Cara Cicilan di Tokopedia, Syarat dan Ketentuannya

Cara Cicilan di Tokopedia, Syarat dan Ketentuannya

Banyak orang yang penasaran dan bertanya tentang syarat, ketentuan dan cara cicilan di Tokopedia tanpa kartu kredit. Apakah Anda termasuk salah satunya? Bila iya, maka Anda beruntung membaca tulisan kali ini.

Kebutuhan memang kerap datang tanpa permisi. Metode pembayaran yang meringankan pun akhirnya sangat dibutuhkan. Mengetahui akan hal ini, beragam marketplace online menyediakan sistem pembayaran kredit, salah satu diantaranya adalah Tokopedia.

Seiring waktu berjalan, akhirnya Tokopedia mempunyai sistem pembayaran tanpa kartu kredit. Sistem pembayaran ini hadir beserta keunggulan dan kelemahannya.

Kelebihannya tentunya Anda tak perlu membuat kartu kredit dan tak ada beban biaya tahunan. Kelemahannya kredit dengan sistem ini dikenai biaya bunga dan memerlukan waktu dalam proses pengajuannya.

Cara cicilan di Tokopedia tanpa kartu kredit ini memerlukan pihak ketiga. Kredivo, Home Credit, BRI ceria, Julo dan Indodana akhirnya dipilih dalam memenuhi kebutuhan itu. Tentu ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tahap Membayar dengan Sistem Angsuran Tanpa Kartu Kredit

Sebelum pembahasan tentang syarat dan ketentuan dari masing-masing pihak ketiga, terlebih dahulu kami akan membahas tahap cara membayar dengan cicilan di Tokopedia tanpa kartu kredit sebagai berikut.

  • Login ke akun Tokopedia
  • Pilih barang yang akan dibayar dengan sistem cicil
  • Klik “Pilih Pembayaran”
  • Lalu klik “Pilih Metode Pembayaran lainnya”
  • Pilih diantara Kredivo, Home Credit, BRI ceria, Julo dan Indodana
  • Berikutnya cermati syarat dan ketentuan yang berlaku. Jangan lupa untuk membaca informasi yang muncul selengkapnya
  • Bila telah setuju maka hanya perlu pilih “Bayar”

Syarat dan Ketentuan Kredivo

Syarat dan ketentuan cara cicilan di Tokopedia melalui Kredivo tentunya harus memiliki akun Kredivo. Tak hanya itu minimal batas umur 18 tahun dan maksimal 60 tahun.

Akan tetapi Kredivo hanya bisa dinikmati layanannya untuk domisili Kota Bandung, JABODETABEK, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Malang, Denpasar, Makassar, Palembang dan Medan. Selain itu harus mempunyai penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Transaksi sebesar Rp 10.000 sampai Rp 30.000.000 tak dikenai uang muka. Pembeli pun bisa melakukan pembatalan atau refund bila telah disetujui oleh Tokopedia. Uang nantinya dikembalikan pada akun Kredivo sesuai nilai yang telah dibayarkan.

Anda pun bisa mendapatkan bunga 0% bila transaksi tak lebih dari Rp 3.000.000 dan memilih tenor 30 hari. Biaya yang dibebankan hanyalah biaya layanan senilai 2% dan biaya tambahan untuk Kredivo senilai 1% atau minimal Rp 1.000 untuk masing-masing transaksi.

Bila Anda memilih tenor 3, 6 ataupun 12 bulan bunga senilai 2,6% per bulan untuk minimal transaksi Rp 1.000.000. Ada juga biaya layanan sebesar 1,5% untuk masing-masing transaksi.

Untuk cara cicilan di Tokopedia, Anda harus mengajukan permohonan daftar anggota Kredivo yang bisa dilakukan secara langsung menggunakan aplikasi Tokopedia. Anda wajib mengisi informasi berikut ini.

  • Foto KTP
  • Foto selfie user dengan KTP
  • Nama lengkap
  • Nomor handphone
  • Email
  • Pendidikan terakhir
  • Nama ibu kandung
  • Status pernikahan
  • Jumlah anak
  • Status kepegawaian
  • Total pengalaman bekerja
  • Gaji per bulan
  • Alamat
  • Kode pos; serta
  • Detail lokasi

Keputusan disetujui atau tidak ada dari pihak Kredivo yang nantinya disampaikan melalui SMS atau email dengan jangka waktu 1 x 24 jam. Bila ditolak, Anda baru bisa melakukan proses pengajuan kembali setelah tiga bulan.

Syarat dan Ketentuan Home Credit

Pengguna yang bisa menggunakan cicilan Home Credit merupakan pengguna dengan usia 21 tahun atau 19 tahun jika telah menikah, tinggal di wilayah layanan Home Credit, memiliki penghasilan tetap serta harus memiliki smartphone yang dapat digunakan untuk selfie.

Untuk cara cicilan di Tokopedia melalui Home Credit, pengguna dapat melakukan transaksi mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 10.000.000 untuk setiap transaksi.

Selama jangka waktu 2 x 24 jam, hasil untuk pengajuan cicilan Home Credit telah keluar. Bila diterima akan disampaikan melalui SMS yang dilengkapi tautan untuk melakukan signature atau tanda tangan perjanjian pembiayaan multiguna dari aplikasi Home Credit.

Mengenai biaya, biaya admin dari Home Credit ditetapkan senilai Rp 99.000 untuk masing-masing pengajuan yang disetujui. Kemudian ada biaya cicilan senilai Rp 5.000 per bulan serta bunga senilai 2,99%.

Bila ada pembatalan sebelum 2 minggu, Home Credit akan menawarkan perjanjian baru dimana jumlah pembiayaannya dihitung sesudah pembatalan.

Bila dalam tujuh hari tak ditandatangani, perjanjian lama nantinya mengikat sepenuhnya. Uang senilai transaksi yang dibatalkan akan dikembalikan oleh Home Credit ke rekening pengguna.

Namun pengguna harus menyampaikan kwitansi pada Home Credit dengan jangka waktu 30 hari sejak penandatanganan perjanjian pembiayaan multiguna.

Untuk pembayaran angsuran bisa dilakukan melalui aplikasi Tokopedia atau melalui kanal pembayaran lainnya yang melayani Home Credit.

Syarat dan Ketentuan BRI CERIA

Untuk cara cicilan di Tokopedia juga bisa melalui BRI Ceria yang dapat digunakan oleh nasabah Bank BRI yang sudah mempunyai akun BRI Ceria. Untuk proses pengajuan, penerimaan serta penolakan pembayaran sepenuhnya adalah kewenangan BRI.

Transaksi minimal adalah Rp 500.000 serta maksimal Rp 20.000.000. Terdapat biaya yang nantinya dibebankan yaitu bunga senilai 2,25% per bulan serta biaya layanan senilai 1,5% per transaksi.

Bila terlambat dalam membayar cicilan, ada denda senilai 3% dari pokok angsuran yang belum terbayar di bulan tersebut, atau maksimal Rp 150.000. Kemudian jika ada refund atau pembatalan, uang yang telah dibayarkan nantinya dikembalikan pada limit BRI Ceria.

Syarat dan Ketentuan Julo

Julo belum terdaftar sebagai partner untuk cara cicilan di Tokopedia tanpa kartu kredit. Akan tetapi, kedua startup ini pernah berkolaborasi di bulan Maret lalu.

Syarat dan Ketentuan Indodana

Untuk memakai cicilan Indodana, Anda harus berusia 21 tahun dan tak lebih dari 50 tahun. Pendapatan minimum sebesar Rp 3.000.000 per bulan.

Domisili yang dilayani adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Bandung, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Denpasar, Pontianak, Palembang dan Batam.

Cara bayar cicilan dengan Indodana ini hanya berlaku untuk transaksi minimal Rp 10.000 dan maksimal Rp 25.000.000.

Pengajuan pendaftaran anggota Indodana dapat dilakukan secara langsung dengan aplikasi Indodana. Anda harus mengisi form pengajuan aplikasi Indodana PayLater dan upload KTP serta foto selfie sebagai syarat.

Nantinya ada pemberitahuan dari Indodana selama 1 x 24 jam untuk keputusan mengenai pengajuan aplikasi.

Sesudah disetujui, Indodana menetapkan biaya admin senilai 1% dan tambahan biaya layanan senilai 2% untuk masing-masing transaksi.

Bila memilih metode pembayaran dengan jangka waktu 3 sampai 12 bulan akan dikenakan bunga senilai 3% per bulan. Akan tetapi untuk jangka waktu 30 hari tak akan dikenakan bunga.

Jika ada pembatalan, dana nantinya dikembalikan pada limit Indodana beserta pemberitahuan. Bila pengembalian kredit limit melebih jumlah pemakaian, oleh Indodana sisa kelebihan pengembalian kredit limit itu nantinya dikembalikan ke rekening pengguna.

Itu tadi pembahasan cara cicilan di Tokopedia tanpa kartu kredit. Pertimbangkan yang cocok untuk Anda dan tetaplah bijak untuk memakai fitur ini.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Cicilan di Tokopedia, Syarat dan Ketentuannya flagcounter