Cara Cek Kecepatan Internet Menggunakan Aplikasi

Cara Cek Kecepatan Internet Menggunakan Aplikasi

Cara cek kecepatan internet – Bagi siapa pun yang pernah menggunakan internet pasti pernah mengalami saat internet tiba-tiba melambat. Hal ini tentu saja menyebalkan apalagi bila kita tengah mengerjakan hal yang penting di internet. Jika sudah demikian artinya sudah waktunya Anda memeriksa kecepatan koneksinya.

Hal ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan layanan untuk mengetahui kecepatan internet atau yang sering disebut SpeedTest. Mengingat aplikasi Android-nya telah diunduh lebih dari 100 juta kali, dapat disimpulkan jika aplikasi ini cukup popular.

Apa itu Speedtest?

Singkatnya yang dimaksud Speedtest adalah aplikasi atau layanan yang berguna untuk mengetahui performa koneksi internet dengan mengecek kecepatannya. Speedtest yang dikembangkan oleh Ookla ini dapat digunakan baik untuk mengecek koneksi internet Wifi atau pada ponsel Anda.

Fitur ini mulai diperkenalkan pada tahun 2006 dan hingga saat ini telah digunakan untuk mengecek koneksi internet sebanyak puluhan milyar kali. Untuk menilai koneksi internet Speedtest memeriksa tiga komponen, yaitu Ping atau Latency, Download, serta Upload.

  1. Latency adalah seberapa cepat waktu yang diperlukan untuk transfer data antara server hosting yang Anda gunakan dengan PC Anda. Satuan yang digunakan menghitung adalah millisecond.
  2. Download speed adalah seberapa cepat data didapatkan dari server yang Anda gunakan. Satuan yang digunakan dalam perhitungan ini adalah Bbps atau megabits per second.
  3. Upload speed adalah seberapa cepat data diperoleh dari server yang Anda gunakan. Satuan yang digunakan pada perhitungan ini adalah Mbps atau satuan megabits per second.

Aplikasi ini dapat dioperasikan pada berbagai platform, termasuk pada browser dengan mengakses website Speedtest.net. Selain itu Speedtest juga dapat didownload pada Apple TV, Windows, macOS, Android, serta iOS. Bagi Anda yang menggunakan layanan ini untuk pertama kalinya perlu memahami istilah-istilah yang dipakai sebagaimana yang telah diulas sebelumnya, yaitu ping, download speed, dan upload speed untuk memahami data yang ditunjukkan pada indicator.

Untuk menggunakan test speed pada PC juga tak terlalu sulit. Anda tinggal membuka browser dan mengakses situs speedtest.net bila belum sempat mendownload aplikasinya. Berikutnya tinggal klik tombol Go yang terletak di tengah dan tunggu sampai hasil tes keluar. Dalam waktu singkat Anda sudah bisa mengetahui hasil ping serta kecepatan upload dan download. Hasil uji performa internet juga dapat diketahui pada result history.

CARA CEK KECEPATAN INTERNET
Untuk mengecek koneksi internet pada smartphone Anda harus mengunduh via Google Play Store atau Apple App Store aplikasi Speedtest bya Ookla. Bila ingin melakukannya tanpa aplikasi, Anda juga dapat mengakses situs Speedtest melalui browser yang diinginkan. Cara untuk menguji performa internet sama seperti pengujian pada PC, yaitu dengan klik tombol di tengah layar bertuliskan “Go” dan tunggulah sampai hasilnya terlihat setelah proses selesai dilakukan.

Apa Itu Website?

Website adalah kumpulan halaman yang berhubungan satu dengan lainnya (istilahnya link antar halaman), website bisa dibuka melalui peladen (web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dsb).

Pada tahun 2021 ini keberadaan website sangat wajib bagi perusahaan, instansi, dan lembaga. Bahkan untuk pengembangan bisnis Anda, saat ini sangat dianjurkan untuk memiliki website agar bisa dijangkau oleh orang dari mana saja. Website adalah media promosi secara gratis yang jangkauannya tidak hanya Indonesia saja, melainkan juga luar negeri.

Menggunakan Google untuk cek Speedtest

Untuk tetap mempertahankan imagenya sebagai perusahaan teknologi terbesar, Google terus-menerus melakukan inovasi sehingga semakin sering merilis produk-produk yang menarik. Ini misalnya search engine Google atau mesin pencari yang dapat dikatakan paling besar di dunia serta paling sering digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Produk besutan Google yang paling popular berikutnya yakni Android yang tak pernah berhenti selalu membuat terobosan baru. Tak hanya produk digital berupa software, Google juga tengah mengembangkan hardware yang dinamakan Google Fiber yang merupakan jaringan internet. Sayangnya penggunaan produk ini masih dalam lingkup terbatas.

Apa Itu Aplikasi?

Software application atau biasa disebut dengan Aplikasi adalah sebuah salah satu sub dari perangkat lunak yang memanfaatkan berbagai kemampuan dalam menjalankan tugas sesuai keinginan penggunanya. Contoh sub kelas dari aplikasi adalah pengolah kata, pemutar media seperti video, musik, dan lain sebagainya.

Pada 2021 ini sudah sangat banyak jenis aplikasi yang ada, karena semua perangkat saat ini sudah berbasis sistem operasi.

Meski tanpa Google Fiber, Anda tak perlu khawatir karena masih tetap bisa menggunakan aplikasi Speedtest yang merupakan salah satu fitur Google. Walaupun terbilang sederhana, namun perangkat ini sangat kuat dan tak membutuhkan waktu lama untuk menilai kapasitas koneksi internet. Caranya tentu saja sudah Anda ketahui sebagaimana yang telah diulas sebelumnya.

https://projectstream.google.com/speedtest

Saat melakukan pengujian performa, secara otomatis Anda melakukan pengecekan koneksi pada bagian Meassurement-Lab atau M-Lab yang merupakan server utama. Pengujian serta publikasi hasilnya dilakukan dengan tujuan riset internet sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan kebijakan atau inovasi terbaru. Publikasi informasi tersebut termasuk alamat IP pada tiap perangkat, namun tanpa informasi jati diri pengguna internet.

Simak panduan menggunakannya berikut ini!

Pada bar pencarian search engine Google Anda tinggal mengetik keyword speedtest dan Anda akan mendapati kotak besar tepat di bawah bar pengisian pencarian. Kotak tersebut berisi informasi bagi pengguna internet cara menggunakan Speedtest. Berikutnya Anda tinggal meng-klik pada bagian “Jalankan Uji Kecepatan” dan tunggu beberapa saat sampai hingga hasilnya ditampilkan.

Dari ulasan di atas Anda pasti sudah mengetahui jika aplikasi yang berfungsi untuk mengujikecepatan koneksi internet itu cukup banyak. Cara cek kecepatan Internet menggunakan Google Speedtest adalah alternative termudah dan tercepat.

Perlu Anda ketahui bahwa hasil Speedtest tak selalu tepat dan sama karena proses pengujian tersebut dipengaruhi berbagai hal. Meski demikian angka tersebut dapat menjadi prediksi kasar terkait mutu sambungan internet yang Anda pakai sehari-hari. Bila memungkinkan, ada baiknya test speed ini dilakukan secara teratur juga untuk menilai kualitas hosting yang Anda gunakan.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Menggunakan Speedtest dengan benar

Agar hasil test kecepatan koneksi internet yang Anda lakukan memberi hasil yang maksimal, cobalah melakukan tiga poin berikut ini!

  1. Restart perangkat – Sebelum menggunakan Speedtest lakukan restart pada perangkat Anda, baik itu smartphone, computer, router, serta modem. Manfaatnya adalah agar test dilakukan dengan kondisi perangkat tanpa beban.
  2. Tidak menggunakan koneksi internet untuk mengoperasikan aplikasi lain – Tes tentu saja tidak akan berlangsung akurat bila Anda melakukan uji coba dengan aplikasi yang tersambung pada jaringan internet.
  3. Membersihkan cache – Satu lagi penyebab test tidak dapat berjalan optimal adalah sudah ada berkas data yang berada dalam perangkat atau cache.

Jangan sampai rancu memahami hasil Speedtest terutama dengan istilah Bits dan Bytes. Kedua sebutan untuk satuan ini memang cukup membingungkan apalagi bagi mereka yang awam. Bits adalah satuan yang digunakan untuk menilai kecepatan transfer data pada jaringan internet. Satuan-satuan tersebut disingkat dengan bps atau bits per second, Kbps atau kilobits per second, Mbps atau megabits per second, dan lain-lain.

Agar lebih mudah disebutkan tak jarang satuan tersebut ditulis dalam bentuk singkatan yaitu Kb/sec atau Kb/s. Sementara bytes per second adalah satuan yang digunakan untuk menilai kecepatan transfer data bagi perangkat computer, dan bukan untuk jaringan. Bytes per second disingkat menjadi KBps, megabytes per second menjadi MBps, dan sebagainya.

Agar tidak salah paham perhatikan huruf “B”-nya. Bila ditulis dengan huruf kecil maksudnya adalah bits, sementara jika ditulis dengan huruf besar artinya adalah bytes. Mbps merupakan megabits per second, sementara MBps adalah megabytes per second.

Nah, itulah ulasan tentang cara cek kecepatan internet dan semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Cek Kecepatan Internet Menggunakan Aplikasi