Cara Cek Tagihan Listrik dan Mengenal Fitur PLN Mobile Yang Lain

Cara Cek Tagihan Listrik dan Mengenal Fitur PLN Mobile Yang Lain


Bagi Anda pengguna listrik pasca bayar, tentu harus melakukan cek tagihan listrik setiap awal bulan. Karena pembayaran tagihan listrik bisa maksimal adalah tanggal 20 setiap bulan, jika terlambat, Anda dikenakan denda tergantung besar daya yang digunakan. Daripada harus membayar denda, lebih baik membayarnya tepat waktu kan?

Pembayaran tagihan listrik sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Anda bisa datang ke toko pulsa yang melayani pembayaran listrik, Indomaret, Alfamart, agen BRI Link, atau kantor pos. Cara ini membuat Anda harus keluar rumah dan membawa uang tunai cukup setiap kali ingin membayar tagihan.

Cara cek tagihan listrik yang lebih praktis adalah Anda melakukannya sendiri menggunakan aplikasi di gawai. Beberapa palikasi gratis di Play Store dapat digunakan untuk mengecek besar tagihan listrik Anda. Mulai dari aplikasi m-banking, dompet digital seperti LinkAja, OVO, Gopay, Dana, sampai aplikasi resmi milik PLN yaitu PLN Mobile.

Cek Tagihan Listrik

Mengenal Aplikasi PLN Mobile

Aplikasi PLN Mobile mendapat rating 4.6 dari nilai tertinggi 5 di Play Store. Saat pertama kali memasang, Anda akan diminta untuk daftar, kemudian lain waktu harus masuk menggunakan akun Google atau nomor telepon. Aplikasi ini terhubung dengan website resmi PLN sehingga informasi terbaru bisa ditampilkan melalui aplikasi.

Selain digunakan untuk cek tagihan listrik bagi pelanggan pasca bayar, aplikasi PLN Mobile menyediakan banyak fitur terkait layanan listrik. Salah satu fitur menarik dalam aplikasi PLN Mobile adalah dalam satu aplikasi, Anda bisa menyimpan beberapa IDPel/Nomor meter sekaligus.

Misalnya Anda memiliki beberapa nomor meter untuk rumah, toko, tempat usaha, atau lainnya, maka tidak perlu memasang beberapa aplikasi PLN Mobile di gawai berbeda. Cukup satu aplikasi untuk menyimpan beberapa nomor sekaligus dan mengontrol pemakaiannya dari sana.

Fitur PLN Mobile

Selain bisa digunakan untuk cek tagihan listrik, aplikasi PLN Mobile juga memiliki beberapa fitur menarik yang bermanfaat untuk pelanggan. Seperti layanan listrik, catat meter, pengaduan, ICONNECT, info stimulus, charge.in dan ListriQu. Ada juga info dan promo yang hanya bisa diakses melalui aplikasi ini, berikut penjelasan singkatnya:

  • Pembelian Token dan Pembayaran Tagihan

Pada fitur ini Anda bisa mengecek informasi token dan tagihan untuk produk listrik pasca bayar. Jika tagihan pada nomor tersebut sudah dibayar, maka akan muncul pemberitahuan “belum ada tagihan”. Tagihan muncul setiap awal bulan sampai Anda membayarnya. Cara ini membuat Anda bisa cek tagihan listrik dengan praktis dan mandiri sewaktu-waktu.

Jika produk PLN yang anda gunakan adalah prabayar, maka melalui fitur ini Anda bisa melakukan pembelian token. Ada pilihan nominal token yang bisa dibeli, kemudian Anda bisa membayarnya via virtual account bank yang tersedia. Anda juga bisa memilih untuk membayarnya melalui e-wallet seperti OVO, Gopay, atau LinkAja.

  • Layanan Listrik

Pada fitur layanan listrik, Anda bisa memilih bantuan apa yang sedang dibutuhkan, seperti pasang baru, ubah daya, atau simulasi biaya permohonan sesuai kebutuhan. Untuk layanan simulasi, Anda bisa mengecek tarif pasang baru dan ubah daya. Aplikasi PLN Mobile akan meminta Anda memasukkan beberapa data yang diperlukan kemudian estimasi akan muncul.

Uniknya, melalui aplikasi ini Anda masih bisa memesan listrik pasca bayar dengan daya 450 watt yang sudah jarang digunakan atau diperbolehkan pasang jika pengajuan melalui kantor PLN. Jika memilih untuk menggunakan layanan ini, Anda bisa membuktikan apakah petugas bisa melayani sesuai permintaan pada aplikasi atau tidak.

Estimasi biaya pemasangan listrik baru dengan daya 450 watt untuk kepentingan rumah tangga di aplikasi PLN Mobile adalah sebesar Rp.453.400,-. Biaya yang muncul untuk alamat di desa dan kota besar adalah sama. Sedangkan untuk produk prabayar, biaya pemasangan bisa lebih murah.

  • Catat Meter

Catat adalah fitur untuk mencatat penggunaan listrik pasca bayar secara mandiri. Biasanya, alur cek tagihan listrik dimulai dari petugas PLN yang datang ke setiap pengguna listrik guna mencatat penggunaan daya. Input data meteran melalui aplikasi dilakukan setiap tanggal 24-27 setiap bulan dan fitur ini hanya aktif untuk nomor meter pascabayar.

Fitur catat meter pada PLN Mobile memungkinkan Anda mengurangi beban kerja petugas PLN setiap bulan. Mereka tidak perlu datang ke rumah untuk mengecek penggunaan listrik Anda setiap akhir bulan, data sudah dikoreksi secara langsung oleh PLN melalui aplikasi.

  • Pengaduan

Fitur pengaduan pada PLN Mobile memungkinkan Anda melakukan pengaduan atas gangguan listrik yang terjadi. Selain gangguan yang mungkin terjadi khusus di rumah Anda atau juga menimpa tetangga, keluhan juga bisa disampaikan melalui fitur ini.

Gangguan dan keluhan penggunaan listrik juga bisa Anda sampaikan melalui media sosial milik PLN seperti akun Twitter, namun biasanya mereka tetap menyarankan untuk menggunakan aplikasi. Penggunaan aplikasi untuk menyampaikan gangguan yang terjadi memudahkan sistem untuk mengatur petugas yang harus datang memberikan bantuan.

  • ICONNECT

Saat ini PLN tidak hanya memiliki produk listrik saja, yang membuat Anda harus melakukan cek tagihan listrik setiap bulan. Ada pilihan listrik prabayar, ada juga layanan internet dengan memanfaatkan instalasi jaringan yang dimiliki oleh PLN. Berdasarkan survey, tarif ICONNECT bisa lebih murah dari layanan provider lain.

Sayangnya, belum semua daerah yang terjangkau listrik otomatis bisa merasakan layanan ICONNECT. Saat ini baru wilayah perkotaan tertentu yang bisa dilayani. Jika Anda ingin daerah tempat tinggal terjangkau oleh ICONNECT, Anda bisa mengajukan jangkauan layanan melalui aplikasi PLN Mobile di fitur ini.

  • Info Stimulus

Fitur ini menyediakan informasi penerima stimulus atau subsidi tarif. Jika Anda memperhatikan saat cek tagihan listrik pasca bayar, mulai musim pandemi ini tarifnya 50% lebih murah untuk daya 450 watt dan sejumlah daya 900 watt untuk kepentingan industry dan rumah tangga.

Sementara untuk produk prabayar, stimulus diberikan berupa potongan harga atau daya yang lebih banyak dari seharusnya di harga token yang sama. Misalnya untuk token 50.000 hanya perlu dibayar sebesar Rp.42.745,- saja. Belum ada info sampai kapan program stimulus ini diberikan kepada pelanggan,

  • Charge.IN

Fitur Charge.IN yang ada di PLN Mobile tidak digunakan untuk cek tagihan listrik dan tidak berhubungan sama sekali dengan penggunaan listrik rumah tangga. Fitur ini didedikasikan khusus untuk pengguna mobil listrik yang akan segera merajai jalanan di berbagai kota di Indonesia sehingga pengendara mobil listrik dapat mengontrol penggunaan.

  • ListriQu

Fitur ListriQu melayani pengaduan gangguan instalasi listrik yang dilakukan pelanggan, bukan instalasi listrik yang sudah menjadi standar PLN sampai di bagian depan bangunan. Jika Anda mengalami gangguan listrik yang pemasangannya dilakukan secara pribadi dan membutuhkan bantuan PLN, petugas akan membantu dengan biaya tertentu.

Apakah Anda sudah menggunakan aplikasi PLN Mobile? Untuk kaum milenial yang tidak hanya membutuhkan cek tagihan listrik setiap bulan, aplikasi ini sangat membantu berbagai keperluan sehari-hari pelanggan listrik dari PLN.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Cek Tagihan Listrik dan Mengenal Fitur PLN Mobile Yang Lain