Cara Cepat Membuat Website Dari Nol Untuk Pemula

Cara Cepat Membuat Website Dari Nol Untuk Pemula

Bagi Anda yang berniat mengembangkan website sendiri untuk berbagai keperluan tak perlu khawatir, karena sekarang semua orang dapat melakukannya, termasuk para pemula. Anda bahkan tak perlu menguasai coding untuk mengembangkan website Anda sendiri. Meski demikian Anda perlu mengetahui beberapa hal mendasar sebagai panduan, termasuk dalam mengembangkan proyek-proyek dunia maya Anda. Simak ulasannya cara cepat membuat website dari nol untuk pemula!

Cara Cepat Membuat Website Dari Nol Untuk Pemula

Langkah mudah membuat website

Secara umum ada 5 langkah sederhana dalam membuat website, berikut ringkasannya!

  1. Mencari ide atau konsep website
  2. Mendaftarkan nama domain
  3. Memilih web hosting
  4. Memilih platform untuk membuat website
  5. Mulai membuat website

Mencari konsep website

Sebelum mulai membangun suatu website, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menemukan topik dan ide sebagai konsep website. Konsep tersebut nantinya akan memudahkan untuk mengisi konten yang relevan dalam berbagai bentuk. Ada berbagai jenis ide yang tergambar pada jutaan website di luar sana. Inilah beberapa tipenya yang paling banyak kita temukan.

  • E-commerce – Kita lebih sering menyebutnya sebagai online shop yang bisa sangat beragam bentuknya, mulai dari penyedia suatu produk atau jasa. Jangan ragu untuk membangun online shop Anda sendiri untuk menambah penghasilan mengingat biaya hidup yang semakin melangit saat ini.
  • Blog – Seorang blogger juga berkesempatan mendapatkan penghasilan yang fantastis dari tulisan-tulisan hasil karyanya. Anda bisa memulai dari hobby, minat, atau latar belakang pendidikan dan mulai berbagi ide dan pengetahuan Anda. Anda bisa mengembangkan website review kuliner, buku, music, hingga website jalan-jalan atau traveling.
  • Edukasi – Anda memiliki kapasitas tertentu yang tak banyak orang menguasainya? Cobalah membagikan ilmu tersebut melalui website, misalnya dalam bentuk tutorial, konsultan, dan sejenisnya.
  • Berita – Semakin mudah membuat website berita pada era banjir informasi sebagaimana saat ini. Ini karena untuk satu berita saja pengguna internet bisa memburunya dari banyak sumber untuk membuat perbandingan. Pastikan konten-konten berita yang diunggah pada website Anda terpercaya dan bukan hoax.
  • Komunitas – Tuangkan aktivitas komunitas Anda pada website untuk menarik minat lebih banyak orang. Lagipula akan lebih mudah mengelola komunitas tersebut melalui internet, terutama jika anggotanya tersebar di seluruh Indonesia.
  • Portofolio – Jika Anda adalah freelancer yang ingin terlihat semakin professional dan terpercaya untuk menangani proyek-proyek yang besar, sebaiknya Anda memang membangun website portofolio. Ini misalnya kumpulan desain karya Anda jika Anda adalah seorang desainer. Sementara jika Anda penulis, pamerkan karya tulisan Anda yang telah dimuat di media bergengsi, memenangkan kompetisi, atau yang lainnya. Sesuaikan saja dengan bidang profesi freelance Anda.

Mendaftarkan nama domain

Sangat penting untuk memberi nama website Anda dengan domain yang unik dan gampang diingat. Begini caranya!

  • Kumpulkan website-website dengan konsep yang hampir sama dengan calon website Anda sebagai bahan brainstorming.
  • Periksa nama pilihan Anda pada fitur yang disebut cek domain.
  • Input nama domain pilihan Anda pada fitur pencari.
  • Pilihlah nama domain yang sangat mewakili konsep website, tidak terlalu sulit diucapkan, serta gampang diingat.
  • Untuk mendaftarkan domain tersebut Anda harus mengikuti langkah-langkah order hingga tuntas.

Tidak hanya penting mempelajari cara cepat membuat website dari nol untuk pemula, Anda juga perlu tahu kategori domain yang bisa membantu peningkatan popularitas website Anda. Simak penjelasannya berikut ini!

  • Anda serta banyak pengguna internet lainnya pasti pernah mengalami kesalahan pengetikan nama website saat hendak mencarinya pada browser. Agar orang yang berniat mengakses situs Anda tetapi salah mengetik namanya tetap diarahkan pada laman utama situs dimaksud, buatlah alternative lain dari nama domain utama yang Anda inginkan dan registrasikan.
  • Semakin unik dan singkat suatu nama domain, akan lebih mudah bagi pengguna internet untuk mengingatnya. Dengan begitu potensi website Anda untuk diakses juga lebih besar.
  • Hindari semaksimal mungkin menggunakan angka dan tanda penghubung. Alasannya karena ini tidak praktis dan meningkatkan peluang terjadinya kesalahan pengetikan domain.

Memilih web hosting

Pilihlah hosting yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya shared hosting, cloud hosting, atau vps hosting. Shared hosting artinya server yang digunakan bersama-sama dengan pengguna lain. Shared hosting lebih banyak digunakan untuk situs-situs berskala kecil hingga menengah.

Cloud hosting mempunyai prinsip sama dengan shared hosting, tetapi dikombinasikan dengan virtual server yang canggih. VPS hosting adalah kependekan dari virtual private server yang ditujukan bagi pengguna yang menghendaki kebebasan serta kendali lebih dalam menangani platform serta situsnya.

Jika memilih hosting yang satu ini Anda harus mempunyai dasar SSH command serta kemampuan manajemen server.

Membuat website dengan platform WordPress

Dibandingkan CMS yang lain, WordPress adalah yang paling banyak digunakan bahkan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka. WordPress dapat digunakan sebagai blogging platform, website online shop, serta website review dengan beragam plugin serta fitur. Berikut ini adalah langkah-langkah menjalankannya:

  • Instalasi – Tak sulit untuk menginstal WordPress. Anda juga dapat menggunakan perangkat Auto Installer untuk menginstal CMS ini. Cermatlah dalam melakukan instalasi ini. Anda sebelumnya harus membuat administrative user serta menginput informasi yang berhubungan dengan pengaturan dasar.
  • Admin area – Jika WordPress sudah terinstal, inputlah namadomainanda.com/wp-admin pada browser untuk mengakses dashboard WordPress. Masukkan data-data informasi saat proses tersebut di halaman login. Anda bisa mengelola berbagai fitur yang berhubungan dengan user WordPress, konten, serta website melalui panel back-end.
  • Desain dan tema – WordPress menyediakan ribuan jenis tema yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Untuk mengaksesnya Anda bisa masuk dari dashboard ke bagian Appearance > Themes. Anda bisa memilih Add New untuk melihat kembali atau mengaktifkan mode pratinjau serta instalasi tema dari repository tema WP.
  • Konten dan halaman – Konten pada WordPress terdiri dari 3 tipe, yaitu halaman atau pages yang merupakan basic unit seluruh komponen yang terdapat pada website. Berikutnya adalah postingan atau posts. Ini misalnya guest publication, blog post, dan artikel.
  • Media – Yang dimaksud media adalah seluruh konten yang terdiri dari file gambar, audio, dan video. Setelah mengunggah Anda dapat melakukan attachment file pada halaman serta postingan.

Ekstensi dan Plugin

Kelebiha WordPress salah satunya adalah jumlah plugin-nya yang sangat banyak dan dapat diinstal untuk menyediakan aneka fungsi serta fitur baru. Caranya adalah dengan klik opsi plugins, klik Add New, serta melakukan instalasi yang diperlukan. Berikutnya plugin akan tersimpan pada area Installed Plugins.

Ada 11 plugin WordPress yang paling direkomendasikan, yaitu. Yoast SEO, All-in-One WP Migration, WooCommerce, Really Simple SSL, Jetpack, Contact Form 7, Wordfence, Easy Table of Contents, TinyPNG, bbPress, dan Beaver Builder.

Nah, semoga informasi tentang cara cepat membuat website dari nol untuk pemula, ini bermanfaat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Cepat Membuat Website Dari Nol Untuk Pemula