dicopy sebelumnya dan tekan Kirim
  • NPWP Anda bisa disetujui namun dapat pula tidak disetujui dengan kondisi tertentu. Apabila status NPWP Anda ditolak, maka ini artinya ada kesalahan ketika registrasi dan Anda perlu memperbaiki data yang belum dilengkapi. Apabila status telah disetujui, maka Anda akan menerima kartu NPWP yang aka dikirimkan melalui pos menuju alamat yang Anda daftarkan.

Dengan demikian, Anda sama sekali tidak perlu sedikitpun melangkahkan kaki Anda masuk ke dalam kantor pajak dan mengantri lama hanya untuk melakukan registrasi. Belum lagi jika terdapat dokumen yang kurang, Anda harus pulang lagi ke rumah dan mempersiapkannya.

Namun jika Anda menggunakan cara daftar NPWP online ini, maka Anda cukup melakukannya di rumah saja dan jika ada kekurangan dalam berkas, maka Anda dapat langsung mempersiapkannya. Inilah kemudahan sistem online yang saat ini menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan apapun termasuk NPWP untuk kewajiban membayar pajak bagi yang harus melakukannya.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar