Cara Daftar Adsense dan Tips Agar Diterima

Cara Daftar Adsense dan Tips Agar Diterima

Cara daftar Adsense – Semakin banyak anak muda yang bercita-cita menjadi blogger sukses terutama bagi mereka yang memiliki hobi menulis atau kreatif membuat konten. Penghasilan yang didapatkan blogger berasal dari Adsense atau fitur periklanan Google.

Tujuan memasang iklan pada sebuah blog dengan traffic kunjungan tinggi adalah dapat membantu pemasang iklan atau advertiser untuk mempromosikan produknya. Bukan sembarang blog, advertiser tentu ingin produknya dipopulerkan pada market yang tertarget. Inilah sebabnya sebuah iklan akan relevan dengan tema atau konsep suatu blog.

Biaya untuk memasang iklan sebesar 68% adalah komisi blogger yang blognya dijadikan tempat memasang iklan, dan sisanya untuk Google. Inilah sebabnya blogger aktif yang memiliki puluhan website bisa menghasilkan puluhan juta rupiah atau pun dollar dari blog yang mereka daftarkan di Google Adsense.

CARA DAFTAR ADSENSE

Cara daftar AdSense

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan hal yang sama pada blog yang Anda kembangkan. Berikut ini adalah panduan atau cara daftar AdSense yang bisa menjadi rujukan.

  • Akses situs resmi Google AdSense.
  • Pilihlah menu “Daftar Sekarang”.
  • Laman akan menampilkan dashboard pendaftaran dimana Anda diminta untuk menginput alamat website, persetujuan notifikasi info AdSense, dan alamat email.
  • Tuliskan alamat website Anda pada bagian “Situs Anda”. Artinya blog inilah yang didaftarkan kepada Google AdSense.
  • Input alamat email pada tempat yang disediakan. Alamat email tersebut tidak boleh menggunakan alamat yang sudah pernah Anda daftarkan pada program AdSense sebelumnya. Para pegiat program ini menyarankan untuk tak lagi mendaftarkan ulang email yang sudah pernah ditolak.
  • Berikutnya pilih “Ya” pada info AdSense yang bermanfaat. Dengan begitu Anda menyetujui kiriman saran bantuan atau rekomendasi yang terkait performa blog Anda sesuai perkembangan algoritma Google Adsense.
  • Bila pengisian form sudah selesai laman akan menampilkan dashboard lanjutan dimana profil yang terlihat mempergunakan alamat email yang tadi telah Anda input.
  • Pilih wilayah atau negara, yaitu Negara Indonesia.
  • Baca hingga selesai laman yang terdapat tulisan “Tinjau dan Setujui Persyaratan dan Ketentuan Kami”. Jika sudah mengerti klik atau centang bagian yang bertuliskan “Ya, Saya telah membaca” dan lanjutkan dengan memilih “Buat Akun”.
  • Bila seluruh proses pendaftaran Anda lakukan dengan benar Anda akan melihat tampilan dashboard Google Adsense. Lengkapi detail “Payment address detail”serta “Payment Profile”. Caranya adalah dengan mengisi data sesuai domisili Anda sekarang. Penulisan alamat harus lengkap agar proses pengiriman PIN aktivitas Adsense lebih mudah bila komisi iklan Anda sudah mencapai 10$.
  • Berikutnya Anda harus memasang kode iklan Adsense pada blog. Ikuti petunjuk yang ada pada situs.
  • Setelah mendaftar blog Anda akan ditinjau untuk dipertimbangkan apakah cukup memadai untuk tergabung pada program periklanan tersebut atau tidak. Ini kadang membutuhkan waktu yang agak lama. Jangan lupa untuk rutin mengecek email yang Anda daftarkan saat pembuatan akun Adsense. Komisi iklan Anda umumnya diserahkan setiap tanggal 21 hingga 26 setiap bulannya.

Tips agar blog diterima dalam program Adsense

Pihak Google tentu saja memilih dengan cermat blog yang lolos untuk program periklanan ini. Artinya tak semua pendaftaran akun Adsense diterima. Bagi Anda yang beru pertama kali mendaftarkan blog pada program ini berikut ini adalah tips-tips yang dapat membantu Anda.

Usia di atas 18 tahun

Pemilik blog atau istilahnya publisher harus berusia di atas 18 tahun untuk berpartisipasi pada program ini. Alasannya karena berkaitan dengan akun serta pengiriman kode pin akun Adsense yang diperlukan untuk aktivasi. Sebagai solusinya bila Anda belum cukup umur adalah mendaftar dengan nama kakak atau orangtua. Sementara berhubungan dengan pembayaran bila belum memiliki rekening bank Anda bisa menggunakan rekening orang lain dan tak perlu sama dengan identitas akun Google.

Hanya satu akun

Sesuai kebijakan Google, setiap publisher hanya boleh memiliki sebuah akun saja. Akun tersebut dapat digunakan untuk banyak blog sebagai sarana periklanan. Penting untuk dicatat, jangan sampai melanggar aturan ini karena Anda bisa terkena banned karena menyalahi ketentuan.

Umur blog

Untuk blog yang baru dibuat sebaiknya tidak terlalu terburu-buru untuk didaftarkan kepada program periklanan ini. Paling tidak Anda harus menunggu selama sebulan atau bila ingin peluang Anda lebih besar untuk diterima, tunggulah paling sedikit 6 bulan untuk mendaftar di Google Adsense.

Jumlah konten

Jumlah konten yang terlalu sedikit umumnya membuat blog Anda sulit diterima pada program ini. Blog-blog yang disukai oleh Google adalah yang berisi banyak konten informative dan bermanfaat bagi pembaca. Dengan begitu blog Anda akan dianggap layak sebagai sarana periklanan. Setiap hari paling tidak Anda mempublish sebuah konten pada blog.

Mempunyai traffic

Blog dengan jumlah pengunjung tetap juga memperbesar peluang diterima pada Google Adsense. Paling tidak tunggulah hingga jumlah kunjungan 100 per hari secara rutin. Hal ini berkaitan dengan komisi yang diterima. Peluang penghasilan Anda akan semakin besar jika semakin banyak pengunjung yang mengakses blog Anda.

Navigasi website

Navigasi yang membingungkan kerap menjadi alasan penolakan blog pada program Adsense. Ini karena Google ingin memberikan pengalaman yang nyaman bagi pemirsa yang mengakses suatu situs dengan search engine Google. Karena itu persiapkan blog Anda baik-baik sebelum didaftarkan. Gunakan desain yang menarik sekaligus mudah digunakan. Bila tujuan Anda memang ingin mendapatkan penghasilan dari blog yang dibangun, jangan ragu menggunakan jasa website desainer.

Konten berkualitas

Algoritma Google Adsense sudah semakin cermat dalam menilai suatu konten. Blog yang terdeteksi mengandung plagiat bahkan beresiko banned permanen oleh Google. Saat ini konten-konten human friendly, unik, menarik, fresh, dan bermanfaat lebih disukai.

Google menilai kualitas suatu konten dari jumlah blog lain yang merekomendasikan materi tersebut. Selain itu Google Adsense juga melihat seberapa lama pengguna internet betah untuk browsing pada blog dimaksud. Bila pengunjung yang datang cukup lama mengakses suatu website artinya konten yang ada di dalamnya memang berkualitas.

About, Contact, dan Privacy Policy

Kebijakan untuk menyantumkan About, Contact, serta Privacy Police sudah ada pada lama kebijakan Google Adsense. Jadi jangan lupakan poin tersebut.

Update blog setiap hari selama masa peninjauan

Setelah didaftarkan blog Anda akan dipantau untuk dinilai kelayakannya. Pada masa tunggu ini lebih rajinlah dalam update artikel. Posting setiap hari paling sedikit satu artikel 500 atau 600 kata. Dengan begitu Anda menunjukkan jika website Anda layak untuk diterima pada program periklanan tersebut.

Bagi website Anda sendiri pun keuntungannya adalah untuk menambah jumlah traffic atau kunjungan. Pelajari teknik SEO atau Search Engine Optimization untuk membuat konten-konten website Anda disukai mesin pencari. Gunakan kata-kata kunci paling diminati pada konten yang Anda unggah tanpa membuat artikel kehilangan keluwesannya untuk dibaca oleh manusia. Intinya upayakan untuk menulis artikel yang tak hanya SEO friendly tetapi juga human friendly.

Nah itulah ulasan tentang cara daftar Adsense, semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Daftar Adsense dan Tips Agar Diterima