Cara Cek Nomor Telepon Semua Operator

Mengingat nomor telepon terkadang dianggap menjadi salah satu hal yang sulit untuk dilakukan oleh beberapa orang. Dua belas digit nomor ponsel yang bukan tergolong sebagai nomor cantik memang menjadi salah satu sebab susah diingatnya nomor-nomor ponsel pribadi tersebut. Hal ini membuat pengguna selalu mencari-cari bagaimana cara cek nomor telepon yang belum sempat mereka hafal. Apa lagi terkadang setelah membeli kartu perdana, pengguna langsung memasang kartu ke perangkat masing-masing dan membuang tempat kartunya. Padahal, nomor kartu perdana yang hendak digunakan terdapat pada wadah tersebut. Alhasil, jika Anda tidak menemukan nomor pada wadah kartu perdana sebab sudah dibuang atau hilang, mau tidak mau Anda harus mencari cara lain untuk mengeceknya.

cara cek nomor telepon

Cara Cek Nomor Telepon Pribadi Dengan Cepat

Perlu Anda ketahui bahwa di era digital seperti sekarang ini, mencari nomor telepon yang digunakan bukan suatu hal sulit lagi. Kenapa? Sebab Anda dapat dengan mudah mengeceknya secara langsung di perangkat melalui beberapa cara. Sebenarnya, setiap operator seluler menyediakan cara cek nomor telepon yang berbeda. Berikut adalah penjelasannya:

Cara Cek Nomor Telkomsel (Simpati dan AS)

Pada provider yang satu ini, Anda dapat mengecek nomor telepon dengan mudah yang dapat dilakukan melalui beberapa cara sebagai berikut:

  • Cek nomor melalui panggilan operator center. Cara yang pertama adalah dengan ketik secara langsung pada papan panggilan angka 188 kemudian tekan panggil/call (Simpati, As, dan Loop). Selanjutnya, Anda akan segera terhubung dengan operator Telkomsel atau customer service dari Telkomsel yang hendak memberitahu nomor ponsel yang Anda gunakan. Namun, jika Anda merupakan pelanggan kartu Halo, maka bukan 188 yang Anda gunakan. Melainkan 133 kemudian tekan panggil/call untuk segera mengetahui nomor telepon Anda.
  • Melalui dialpad. Berbeda dengan cara sebelumnya yang memberikan informasi melalui panggilan suara, cek nomor telepon kali ini memberikan informasi melalui tulisan setelah Anda mengetik *808# yang dilanjutkan dengan memilih YES/CALL. Bisa juga melalui *999# kemudian pilih OK/YES. Setelah beberapa saat, maka menu utama akan dimunculkan dan tinggal ikuti alurnya saja untuk melakukan pengecekan dengan memilih keterangan pengecekan nomor telepon Anda.
  • Melalui aplikasi MyTelkomsel. Bagi Anda para pengguna kartu Telkomsel juga sangat direkomendasikan untuk mengunduh aplikasi tersebut. Sebab dengan adanya aplikasi ini maka Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai macam kegiatan yang diperlukan hanya dengan memilih menunya saja dalam satu platform. Termasuk ketika hendak mengecek nomor telepon yang digunakan. Maka tinggal unduh saja aplikasi MyTelkomsel di Google Play Store untuk pengguna Android atau di App Store bagi pengguna iOs. Selanjutnya daftar untuk login serta pilih keterangan mengetahui nomor ponsel yang sedang di pakai pada aplikasi tersebut. Tidak membutuhkan waktu yang panjang, informasi nomor kartu Telkomsel Anda pun segera muncul.

Cara Cek Nomor 3 (Three)

Bukan hanya Telkomsel saja yang dapat melakukan pengecekan nomor telepon melalui dialpad, menghubungi operator, dan aplikasi pendukung. Kartu-kartu lain seperti Three juga dapat melakukan pengecekan melalui cara tersebut meskipun sedikit berbeda.

  • Melalui dialpad: Jika Anda merupakan pengguna Three, maka Anda dapat melakukan cek nomor telepon dengan mengetik *998# pada dialpad ponsel Anda yang dilanjutkan dengan klik perintah YES atau CALL. Setelah itu, nomor yang Anda cari-cari akan segera muncul dan Anda dapat melakukan langkah tersebut secara berulang-ulang jika Anda melupakan nomor ponsel Anda kembali di lain waktu. Selain itu, ketik angka *111*# atau *123*2*1*1# juga dapat mengantar Anda pada informasi nomor telepon yang digunakan termasuk informasi nomor telepon.
  • Melalui aplikasi Bima Tri: Melalui aplikasi ini, Anda akan memperoleh informasi yang lebih lengkap mengenai kartu yang Anda gunakan termasuk nomor teleponnya. Caranya pun cukup mudah, cukup awali dengan mengunduh aplikasi terlebih dahulu di Google Play atau platform pengunduh aplikasi lainnya kemudian buka dan ikuti langkah login aplikasi tersebut, lalu segera dapatkan informasi nomor kartu Anda dengan mudah dan cepat.
  • Melalui Panggilan Operator: Seperti halnya layanan standar yang diberikan oleh setiap provider di Indonesia, kartu yang satu ini juga memiliki layanan operator yang dapat Anda gunakan untuk menanyakan berbagai macam informasi termasuk nomor kartu yang sedang digunakan. Cukup melakukan panggilan pada 123 melalui ponsel Anda, maka informasi yang Anda butuhkan dapat segera Anda dapatkan. Hanya saja, jika Anda hendak melakukan layanan yang satu ini, maka jangan lupa bahwa kartu Anda harus berisi pulsa terlebih dahulu sebab pelayanan ini menerapkan tarif telepon standar bagi para pelanggannya.

Cara Cek Nomor Indosat Ooredoo (IM3 & Mentari)

Mengecek nomor Indosat Ooredoo (IM3 & Mentari) juga dapat dilakukan dengan sangat mudah melalui dialpad. Caranya, cukup ketik *777*8# pada dialpad ponsel Anda, kemudian jangan lupa tekan YES/CALL untuk segera mengetahui nomor telepon Indosat Ooredoo (IM3 & Mentari) yang Anda gunakan saat ini. Cek nomor telepon Indosat Ooredoo juga dapat Anda lakukan melalui dialpad dengan angka lain seperti *123*30#, *123*7*2*1#, maupun dengan mengetik *888*1*1#. Dengan melakukan langkah lanjutan yang sama seperti langkah sebelumnya yakni menekan YES/CALL, maka informasi yang Anda butuhkan akan segera muncul.

Cara Cek Nomor Smartfren

Pada kartu Smartfren, Anda dapat mengecek nomor telepon dengan mudah pula dan dapat dilakukan melalui beberapa cara sebagai berikut:

  • Melalui dialpad: Tidak jauh berbeda dengan provider lain. Jika Anda pengguna kartu Smartfren, Anda juga dapat cek nomor teleponhanya dengan mengetik beberapa angka saja melalui dialpad. Yakni cukup dilakukan dengan mengetik *551# dan dilanjutkan dengan memilih perintah YES atau CALL untuk segera mengetahui nomor telepon yang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga dapat mengetik *995# dan lanjutkan pada perintah OK/YES maka informasi nomor telepon Anda pun akan segera muncul.
  • Melalui layanan SMS: Cara yang satu ini juga tidak kalah mudahnya dengan cara lain, sebab cukup ketik INFO pada papan pesan, kemudian kirimkan ke 995, maka beberapa informasi berkaitan dengan kartu yang Anda miliki akan segera Anda peroleh termasuk nomor kartu melalui pesan balasan.

Cara Cek Nomor XL Axiata

Pengguna kartu XL Axiata pun dapat melakukan pengecekan nomor telepon masing-masing melalui dialpad dengan ketik *123*7# yang dilanjutkan dengan memilih keterangan bertuliskan Info Kartu XL kemudian pilih perintah YES atau CALL untuk segera mengetahui nomor telepon XL Axiata yang digunakan tersebut.

Beberapa informasi di atas dapat Anda pilih untuk melakukan cek nomor telepon sesuai kartu yang Anda gunakan. Apapun lagkah yang Anda pilih, tidak perlu ragu sebab langkah tersebut merupakan pilihan tepat yang dapat membantu Anda untuk segera mengetahui nomor telepon dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan sebuah Komentar